Jelaskan Pengertian Jual Beli Online? Ini Arti & Penjelasan Online Shop


Pengertian Jual Beli Online Adalah – Di indonesia kini transaksi perdagangan secara konvensional telah beralih ke sistem online. Sistem perdagangan ini pada dasarnya sama dengan proses jual beli pada umumnya, hanya saja penjual dan pembeli tidak bertemu secara langsung.

Kegiatan jual beli ini semakin marak dilakukan, apalagi karena banyaknya situs yang menyajikan tempat berdagang atau untuk melakukan transaksi jual beli online baik dan beragam. Di Indonesia situs-situs yang menyajikan jual beli online adalah email, bukalapak, tokopedia, shopee, lazada dan masih banyak lagi tempat jual beli online. Dalam beberapa situs ada yang menampilkan berbagai macam produk atau barang yang dijual. Selain itu dalam beberapa situs juga hanya ada satu jenis barang saja yang dijual seperti khusus barang jam tangan, atau khusus jilbab saja. Maraknya aktivitas jual beli online karena dampak yang dihasilkan memberikan banyak keuntungan baik itu bagi pihak penjual maupun bagi pembeli.

Hal yang ditawarkan dalam jual beli online adalah efisien dan efektif. Dari hal itu maka setiap pihak yang menjalankan jual beli online akan leluasa mencari tahu barang yang diinginkan tanpa harus kesusahan ke toko dan membolak-balik barang diinginkan. Jual beli online kini juga bergeser dari yang di situs-situs dagang, kini banyak orang yang lebih menjual barang dagangannya di facebook yang memiliki group khusus seperti grup dagang dan ada juga di instagram serta di youtube.Semua pedagang kini lebih jeli dalam memanfaatkan sosial media untuk dijadikan sebagai tempat jual beli online. Biasanya jual beli online diistilahkan dengan kata olshop atau online shop.

Ditengah keuntungan jual beli online yang ditawarkan, ternyata memberikan dampak buruk berkenaan dengan asas hukum yang seringkali dilanggar oleh berbagai pedagang khususnya pedagang muslim yang tidak menerapkan tentang kaidah fiqih, etika, serta pemilihan akad yang sesuai aturan Islam dalam jual beli online.



Selain itu dalam jual beli online baik itu pembeli dan penjual sama-sama dihantui dengan yang namanya penipuan. Sebab para penjual dan pembeli tidak tahu menahu secara pasti lawan transaksinya. Seperti spesifikasi barang yang tidak diketahui persis hanya berdasarkan gambar, selain itu penjual yang tidak diketahui persis apakah memang menjual barang atau hanya menyertakan saja gambarnya.



Maka dari itu, terkadang penjual online melakukan cara dengan membagikan gambar testimoni atau hasil transaksi berupa chatingan dengan pembeli yang biasanya dilakukan di whatsApp dan juga biasanya penjual online dengan merekam barang dagangannya agar terlihat real bagi pembeli.



Begitupula bagi pembeli, terkadang memastikan keaslian barang dagangan tersebut dengan mengecek lokasi atau alamat dari pedagang itu dan juga terkadang saling meminta KTP atau keterangan lengkap pembeli dan penjual.

Selain dari tata cara jual beli online diatas, ada banyak lagi hal yang bisa dilakukan dalam jual beli online yang bisa disaksikan secara langsung di berbagai sosial media atau berbagai situs jual beli online.

Untuk pembahasan lebih jauh seputar tata cara jual beli online dan dasar hukumnya akan diinformasikan pada artikel selanjutnya, pada informasi ini penulis hanya akan membahas mengenai pengertian jual beli online.

Pengertian Jual Beli Online Adalah?

Jual beli online atau biasa disingkat olshop (online shopping). Yang dimaksud dengan pengertian jual beli online adalah persetujuan saling mengikat melalui internet antara penjual sebagai pihak yang menjual barang dan pembeli sebagai pihak yang membayar harga barang yang dijual.

Diketahui bahwa jual beli online tak terdapat kontak langsung antara penjual dan pembeli, namun hanya melalui jaringan yang terkoneksi dengan menggunakan handphone, komputer, tablet, dan lain-lain.

Lebih tepat kiranya, mengutip dari definisi Alimin (2004:76) yang mengatakan bahwa pengertian jual beli online adalah satu set dinamis teknologi, aplikasi dan proses bisnis yang menghubungkan perusahaan, konsumen, komunitas tertentu melalui transaksi elektronik dan perdagangan barang, pelayanan dan informasi yang dilakukan secara elektronik.

Pengertian Jual Beli Online (Foto: Artikelsiana.com)
Pengertian Jual Beli Online (Foto: Artikelsiana.com)

Demikianlah informasi mengenai topik yang berjudul Jelaskan Pengertian Jual Beli Online? Ini Arti & Penjelasan Online Shop. Semoga informasi ini dapat bermanfaat bagi kita semua. Sekian dan terima kasih. Salam berbagi teman-teman.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *