Pengertian Lapisan Mesosfer, Ciri-Ciri & Fungsi Lapisannya

Pengertian Lapisan Mesosfer, Ciri-Ciri & Fungsi Lapisannya – Bagi umat manusia, atmosfer mempunyai fungsi penting. Fungsi keberadaan atmosfer membuat setiap manusia bisa bernapas. Bahkan tidak hanya manusia, seluruh makhluk yang ada di muka bumi juga beruntung dengan adanya atmosfer. Diketahui atmosfer atau yang mengelilingi bumi ini adalah terdiri dari berbagai jenis gas. Gas yang menyusun atmosfer terdiri atas nitrogen (78 persen), oksigen (21 persen), argon (0,9 persen), dan karbon dioksida (0,03persen).

Dari atmosfer inilah yang menjadi pembeda dengan planet lainnya, sebab Bumi memiliki atmosfer yang didalamnya terdapat oksigen yang bermanfaat bagi seluruh makhluk hidup. Selain itu, dengan adanya atmosfer, fungsi utama dari lapisan ini adalah untuk melindungi bumi dari radiasi matahari yang berbahaya serta atmosfer juga berfungsi untuk melindungi bumi dari benda-benda berbahaya yang jatuh ke angkasa.

Benda langit tersebut adalah meteoroid yang dengan adanya atmosfer, benda langit ini akan bergesekan dengan partikel udara yang terdapat di atmosfer hingga membuat meteor tersebut akan terbakar dan hancur. Selain itu, atmosfer membuat suhu di Bumi tetap hangat dan nyaman untuk di tinggali. Atmosfer juga berperan sebagai tempat dimana air hujan dapat terbentuk sehingga tumbuhan dapat hidup dan begitu juga seluruh makhluk hidup.

Dikutip dari situs National Aeronautics and Space Administration atau NASA, atmosfer terdiri dari enam lapisan. Pembagian ini didasarkan pada perbedaan temperatur di atmosfer. Adapun lapisan-lapisan atmosfer adalah troposfer, stratosfer, mesosfer, termosfer (ionosfer), Eksosfer (Dissipasisfer). Setiap lapisan atmosfer itu mempunyai fungsi dan ciri-ciri yang membedakan dengan lapisan lainnya.

Pada kali ini penulis membahas mengenai lapisan mesosfer, mulai dari pengertian, ciri dan fungsi lapisan mesosfer, maka dari itulah penulis mengangkat judul Pengertian Lapisan Mesosfer, Fungsi & Ciri-Cirinya yang dapat disaksikan dibawah ini:

Pengertian Lapisan Mesosfer, Ciri-Ciri & Fungsi Lapisannya (Foto: Artikelsiana.com)
Pengertian Lapisan Mesosfer, Ciri-Ciri & Fungsi Lapisannya (Foto: Artikelsiana.com)

1. Pengertian Lapisan Mesosfer Adalah

Secara etimologi, yang dimaksud dengan mesosfer adalah istilah yang berasal dari bahasa Yunani dari kata “Meso” yang artinya tengah atau pertengahan. Hal itu juga mesosfer merupakan lapisan penyusun atmosfer bumi yang berada pada bagian tengah.

Posisi atau letak lapisan mesosfer ini terdapat pada lapisan ketiga terendah dan lapisan ketiga teratas dari atmosfer. Tepatnya, lapisan mesosfer terletak di ketinggian antara 60 kilometer sampai 80 kilometer dari permukaan bumi.

Pada lapisan ini, sering ditemui meteor yang jatuh yang mirip bintang yang memiliki ekor. Hal itu karena pada lapisan mesosfer berfungsi untuk melindungi bumi dari meteor serta benda-benda langit. Pada lapisan mesosfer, tempat bagi benda langit dilelehkan atau diuapkan akibat dari tubrukan antara partikel gas.

Selain itu, lapisan mesosfer juga lapisan yang menjulang tinggi antara 45 km-75 km di atas lapisan stratosfer. Selain itu, pada lapisan ini merupakan lapisan yang mempunyai suhu yang sangat rendah yang rata-ratanya berada pada -50°C sampai -70°C, dan bahkan dikatakan bisa mencapai minus 140 derajat celcius. Pada lapisan mesosfer inilah akan kita temui kristal- kristal es yang membentuk sebuah awan yakni awan noctilucent.

Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa secara umum pengertian lapisan mesosfer adalah lapisan penyusun atmosfer yang berada ditengah-tengah yang berfungsi melindungi bumi dari benda asing.

Pengertian Lapisan Mesosfer, Ciri-Ciri & Fungsi Lapisannya (Foto: Artikelsiana.com)
Pengertian Lapisan Mesosfer (Foto: Artikelsiana.com)

Ciri-Ciri Lapisan Mesosfer

Berdasarkan penjelasan diatas, maka dapat disimpulkan bahwa ciri-ciri lapisan atau karakteristik lapisan mesosfer adalah:

  1. Ketinggiannya sekitar 60-80 km.
  2. Suhunya sekitar -50°C sampai -70°C.
  3. Merupakan lapisan yang melindungi bumi dari meteor dan benda-benda langit lainnya yang jatuh ke bumi. Meteor akan terbakar dan hancur jika lapisan mencapai lapisan ini dan menjadi pecahan-pecahan kecil yang disebut meteorit.
  4. Terdapat lapisan mesopause, yaitu lapisan antara mesosfer dan termosfer
  5. Terdapat kristal- kristal es yang membentuk sebuah awan yakni awan noctilucent.
Ciri-Ciri Lapisan Mesosfer (Foto: Artikelsiana.com)
Ciri-Ciri Lapisan Mesosfer (Foto: Artikelsiana.com)

Fungsi Lapisan Mesosfer Adalah

Fungsi utama dari lapisan mesosfer adalah lapisan penyusun atmosfer yang melindungi bumi. Namun secara terperinci setidaknya terdapat 2 fungsi lapisan mesosfer yang diketahui adalah:

  1. Sebagai lapisan yang melindungi bumi dari jatuhnya benda-benda langit
  2. Sebagai lapisan penghantar gelombang dari gelombang elektromagnetik yang dipakai manusia untuk menghidupkan sinyal radio, televisi, dan juga telefon.
Fungsi Lapisan Mesosfer (Foto: Artikelsiana.com)
Fungsi Lapisan Mesosfer (Foto: Artikelsiana.com)

Demikianlah informasi mengenai topik yang berjudul Pengertian Lapisan Mesosfer, Ciri-Ciri & Fungsi Lapisannya. Semoga informasi ini dapat bermanfaat bagi kita semua. Sekian dan teriam kasih. Salam berbagi teman-teman.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *