Pengertian Ilmu Manajemen Menurut Stoner dan Fungsinya


Pengertian & Fungsi Ilmu Manajemen Menurut Stoner – Dalam kehidupan sehari-hari, manusia tidak bisa terlepas dari kegiatan yang mengatur sesuatu hal yang disebut dengan Manajemen. Manajemen sangatlah berarti penting, karena fungsinya sangat menyentuh dari apa yang selalu kita lakukan. Manfaat yang utama jika menjalankan manajemen adalah melakukan kegiatan yang efektif dan efisien. Sehingga tanpa adanya ilmu manajemen, maka setiap orang dalam kegiatannya tidak bisa teratur dan pasti akan berantakan.

Salah satu contoh yang membuktikan kehadiran manajemen sangat penting adalah manajemen keuangan. Pentingnya manajemen keuangan, sebab dapat mengatur keuangan sehari-hari. Jika orang-orang tidak mengetahui manajemen keuangan atau tidak menggunakannya, maka pemborosan untuk membeli barang yang tidak penting. Alhasil, membuat kehidupan keuangan mereka akan selalu merasa kekurangan setiap harinya.

Selain dari pada itu, manajemen waktu. Dengan adanya manajemen waktu membuat kegiatan setiap orang tidak terbuang begitu saja. Manajemen waktu begitu penting karena setiap kegiatan sehari-hari tertata begitu rapi dan tidak terjadi kegiatan yang bertabrakan membuat setiap orang bisa pusing, dan mengatur mana yang lebih utama atau yang tidak bisa ditunda. Maka dari itulah, mengapa belajar manajemen sangatlah penting bagi setiap orang. Sebab fungsi manajemen sangat dekat dengan kehidupan setiap orang. Berdasarkan dari penjelasan diatas, apasih yang dimaksud dengan pengertian dan fungsi manajemen itu?

Pengertian Manajemen: Apa itu?

Secara etimologis, istilah manajemen sebenarnya berasal dari dalam Bahasa Inggris, yakni management, yang dikembangkan dari kata ‘to manage’. Arti dari istilah ini adalah mengatur atau mengelola. Namun ternyata, kata manage itu sendiri berasal dari bahasa Italia yakni maneggio yang diadopsi yang berasal dari bahasa latin ‘managiare’, yang berasal dari kata manus, yang artinya tangan.



Sedangkan secara terminologi terdapat banyak definisi yang dikemukakan oleh para ahli salah satunya dari James. A. F. Stoner. Sebelum memulai gelar akademisnya, profesor Stoner adalah seorang perwira proyek pengembangan untuk Departemen Perdagangan dan Industri dalam pemerintahan Tanganyika, sekarang disebut Tanzania.



James A.F Stoner merupakan seorang profesor sistem manajemen yang di Gabelli Sekolah Bisnis dan pemegang Fordham James A.F. Stoner Chair di Global Leadership Kualitas. Dirinya sangat berjasa besar dalam mengumpulkan banyak kemenangan akademik. Dia juga mendapatkan kutipan dari Akademi Manajemen untuk kertas terbaik dalam manajemen pendidikan. Beliau meraih PhD dan MS dari Massachusetts Institute of Technology dan BS dari Antioch College.



James. A. F. Stoner adalah seorang yang diangkat menjadi menjadi honorario Profesor oleh Universitas Catolica Santo Domingo, seorang Profesor distinque oleh Asosiaciَn Dominica de Profesionales en Administraciَn, dan kehormatan profesor di Universidad de Ricardo Palma di Lima, Peru. Di Fordham dirinya adalah penerima masa lalu dari Gladys dan Henry Crown Award untuk Fakultas Excellence di tingkat pascasarjana.

Pengertian Ilmu Manajemen Menurut Stoner dan Fungsinya (Foto: Artikelsiana.com)
Pengertian Ilmu Manajemen Menurut Stoner dan Fungsinya (Foto: Artikelsiana.com)

Pengertian Manajemen Menurut James. A.F. Stoner

Menurut James. A.F. Stoner bahwa yang dimaksud dengan pengertian Manajemen adalah proses perencanaan, pengorganisasian, pengarahan serta pengawasan usaha-usaha para anggota organisasi dan penggunaan sumberdaya-sumberdaya organisasi lainnya agar mencapai tujuan organisasi yang telah ditetapkan.

Fungsi Manajemen Adalah

Selain dari pengertian diatas menurut James A.F Stoner, juga terdapat fungsi-fungsi manajemen yang disampaikan oleh James A.F Stoner. James A.Stoner menyampaikan terdapat 4 fungs manajemen yaitu planning, Organizing, Leading, dan Controlling yang disebut POLC. Adapun fungsi manajemen tersebut adalah:

  1. Planning (perencanaan) adalah proses pemilihan informasi dan pembuatan asumsi-asumsi keadaan dimasa yang akan datang untuk merumuskan kegiatan-kegiatan dilakukan dalam rangka pencapaian tujuan yang telah ditetapkan sebelumnya.
  2. Organizing (pengorganisasian) adalah kegiatan dasar manajemen untuk dan mengatur seluruh sumber-sumber yang dibutuhkan termasuk unsur manusia, sehingga bisa selesai dengan sukses. Tujuan dari pengorganisasian ialah untuk membimbing manusia-manusia bekerjasama secara efektif. Dengan memandang organizing sebagai suatu proses, kita dapat melihat dengan jelas bahwa beberapa hal-hal mendasar harus dipertimbangkan.
  3. Leading (kemampuan untuk mempengaruhi orang lain) adalah kemampuan untuk menarik/merangkul orang lain untuk bekerja sama mewujudkan tujuan organisasi. Orang lain akan bersedia melaksanakan tugasnya masing-masing sesuai pembagian tugas yang telah disepakati bersama yang tujuannya hanya satu, yakni mewujudkan tujuan organisasi.
  4. Controlling (pengawasan) adalah kegiatan untuk menjamin/menjaga sehingga rencana dapat diwujudkan dengan efektif. Organisasi memiliki rencana untuk mencapai tujuan yang telah ditetapkan. Untuk menjaganya, maka dibutuhkan pengawasan sehingga seluruh jajaran berjalan di atas rel yang benar.

Demikianlah informasi mengenai topik yang berjudul Pengertian Ilmu Manajemen Menurut Stoner dan Fungsinya. Semoga informasi ini dapat bermanfaat bagi kita semua. Sekian dan terima kasih. Salam berbagi teman-teman.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *