Jelaskan Pengertian Karya Seni Rupa Tiga Dimensi Adalah? Ini Definisinya


Pengertian Karya Seni Rupa Tiga Dimensi – Dalam seni terdapat berbagai macam jenis seni, salah satunya adalah seni rupa. Arti seni rupa itu sendiri adalah cabang seni yang membentuk karya seni dengan media yang bisa ditangkap mata dan dirasakan dengan rabaan. Dalam seni rupa juga terbagi atas 2 yaitu seni rupa 2 dimensi dan 3 dimensi.

Sejalan dengan topik pada kali ini yang akan membahas mengenai apa yang dimaksud dengan pengertian seni rupa 3 dimensi dan penjelasannya. Seperti yang diketahui bersama bahwa saat ini di era digital, seni rupa 3 dimensi menjadi populer ditengah kemajuan teknologi.

Sehingga peran dan manfaat seni rupa 3 dimensi tidaklah sedikit, karena fungsi-fungsi yang dirasakan dalam kehidupan sehari-hari tidak hanya dalam bentuk estetika melainkan etika dan dalam aktivitas manusia.

Apabila demikian lantas apasih yang dimaksud dengan pengertian seni rupa 3 dimensi?. Secara umum, yang dimaksud dengan pengertian seni rupa 3 dimensi adalah karya seni yang terdiri atas panjang, lembar dan kedalaman atau tinggi.



Selain itu, seni rupa 3 dimensi bisa juga dijelaskan sebagai karya seni yang terdiri atas volume dan menempati suatu ruang. Dari ketiga unsur seni rupa 3 dimensi inilah sehingga terdapat perbedaan antara seni rupa 2 dimensi secara jelas.



Contoh karya seni tiga dimensi dapat dilihat di kehidupan sekitar kita dan diri kita, sebab ada-ada saja contoh karya seni rupa 3 dimensi yang biasa disaksikan setiap orang seperti seni patung, seni kriya, senikeramik, seni arsitektur dan berbagai desain produk.



Selain sebagai benda hias karya seni rupa tiga dimensi juga dapat terdiri atas benda pakai yang mempunyai nilai praktis dan juga tentunya tidak lepas dari nilai estetika atau kehindahan.

Karena seni rupa tiga dimensi tidak memiliki bidang datar dan tidak datar, sehingga penempatannya berdiri lepas artinya tidak bergantung pada dinding sebagai dasarnya. Dalam perkembangan selanjutnya, seni rupa 3 dimensi terus mengalami perubahan baik itu sudut pandang yakni model ruang, pola berkarya sampai kepada jenisnya.

Pengertian Seni Rupa 3 Dimensi Menurut Para Ahli

Menurut Mikke Susanto (2011:106) bahwa seni rupa 3 dimensi adalah seni rupa yang mempunyai tinggi, lebar, dan panjang. Sedangkan Sumanto (2005: 14) adalah seni rupa yang mengutamakan pesan estetik dan artistik.

Definisi seni rupa 3 dimensi pun semakin dipertegas oleh Kamtini dan Husni (2006:78) yang mengatakan bahwa istilah tiga dimensional berarti dapat diapresiasi atau dilihat lebih dari satu arah bahkan lebih dari segala arah, ditentukan oleh lebar, tebal atau tinggi, dan ukuran panjang

Jenis Karya Seni Rupa 3 Dimensi Adalah?

Jelaskan Pengertian Karya Seni Rupa Tiga Dimensi Adalah? Ini Definisinya (Foto: Artikelsiana.com)
Jelaskan Pengertian Karya Seni Rupa Tiga Dimensi Adalah? Ini Definisinya (Foto: Artikelsiana.com)

Diketahui sampai saat ini, terdapat 2 jenis karya seni rupa 3 dimensi berdasarkan dari fungsi karya seni yaitu seni rupa terapan atau applied art yang memiliki fungsi pakai, dan seni rupa murni atau pure art yang mempunyai fungsi ekspresi saja.

1. Seni Rupa Murni

Seni Rupa Murni adalah seni yang memperhatikan ekspresi atau keindahan sehingga hanya bertujuan untuk memberikan perasaan senang dan bahagia. Adapun contoh karya seni rupa tiga dimensi murni adalah patung.

Adapun jenis dari karya seni ini adalah seni kriya yang menonjolkan aspek keindahan daripada aspek kegunaan atau segi fungsinya. Contohnya hiasan dinding dan benda-banda kerajinan untuk penghias ruangan, contohnya topeng dan vas bunga.

2. Seni Rupa Terapan

Seni Rupa Terapan adalah seni yang dibuat untuk tujuan fungsional atau kegunaan. Dalam artian karya seni rupa ini adalah untuk memenuhi kebutuhan fisik dan psikis atau dibuat dengan pertimbangan kegunaannya dan juga keindahanya.

Dengan demikian bentuk benda atau karya seni rupa itu semakin indah dilihat dan semakin nyaman dipakai contohnya perabotan rumah tangga, seperti meja dan kursi, dan lemari.

Ciri Karya Seni Rupa 3 Dimensi

Berdasarkan dari penjelasan diatas, maka dapat disimpulkan bahwa ciri atau karakteristik karya seni rupa 3 dimensi adalah:

  • Mempunyai panjang, lebar, tinggi
  • Menempati ruang
  • Dan bisa dilihat dari segala sudut pandang

Demikianlah informasi mengenai topik yang berjudul Jelaskan Pengertian Karya Seni Rupa Tiga Dimensi Adalah?. Semoga informasi ini dapat bermanfaat bagi kita semua. Sekian dan terima kasih. Salam berbagi teman-teman.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *