Pengertian Kebugaran Jasmani, Unsur, Komponen, Faktor & Manfaatnya


Pengertian Kebugaran Jasmani, Unsur, Komponen, Faktor & Manfaatnya – Semua orang butuh kebugaran jasmani yang baik, fungsi dan tujuannya semata-mata melaksanakan pekerjaannya secara efektif dan efisien tanpa ada kelelahan yang berarti.

Tingkat kebugaran jasmani setiap manusia menjadi penentu kemampuan fisik. Hal ini memiliki manfaat baik dalam melaksanakan tugas sehari-hari.

Sebab dengan semakin tinggi derajat kebugaran jasmani seseorang, maka semakin tinggi jugalah kemampuan kerja fisiknya.

Selain berfungsi untuk meningkatkan kebugaran jasmani, latihan kondisi fisik ialah program pokok untuk membina para pelajar dan peserta didik untuk berprestasi dalam suatu cabang olahraga.



Secara umum, pengertian kebugaran jasmani adalah kemampuan untuk berkegiatan sehari-hari dan dapat adaptasi terhadap beban fisik tanpa berdampak kelelahan berlebih dan memiliki cadangan untuk menikmati waktu senggang dan pekerjaan yang mendadak serta bebas dari penyakit.



Atau menyimak dari pendapat Purwanto (2012), menurutnya ketika seseorang saat beraktivitas dengan kondisi “fit” dapat bekerja berulang dan tidak lelah serta memiliki cadangan tenaga untuk mengatasi kelelahan yang tidak terduga sebelumnya.



Arti dari fit menurut pendapat diatas (memiliki kebugaran jasmani) ialah orang yang memenuhi kebutuhan, kesanggupan, kemampuan dan ketahanan yang baik untuk melakukan secara efisien tanpa lelah yang berarti.

Komponen-komponen dari kebugaran jasmani ialah faktor penentu tingkatan kondisi setiap individu. Seseorang disebut bugar ketika dapat menjalankan seluruh aktivitas kehidupan sehari-hari tanpa adanya hambatan yang berarti, dan dapat melakukan tugas berikutnya dengan segera.

Pengertian Kebugaran Jasmani

Berdasarkan penjelasan diatas, maka dapat disimpulkan bahwa Secara umum, pengertian kebugaran jasmani adalah kemampuan untuk berkegiatan sehari-hari dan dapat adaptasi terhadap beban fisik tanpa berdampak kelelahan berlebih dan memiliki cadangan untuk menikmati waktu senggang dan pekerjaan yang mendadak serta bebas dari penyakit.

pengertian kebugaran

Pengertian Kebugaran Jasmani, Unsur, Komponen, Faktor & Manfaatnya

Menurut Para Ahli

Adapun pengertian kebugaran jasmani menurut para ahli adalah

1. Pengertian Kebugaran Jasmani Menurut Sadoso Sumosardjono

Menurut Sadoso Sumosardjono yang dikutip oleh Musan Prawoto (2007:7) bahwa yang dimaksud dengan kebugaran jasmani ialah kemampuan individu untuk menjalakan tugas setiap hari dengan gampang tanpa lelah berlebih, serta memiliki sisa tenaga untuk menikmati waktu senggang dan untuk keperluan mendadak.

2. Pengertian Kebugaran Jasmani Menurut Djoko Pekik Irianto

Menurut pendapat dari Djoko Pekik Irianto (2004: 2) yang mengungkapkan bahwa arti dari kebugaran jasmani adalah kemampuan fisik seseorang untuk dapat melakukan kerj asehari-hari secara efisien tanpa menimbulkan kelelahan yang berlebihan, sehingga masih dapat menikmati waktu luangnya.

3. Pengertian Kebugaran Jasmani Menurut Mochmad Sajoto

Menurut pendapat dari Mochmad Sajoto (1988: 43), bahwa arti dari kebugaran jasmani ialah kemampuan setiap individu untuk menyelesaikan tugas setiap hari tanpa mengalami kelelahan berarti dengan mengeluarkan energi yang cukup besar, yang bertujuan memenuhi kebutuhan geraknya dan menikmati waktu luang serta memenuhi keperluan darurat ketika sewakktu-waktu dibutuhkan.

4. Pengertian Kebugaran Jasmani Menurut Whjoedi

Menurut pendapat dari Wahjoedi (2000: 58) bahwa arti dari kebugaran jasmani adalah kemampuan tubuh untuk melakukan tugas dan pekerjaan seharihari dengan giat, tanpa mengalami kelelahan yang berarti serta cadangan energi yang tersisa, masih mampu menikmati waktu luang dan menghadapi kegiatan darurat yang terjadi sebelumnya.

Klasifikasi Kebugaran Jasmani

Kebugaran jasmani diklasifikasikan ke dalam dua jenis antara lain:

  1. Kebugaran jasmani memiliki kaitan dengan kesehatan seperti daya tahan otot, kelenturan, daya tahan kardiovaskular, dan komposisi tubuh.
  2. Kebugaran jasmani berhubungan dengan ketrampilan gerak seperti kecepatan, daya tolak ketepatan, kelincahan, keseimbangan, kecepatan reaksi, dan koordinasi.

Komponen Atau Unsur Kebugaran Jasmani

Beberapa komponen kebugaran jasmani antara lain :

1. Kelincahan

Arti dari Kelincahan yaitu kemampuan tubuh seseorang untuk berpindah posisi dengan secepat mungkin sesuai dengan kondisi yang dihadapi. Mengukur kelincahan dapan dengan dilakukan dengan bolak-balik secepat mungkin dari 6 sampai 8 kali (jaraknya 4 – 5 meter) (Hapsari,2014).

2. Daya ledak (power)

Daya ledak sebagai komponen atau unsur kebugaran jasmani yaitu gabungan dari kekuatan dan kecepatan dimana kemampuan yang dilakukan semaksimal mungkin. Bentuk latihannya yaitu melompat dengan 2 kaki melompat dengan 1 kaki bergantian, melompat jongkok, melompat 2 kaki dengan box.

3. Daya Tahan (Endurance)

Daya tahan sebagai komponen atau unsur kebugaran jasmani diartikan sebagai kemampuan tubuh seseorang untuk melawan kelelahan yang timbul saat melakukan aktivitas dalam waktu yang cukup lama (Pramono, 2012).

4. Kecepatan

Sedangkan arti dari Kecepatan yang menurut Penggalih (2015) sebagai bagian dari komponen atau unsur kebugaran jasmani adalah dimana seseorang mampu melakukan suatu gerakan yang berkesinambungan dalam waktu yang singkat.

5. Kekuatan Otot

Yang dimaksud dengan Kekuatan, menurut penjelasan Pramono (2012) bahwa didefinisikan sebagai kemampuan yang dimiliki sekelompok otot tersebut untuk melakukan aktivitas dengan beban yang diterima.

6. Daya Tahan Kardiorespirasi

Menurut pendapat dari Pramono (2012) bahwa yang dimaksud dengan Daya Tahan Kardiorespirasi adalah keadaan dimana kardiovaskuler dapat melakukan aktivitasnya dengan cara mengatasi beban yang berat selama waktu tertentu.

7. Kelenturan

Yang dimaksud dengan Kelenturan menurut Penggalih (2015) ialah diartikan sebagai efektifitas seseorang dalam menyesuaikan dirinya untuk melakukan semua aktivitasnya dengan penguluran seluas-luasnya terutama otot dan ligamen disekitar persendian.

Faktor yang Mempengaruhi Kebugaran Jasmani

Komponen kebugaran jasmani dipengaruhi oleh beberapa faktor diantaranya (Shomoro & Mondal, 2014):

1. Umur

Penurunan dan kenaikan tingkat kebugaran jasmani seseorang dapat dipertahankan ketika rajin dalam melakukan olahraga. Tingkat kebugaran jasmani akan mencapai maksimal pada usia 30 tahun.

2. Jenis Kelamin

Laki-laki setelah mengalami pubertas tingkat kebugaran jasmani jauh lebih baik ketika dibandingkan dengan perempuan sebab terdapat perbedaan dengan perkembangan otot dan kekuatan otot.

3. Merokok

Adanya nikotin dalam rokok akan memperbesar pengeluaran energi dalam tubuh dan kadar karbondioksida yang terhisap juga dapat mempengaruhi daya tahan tubuh seseorang.

4. Status Kesehatan

Adanya gangguan fungsi pada tubuh seseorang akan mempengaruhi kemampuan tubuh untuk melakukan aktivitas. Oleh sebab itu kesehatan seseorang juga akan mempengaruhi tingkat kebugaran jasmani.

5. Aktivitas Fisik

Sebagai bagian dari unsur atau komponen kebugaran jasmani, aktivitas fisik ialah salah satu aktivitas fisik yang mempengaruhi tingkat kebugaran jasmani sebab energi yang dipakai saat melakukan kegiatan sangat bermanfaat untuk tubuh. Intensitas, durasi dan frekuensi yang baik akan mempengaruhi perkembangan kebugaran jaasmani.

6. Obesitas

Penggunaan tenaga yang lebih banyak akan membuat kebutuhan oksigen jauh lebih besar yang dapat memacu jantung untuk bekerja lebih keras.

Hal itu dapat dialami pada seseorang yang memiliki berat badan berlebih atau disebut juga dengan obesitas yang cenderung memiliki tingkat kebugaran jasmani lebih rendah.

Manfaat Kebugaran Jasmani

Manfaat melakukan latihan kebugaran jasmani secara teratur dan benar dalam jangka waktu yang cukup adalah.

  1. Menurunkan berat badan dan mencegah obesitas
  2. Mencegah penyakit jantung
  3. Menurunkan tekanan darah tinggi
  4. Memberi banyak energi
  5. Mencegah dan mengatur penyakit diabetes
  6. Menambah kepintaran
  7. Meningkatkan kualitas hormon
  8. Menurunkan gejala depresi ringan dan kegelisahan
  9. Meningkatkan citra diri dan rasa percaya diri
  10. Mengurangi LDL dan menaikkan HDL
  11. Menurunkan risiko kanker tertentu
  12. Melindungi dari osteoporosis
  13. Membuat awet muda
  14. Meningkatkan mood
  15. Membuat anak-anak selalu aktif

Demikianlah informasi mengenai Pengertian Kebugaran Jasmani, Unsur, Komponen, Faktor & Manfaatnya. Semoga informasi ini dapat bermanfaat bagi kita semua dan membuka cakrawala pengetahuan kita bersama. Sekian dan terima kasih. Salam berbagi teman-teman.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *