Pengertian Nekara, Fungsi, Jenis Nekara & Contoh Gambarnya


Nekara – Pembagian jenis pekerjaan telah ada sejak akhir masa berburu dan meramu. Untuk pembagian itu, laki-laki berperan sebagai berburu sedangkan untuk wanita berperan untuk mengumpulkan tumbuhan, ikan atau hewan kecil yang dapat dimakan.

Pada masa perundagian, pembagian kerja dalam melaksanakan macam-macam kegiatan tidak hanya dilakukan antara laki-laki dan wanita akan tetapi lebih banyak jenisnya.

Demikian ini dapat terjadi sebab terdapat jenis-jenis kegiatan yang membutuhkan pengetahuan dan keterampilan tertentu pada masa itu. Dalam masyarakat pada tersebut, terdapat golongan yang disebut dengan “undagi”.

Yang dimaksud dengan undagi adalah golongan yang memiliki keterampilan dalam jenis pekerjaan tertentu. Contohnya saaj dalam perhiasan, pembuatan rumah, benda logam dan gerabah.



Dampak dari pengkhususan jenis pekerjaan demikian adalah terjadinya perkembangan pesat yang terjadi dalam bidang teknologi. Terdapat penemuan-penemuan baru contohnya saja dalam teknik peleburan, pencampuran, penempaan dan percetakan jenis logam. Selain itu, alat-alat yang dihasilkan juga lebih tinggia dari hal nilai budayanya dibandingkan dengan pada masa sebelumnya.



Hal itu memungkinkan terbuatnya beberapa benda-benda yang berasal dari perunggu dan besi. Menurut temuan-temuan benda-benda kuno dalam sejarah, memang tidak ditemukan benda yang dibuat dari tembaga untuk kawasan di Indonesia dan juga di Asiah Tenggara.



Akan tetapi, penemuan cara pembuatan alat dan perhiasan logam tidak dapat diartikan untuk menggantikan peranan gerabah.

Pemakain gerabah justru mengalami peningkatan tidak hanya dipakai untuk kebutuhan sehari-hari melainkan dipakai dalam upacara pemakanan misalnya saja nekara.

Pengertian Nekara: Apa itu Nekara?

Secara umum, yang dimaksud dengan pengertian Nekara adalah gendang perunggu berbentuk seperti dandang berpinggang pada bagian tengahnya dengan selaput suara berupa logam atau perunggu.

Diketahui nekara terbuar dari perunggu. Ciri khas dari nekara ini memiliki bentuk seperti berumbung yang berpinggang untuk bagian atasnya tertutup.

Sehingga berdasarkan paragraf diatas, maka dapat disimpulkan bahwa nekara menyerupai dandang yang terbalik.

Dalam sejarahnya, nekara ditemukan di Jawa, Bali, Pulau Roti, Sumatra, Sangena (dekat pulau Sumbawa), dan Pulau Selayar. Tidak hanya itu, pulau alor juga terdapat nekara namun memiliki ukuran yang lebih kecil yang disebut dengan moko.

Sedangkan nekara yang paling terkenal adalah nekara pajeng sebab memiliki ukuran yang sangat besar dengan tinggi 1,98 meter.

Fungsi Nekara

Adapun fungsi dan peran nekara pada saat itu adalah:

  1. Untuk masyarakat purba, nekara memiliki fungsi sebagai benda keramat yang digunakan sebagai alat upacara.
  2. Sedangkan untuk masyarakat pejeng (Gianyar), nekara dianggap sebagai roda yang jatuh ke bumi saat terang bulan.
  3. Sebagai mas kawin
  4. Benda pusaka

Jenis-Jenis Nekara

Adapun jenis nekara menurut setiap daerah yang terkenal ialah:

1. Nekara Bulan Pejeng

Nekara jenis ini banyak dijumpai di Bali. Nekara ini ada yang terbesar dengan ukuran tinggi 1,86 meter dan garis tengahnya, 160 meter.

Nekara ini disebut-sebut suci dan dikeramatkan serta dipuja oleh masyarakat setempat. Menurut kepercayaan bali bahwa nekara adalah bagian bulan yang jatuh dari langit dan disimpan dalam pura di desa intaran daerah pejeng yang disebut dengan kuil pura panataran sasi (bulan).

2. Nekara Moko

Yang dimaksud dengan nekara moko adalah bentuknya yang ramping. Fungsi nekara ini adalah sebagai mas kawin yang dijadikan untuk benda pusaka. Untuk nekara jenis ini terdapat hiasan yang penting bagi pengambaran kehidupan dan bukti bagi seni rupa zaman prasejarah.

3. Nekara Sangean

Disebut nekara sangean lantaran terdapat di sangean yang terdapat hiasan orang menunggang kuda beserta dengan penggiringnya.

Menurut penyelidikan bahwa gambar guda beserta penggirinya dengan pakaian tatar, dimana hal itu menarik kesimpulan bahwa terdapat hubungannya dengan tiongkok.

4. Nekara Selayar

Nekara Selayar. Nekara jenis ini terdapat di Selayar dan Kepulauan Kei. Nekara ini mempunyai banyak ragam dengan hiasan, harimau, gajah dan merak.

Contoh Gambar Nekara 

Adapun macam-macam gambar nekara yang dapat dihimpun oleh penulis antara lain:

1. Nekara di Pulau Selayar

Pengertian Nekara, Fungsi, Jenis Nekara & Contoh Gambarnya

Nekara di Pulau Selayar (Foto: Artikelsiana.com)

2. Nekara Tipe Heger IV yang ditemukan di Waleri Jawa Tengah 

Nekara Tipe Heger IV yang ditemukan di Waleri Jawa Tengah 

Gambar Nekara Tipe Heger IV yang ditemukan di Waleri Jawa Tengah 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *