Pengertian Metamorfosis Sempurna, Tahap, Contoh Hewan & Gambarnya


Metamorfosis Sempurna – Perkembangan dan pertumbuhan hewan dimulai dari fase fertilisasi dan terjadi pada seluruh bagian tubuh, dan tidak ada yang saling mendahulu dalam perkembangan dan pertumbuhannya alias secara menyeluruh.

Ini terjadi karena adanya pembelahan mitosis sel. Dengan proses ini, sel terdefirensiasi membentuk jaringan, selanjutnya organ dan membentuk sisten organ hewan.

Setelah terjadi mitosis sel, selanjutnya adalah menjadi zigot hingga ke tahap selanjutnya disebut Embrio. Pertumbuhan dan perkembangan terus terjadi hingga menajdi individu muda sampai menjadi dewasa.

Perkemban dan pertumbuhan ini tidak lepas dari faktor internal yaitu Gen, Hormon dan Nutrisi, Air dan Cahaya. Perkembangan dan pertumbuhan hewan terjadi terjadi beberapa perubahan wujud dan struktur yang disebut Metamorfosis. Apa sih itu Metamorfosis?



Secara etimologi, yang dimaksud dengan pengertian Metamorfosis berasal tiga kata yaitu Meta, Morphe, dan Osis.



Arti dari meta ialah sekitar, diantara, setelah. Sedangkan untuk kata morphe adalah bentuk, dan osis adalah bagian dari. Jadi arti metamorfosis ialah perubahan bentuk selama perkembangan post-embrionik.



Secara umum, pengertian Metamorfosis adalah proses biologi secara fisik mengalami perkembangan biologis setelah dilahirkan atau menetas pada hewan dengan melibatkan perubahan bentuk atau struktur melalui pertumbuhan sel dan diferensiasi sel.

Diketahui terdapat dua macam jenis metamorfosis yaitu hemimetabolisme dan holometabolisme. Namun, pada informasi kali ini hanya akan membahas mengenai Metamorfosis Sempurna atau Holometabolisme.

Pengertian Metamorfosis Sempurna: Apa itu?

Metamorfosis Sempurna juga disebut Holometabolisme. Untuk Metamorfosis Sempurna (holometabolisme), larva memiliki perbedaan bentuk dan struktur yang jauh berbeda saat dewasanya.

Tahap-tahap metamorfosis sempurna pada Serangga melalui fase larva, kemudian memasuki fase tidak aktif yang disebut dengan pupa, atau chrysalis, dan akhirnya menjadi dewasa.

Yang dimaksud dengan pengertian Metamorfosis sempurna adalah metamorfosis yang melewati tahapan-tahapan mulai dari telur-larva-pupa-imago (dewasa). Contoh metamorfosis sempurna terjadi pada katak dan kupu-kupu.

Larva tidak aktif dan tidak mencari makan ketika mereka berada di dalam fase kepompong. Saat fase kepompong, Tubuh mengembangkan lebih banyak segmen, organ dalam, kaki, dan sayap.

Tahap kepompong mungkin berlangsung sekitar 4 hari hingga beberapa minggu tergantung jenis hewan, spesies dan kondisi lingkungan.

Setelah selesai melakukan proses perkembangan didalam kepompong dan saat sudah siap maka tahap selanjutnya menjadi dewasa dengan keluar dari kepompong tersebut.

Contoh Hewan Metamorfosis Sempurna

Pengertian Metamorfosis Sempurna, Tahap, Contoh Hewan & Gambarnya (Foto: Artikelsiana.com)
Pengertian Metamorfosis Sempurna, Tahap, Contoh Hewan & Gambarnya (Foto: Artikelsiana.com)

Adapun contoh hewan atau serangga yang melakukan metamorfosis sempurna beserta gambar dan tahap-tahapnya pada kali ini hanya akan memaparkan tentang Nyamuk, Lalat, Kupu-Kupu, Lebah, Semut, dan Katak. Adapun penjelasan mengenai contoh hewan ini adalah:

1. Metamorfosis Nyamuk

Diketahui Nyamuk adalah serangga tergolong dalam order Diptera; genera termasuk Anopheles, Ochlerotatus, Aedes, Culex, Wyeomyia, Culiseta, Psorophora, Sabethes, dan Haemagoggus untuk jumlah keseluruhan terdapat sekitar 35 genera yang merangkum 2700 spesies.

Ciri-Ciri Nyamuk memiliki tubuh yang langsing, 2 sayap bersisik, dan enam kaki panjang dimana setiap spesies berbeda-beda namun jarang sekali ditemukan yang melebihi 15 mm.

Untuk tahap-tahap metamorfosis sempurna pada nyamuk dimulai dari Telur – Jentik Jentik – Pupa – Nyamuk.

2. Metamorfosis Lebah

Yang dimaksud dengan lebah adalah serangga yang beberapa diantaranya hidup berkelompok yang suku atau familia Apidae (ordo Hymenoptera: serangga bersayap selaput).  Terdapat sekitar 20.000 spesies lebah yang ada di dunia dan ditemukan di setiap benua, kecuali Antartika.

Ciri-ciri serangga memiliki 3 pasang kaki dan 2 pasang sayap dengan menyimpan sarangnya diatas bukit, di pohon kayu dan atap rumah. Lebah memakan nektar bunga dan serbuk sari.

Untuk tahap-tahap metamorfosis sempurna pada lebah dimulai dari Lebah Telur > Larva > Kepompong > Lebah

3. Metamorfosis Kupu-Kupu

Yang dimaksud dengan Kupu-kupu adalah serangga yang tergolong dalam ordo Lepidoptera, atau serangga bersayap sisik (lepis, sisik dan pteron, sayap).Kupu-kupu umumnya aktif di waktu siang (diurnal). Biasanya, ketika menegakkan sayapnya, artinya Kupu-kupu sedang beristirahat.

Adapun tahapan-tahapan atau alur dalam metamorfosis sempurna pada kupu-kupu dimulai dari Telur > Ulat > Kepompong > kupu Kupu.

4. Metamorfosis Semut

Yang dimaksud dengan Semut adalah serangga anggota suku Formicidae, bangsa Hymenoptera yang mempunyai 12.000 jenis (spesies) dan banyak hidup di kawasan tropika.

Hidup dengan berkoloni dan setiap anggota koloninya terbagi atas semut pekerja, semut pejantan, dan ratu semut. Koloni semut kadangkala disebut “superorganisme” karena koloni-koloni mereka yang membentuk sebuah kesatuan.

Ciri khas dari semut adalah berukuran tubuhnya yang relatif kecil,hewan terkuat di dunia, untuk semut jantan mampu menopang beban dengan berat lima puluh kali dari berat badannya sendiri.

Ketika dibandingkan dengan gajah, ternyata gajah hanya mampu menopang beban dengan berat 2 kali dari berat badannya sendiri.

Untuk metamorfosis sempurna pada semut dimulai dari tahap Telur > Larva > Pupa > Semut.

5. Metamorfosis Lalat

Yang dimaksud dengan Lalat adalah jenis serangga dari ordo Diptera dengan sepasang sayap terbang dan sepasang halter, yang berasal dari sayap belakang, pada metatoraks (kecuali beberapa spesies lalat yang tidak dapat terbang).

Satu-satunya ordo serangga lain yang mempunyai 2 sayap yang benar-benar berfungsi dan mempunyai halter adalah Strepsiptera. Tetapi, berbeda dengan lalat, halter Strepsitera berada di mesotoraks dan sayap di metatoraks.

Untuk tahap-tahap metamorfosis sempurna pada lalat dimulai dari Telur > Belatung (Larva) > Pupa > Lalat

6. Metamorfosis Katak

Yang dimaksud dengan Katak (bahasa Inggris: frog) adalah hewan amphibi yang bertubuh pendek, gempal atau kurus, berpunggung agak bungkuk, berkaki 4 dan tak berekor. Selain itu, diketahui Katak mempunyai berkulit halus, lembap, dengan kaki belakang yang panjang.

Untuk tahap-tahap metamorfosis sempurna pada katak dimual dari Telur > Kecebong (Berudu) > Berudu 2 Kaki > Berudu 4 Kaki > Katak Muda (Ekor Panjang) > Katak Dewasa.

Demikianlah informasi mengenai Pengertian Metamorfosis Sempurna, Tahap, Contoh Hewan & Gambarnya. Semoga informasi ini dapat bermanfaat bagi kita semua. Sekian dan terima kasih. Salam berbagi teman-teman.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *