Pengertian Meter dan Centimeter? Meter Berapa Cm??


Pengertian meter dan centimeter – Meter adalah satuan dasar pada ukuran panjang dalam sistem SI. Satuan tersebut didefinisikan sebagai jarak yang telah ditempuh dalam perjalanan cahaya pada ruang hampa (vakum) selama 1/299.792.458 detik. Pada satuan meter disingkat memakai simbol m. Meter dapat dituliskan sebagai metre dalam bentuk bahasa inggris atau meter dengan ejaan Amerika.

Mesti diperhatikan bahwa definisi meter sebagai suatu satuan dasar panjang adalah bergantung dari defenisi detik. Seperti yang telah ditunjukkan pada persamaan di bawah ini.

Adapun sejarah meter itu pada awalnya ditetapkan oleh Akademi Sains Prancis sebagai 1/10.000.000 jarak sepanjang pada permukaan bumi yang dari kutub utara sampai khatulistiwa dimana melalui meridian paris di tahun 1791. Dan pada tanggal 7 april 1795, PRancis memakai meter sebagai jarak yang resmi untuk ukuran panjang. KEtidakpastian dalam pengukuran jarak tersebut telah menyebabtkan Biro Berat dan Ukuran Internasional (BIPM – Buerau International des Poids et Mesures) menetapkan bahwa 1 meter sebagai jarak diantara dua garisan pada batang platinum – iridium yang disimpan di Sevres, Prancis di tahun 1889.

Pengertian Meter dan Centimeter



Kemudian pada tahun 1960, saat laser diperkenalkan, Konferensi Umum tentang ukuran dan berat ke- 11 telah mengganti defenisi meter menjadi 1.650.763,73 kali panjang gelombang spektrum cahaya orange-merah atom krypton-86 pada sebuah ruang vakum. Pada tahun 1983, BIPM telah menetapkan bahwa meter sebagai jarak yang dilewati cahaya melewati vakum pada 1/299.792.458 detik (kecepatan cahaya ditetapkan dengan sebesar 299.792.458 meter per detik). Oleh sebab itu, kecepatan cahaya yang ada dalam vakum yaitu sama dimanapun saja, definisi ini lebih umum dibandingkan dengan jarak ukurlilit bumi atau panjang batang logam tertentu. Oleh karena itulah, kalau batang logam tersebut hilang atau musnah, panjang meter standar masih bisa diulangi pada laboratorium manapun. Selain daripada itu, secara teori bisa diukur dengan lebih tepat ketimbang dengan ukuran panjang yang lainnya.



pengertian meter dan centimeter

Kemudian sentimeter adalah satuan panjang yang ada dalam sistem metrik dimana sama dengan seperseratus meter, centi menjadi awalan SI dengan memiliki faktor 1/100. Sentimeter termasuk satuan dasar untuk ukuran panjang pada sistem satuan sentimeter – gram -detik (CGS) yang saat ini sudah tidak dipakai lagi.



Berdasarkan pengertian diatas maka jawaban 1 meter berapa cm?? adalah 100 cm. Karena cm adalah 1/100 dari meter.

Demikianlah informasi tentang pengertian meter dan cm. Semoga informasi ini dapat memberikan manfaat kepada semua nya yang sedang membutuhkan informasi tentang meter dan cm

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *