Pengertian Kelompok Primer Adalah: Ciri, Fungsi & Contohnya


Kelompok Primer – Pada hakikatnya, manusia tidak lepas dari hubungan antara manusia lainnya. Hal ini sehingga melahirkan kelompok-kelompok sosial.

Melalui dari kelompok sosial ini lahir dari adanya kesaman antara kepentingan bersama. Pada dasarnya, pengertian kelompok sosial adalah kumpulan dari individu yang berinteraksi satu sama lain.

Interaksi yang terjadi antara individu itu bisa bersifat pekerjaan, sialturahmi dan atau bisa keduanya. Sehingga tidak salah, apabila terdapat kelompok bersifat kolektif dan,

Ada juga kelompok yang terjadi karena mempunyai kesamaan dalam kesukaan, aktivitas dan tingkahlaku serta lain-lainnya. Dalam kelompok sosial terdapat 2 jenis kelompok yaitu kelompok primer dan kelompok sekunder.



Pada kali ini, penulis akan membahas mengenai hal-ha mendasar dari Kelompok Primer, seperti dari definisi, fungsi, ciri-ciri kelompok primer serta contohnya yang dapat dilihat dibawah ini:



Pengertian Kelompok Primer Adalah?

Kelompok Primer atau dalam bahasa inggris disebut dengan Primary Group. Sedangkan pengertian Kelompok Primer adalah kelompok yang terdapat interaksi antar anggota yang terjalin secara intensif, lebih erat dan lebih arab.



Biasanya jenis kelompok ini disebut dengan “Face to Face”. Maksud dikatakan kelompok primer sebagai face to face karena setiap anggota kelompok biasa berdialog dan bertatap muka.

Maka dari itulah, ciri atau karakteristik dari kelompok primer adalah saling mengenal satu sama lain sehingga kedekatan dan kearaban itu lebih terlihat.

Selain itu, ciri khas dalam kelompok primer ini memiliki corak yang kekeluargaan dan berdasarkan pada rasa simpati. Mengidentifikasi kelompok primer dalam menemukan contoh-contoh di kehidupan sehari-hari sangatlah mudah, lihat saja dalam keluarga.

Dalam kelompok primer, keluarga memainkan peran kunci dalam pengembangan diri. Walaupun, keluarga adalah kelompok primer yang kecil,

Akan tetapi contoh kelompok primer ini memiliki peran besar dalam melindungi dari ancaman kelompok yang lebih besar yang biasa disebut dengan masyarakat.

Maka dari itulah, dalam ilmu sosiologi atau pelajaran Ilmu Sosial, keluarga adalah pembentukan orientasi dasar yang sebagaimana nantinya akan diturunkan kepada anak-anaknya.

Namun berbeda halnya dengan pendapat para ahli seperti Goerge Homan, yang mengatakan bahwa pengertian kelompok primer adalah sejumlah orang yang terdiri dari beberapa orang yang sering berkomunikasi dengan lainnya sehingga setiap orang mampu berkomunikasi secara langsung (bertatap muka) tanpa melalui perantara.

Melalui pendapat George Homan, ia menjelaskan contoh dari kelompok primer bisa terjadi pada keluarga, RT, kawan sepermainan, kelompok agama, dan lain-lain.

Pengertian Kelompok Primer Adalah: Ciri, Fungsi & Contohnya (Foto: Artikelsiana.com)
Pengertian Kelompok Primer Adalah: Ciri, Fungsi & Contohnya (Foto: Artikelsiana.com)

Ciri-Ciri Kelompok Primer

Berdasarkan dari penjelasan diatas, apabila dipahami lebih dalam maka dapat diidentifikasi tentang ciri-ciri kelompok primer. Selain itu, juga dapat melihat ciri-ciri kelompok primer yang ada di bawah ini:

  1. Jumlah anggota relatif kecil
  2. Pola hubungan lebih akrab, tidak kaku (informal), bersifat pribadi
  3. Komunikasi yang terjadi secara langsung tanpa prantara alias bertatap muka
  4. Biasanya hubungan bersifat dalam jangka waktu yang lama dan hubungan yang permanen
  5. Keputusan dalam kelompok biasanya bersifat tradisional.

Fungsi Kelompok Primer

Melihat ciri khas dari kelompok primer diatas, maka dapat disimpulkan bahwa fungsi-fungsi kelompok primer adalah:

  1. Terjadi nilai hubungan yang berdasarkan cinta kepada sesama manusia.
  2. Hadirnya kepekaan sosial, kultural dan spritual.
  3. Dapat membentuk kepribadian diri
  4. Melatih komunikasi personal.
  5. Bermanfaat dalam mengetahui sifat dan permasalahan setiap manusia

Contoh Kelompok Primer

Menurut cir-ciri kelompok primer dan penjelasannya diatas, maka adapun contoh-contoh kelompok primer sebenarnya selalu ada disekitar kita. Walaupun, tidak kita sadari. Adapun kelompok primer dalam kehidupan sehari-hari adalah:

  1. Keluarga
  2. Teman masa kecil hingga sekarang
  3. Teman bermain hingga sekarang
  4. Kelompok beragama seperti majelis taklim.

Demikianlah informasi mengenai Pengertian Kelompok Primer, Fungsi, Ciri dan Contoh Kelompok Primer. Semoga informasi ini dapat bermanfaat bagi kita semua. Sekian dan terima kasih. Salam berbagi teman-teman.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *