Jelaskan Pengertian Microsoft Excel? Ini Arti & Sejarahnya


Pengertian Microsoft Excel Adalah –¬†Microsoft Excel merupakan aplikasi yang dipakai untuk mengolah data secara otonomatis melalui berbagai macam cara yang terdapat didalamnya, seperti rumus, perhitungan dasar, pengolahan data, pembuatan tabel, pembuatan grafik hingga manajemen data.

Semua hal itu ada dalam Microsoft Excel, itulah mengapa dalam berbagai perusahaan besar, bahkan instansi pemerintah penggunaan akan Microsoft Excel sangatlah penting apalagi untuk kebutuhan administrasi.

Peran penting Microsoft Excel itu terjadi karena fungsinya yang lebih cepat dibandingkan dihitung secara manual dan didalam perhitungan yang biasa dilakukan semuanya ada dalam microsoft excel, sehingga apapun yang ingin diolah, maka cukup mencari caranya di Microsoft Excel.

Mencari caranya pun di microsoft excel bagi pemula memang kesulitan sebab ada banyak hal-hal yang harus dilakukan. Namun, ada banyak tanda-tanda atau tools-tools yang terdapat didalamnya yang membuat setiap orang menggunakannya tidak kesusahan.



Selain itu, excel mempunyai banyak formula yang memudahkan bagi setiap orang untuk melakukan berbagai macam perhitungan seperti pengolahan data. Tidak hanya mengolah angka saja, Microsoft Excel juga dipakai untuk membuat grafik tertentu, yang secara otomatis akan menunjukkan posisi dan letak sesuai dengan angka dan perhitungan yang dimasukkan.



Sehingga dengan memakai aplikasi Microsoft Excel, maka setiap orang yang mempunyai fitur-fitur seperti ini adalah aplikasi populer yang banyak dipakai untuk manajemen data. Penggunaan Microsoft Excel tidak hanya dipakai oleh perkantoran, bahkan untuk pelajar tingkat menengah pertama dan atas atau SMP dan SMA juga sering menggunakan Microsoft Excel,



Walaupun dalam menjalankan fungsi Microsoft Excel tidak seintens yang dilakukan oleh para pekerja administrasi diperusahaan atau perkantoran. Sampai saat ini, Microsoft Excel tidak kekurangan pengguna, bahkan terus bertambah dengan berbagai pembaharuan yang ada.

Jelaskan Pengertian Microsoft Excel? Ini Arti & Sejarahnya (Foto: Artikelsiana.com)
Jelaskan Pengertian Microsoft Excel? Ini Arti & Sejarahnya (Foto: Artikelsiana.com)

Diketahui sejarah Micorosoft Excel berasa dari sebuah program yang terdiri dari spreadsheet yang dibuat pada tahun 1982 dengan sebutan Multiplan. Awalnya, program ini sangatlah populer dalam sistem Operasi CP/M namun tidak untuk MS-DOS.

Alasannya karena karena sudah terdapat saingannya seperti Lotus 1-2-3. Sehingga pihak Microsoft sendiri mula mengembangkan aplikasi terbaru dari spreadsheet, yakni Excel. Pada tahun 1985 yang merilis versi pertama dari Microsoft Excel untuk Macintosh sedangkan untuk versi Windowsnya baru ada saat November 1987.

Karena lotus terlambat masuk ke pasar pemrograman dari spreadsheet pada windows, akhirnya Excel berhasil menggeser Lotus di pangsa pasar sreadsheet.

Pada tahun yang sama juga, Microsoft dinobatkan sebagai perusahaan yang handal sebab mampu mengembangkan sofware pada komputer pribadi. Inilah yang membuat mengapa Microsoft menjadi saingan Lotus 1-2-3 dan mengembangkan lebih baik lagi.

Pengertian Microsoft Excel Adalah?

Pengertian Microsoft Excel (Foto: Artikelsiana.com)
Pengertian Microsoft Excel (Foto: Artikelsiana.com)

Berdasarkan dari penjelasan diatas, maka dapat disimpulkan bahwa yang dimaksud dengan Pengertian Microsoft Excel atau Microsoft Office Excel adalah sebuah program aplikasi lembar kerja spreadsheet yang dibuat oleh Microsoft Corporation untuk pengolahan data, baik data angka, karakter (string), maupun waktu (jam dan tanggal).

Fungsi Microsoft Excel Adalah?

Untuk fungsi utama dari program microsoft excel adalah aplikasi/software pengolah angka. Selain dari pada itu, fungsi dan juga kegunaan microsoft excel dalam pekerjaan sehari-hari adalah:

  1. Membuat, mengedit, mengurutkan, menganalisa, meringkas data.
  2. Membuat berbagai macam grafik dan diagram.
  3. Membantu menyelesaikan soal-soal logika dan matematika
  4. Melakukan konversi mata uang.
  5. Melakukan perhitungan dari hasil sebuah penelitian.
  6. Membuat catatan keuangan, anggaran serta menyusun laporan keuangan.
  7. Menghitung dan mengelola investasi, pinjaman, penjualan, inventaris, dan lain-lain.
  8. Melakukan analisa serta riset harga.
  9. Membuat daftar hadir serta daftar nilai sekolah maupun universitas.
  10. Melakukan perhitungan aritmatika dan statistika.
  11. Dan lain sebagainya.
Jelaskan Pengertian Microsoft Excel? Ini Arti & Sejarahnya (Foto: Artikelsiana.com)
Jelaskan Pengertian Microsoft Excel? Ini Arti & Sejarahnya (Foto: Artikelsiana.com)

Demikianlah informasi mengenai topik yang berjudul Jelaskan Pengertian Microsoft Excel? Ini Arti & Sejarahnya. Semoga informasi ini dapat bermanfaat bagi kita semua. Sekian dan terima kasih. Salam berbagi teman-teman.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *