Pengertian Hubungan Luar Negeri & Tujuannya Adalah


Hubungan Luar Negeri – Saat Indonesia ini mencium kemerdekaan yang diraih atas usahanya sendiri, saat itu pulalah Indonesia menjalin hubungan luar negeri. Selain untuk membantu dalam mensahkan kemerdekaan Indonesia yang membutuhkan dukungan dari negara lain,

Juga hubungan luar negeri atau hubungan internasional yang dijalin Indonesia karena berpatokan dengan konsep kebijakan luar negeri yakni “bebas dan aktif”. Melalui konsep ini dimana Indonesia mengambil peran dalam berbagai masalah regional berdasarkan ukuran dan lokasinya, akan tetapi juga berusaha dalam menghindari keterlibatan dalam konflik di antara kekuatan-kekuatan besar dunia.

Walaupun demikian tidak menutup Indonesia tidak pernah pro dan kontra terhadap negara dan kebijakan dari negara lain, seperti pada masa Soekarno yang sangat anti barat dan anti amerika yang menjadi ciri pemerintahannya. Namun setelah dilanjutkan masa orde baru, pemerintahan Indonesia menjadi lebih moderat dan independen.

Bahkan saat punya masalah dengan Timor Leste dimana Indonesia melakukan invasi ke sana pada Desember 1975, aneksasinya tahun 1976, serta referendum kemerdekaan Timor Leste pada Agustus 1999 membuat Indonesia masih tetap aman dan dapat menjalin hubungan luar negeri atau hubungan internasional dengan negara lain.



Dalam melakukan kerja-kerja politik Internasional, strategi yang dipakai bangsa ini dengan melakukan konsep lingkaran konsentris politik luar negeri. Maksud dari strategi ini adalah dengan melakukan pembagian regional hubungan luar negeri yang bisa dikatakan dapat menjadi acuan negara ini untuk melakukan hubungan internasional.



Lebih dalam mengenai konsep ini yang apabila didefinisikan seperti 2 lingkaran atau lebih dengan pusat yang sama. Apa maksud dari hal ini dimana Indonesia bisa melakukan hubungan luar negeri kepada 2 negara atau lebih untuk dapat mewujudkan kepentingan nasional bangsa Indonesia.



Dalam menjalankan konsep lingkaran konsentris ini, merupakan strategi Indonesia untuk dapat mewujudkan kepentingan nasional melalui menjalin kerjasama dengan negara yang ada di dunia selain karena dasar ideologi, ekonomi, politik dan keamanan.

Misalnya saja dalam konsep ideologi, Indonesia bisa menjalin hubungan luar negeri dengan antar negara Asia-Afrika. Mengapa demikian, karena diketahui kebanyakan dari negeri ini anti kolonialisme dan menjunjung tinggi perdamaian dunia.

Selain itu, bukti bahwa negara kita tidak main-main dalam melakukan hubungan internasional atau hubungan luar negeri saat menjadi negara yang melopori KAA (Konferensi Asia Afrika). Setelah melakukan agenda besar itu, indonesia dengan geografis wilayahnya masuk dan melakukan kerja sama negara Asia Tenggara dan membentuk organisasi yaitu ASEAN.

Dan yang terakhir adalah, dasar keamanan dan ekonomi dimana Indonesia menjalin hubungan luar negeri dengan China dan Amerika Serikat sebab bisa diandalkan dan memberikan keuntungan serta membuat Indonesia menjadi bangsa yang kuat dan dapat bersaing dengan negara lain.

Pengertian Hubungan Luar Negeri & Tujuannya Adalah

Pengertian Hubungan Luar Negeri & Tujuannya Adalah

Pengertian Hubungan Luar Negeri dan Tujuannya

Namun pada kali ini penulis tidak akan membahas mengenai dinamika perpolitik hubungan luar negeri Indonesia melainkan lebih kepada hal yang mendasar yakni mengenai apa yang dimaksud dengan arti hubungan luar negeri dan tujuan indonesia untuk melakukan hubungan luar negeri yang penjelasannya dapat dilihat dibawah ini

Apa itu Hubungan Luar Negeri ?

Secara umum yang dimaksud dengan Hubungan Luar Negeri adalah hubungan internasional. Bila demikian, apasih itu hubungan internasional. Yang dimaksud dengan hubungan internasional adalah sebagai suatu bentuk interaksi di antara dua atau lebih Negara yang merdeka dan berdaulat dengan tujuan tertentu yang mencakup berbagai aspek seperti politik, sosial budaya, ekonomi dan lain sebagainya.

Pengertian hubungan internasional juga terdapat dalam pasal 1 ayat (1) UU Nomor 37 tahun 1999 tentang Hubungan Luar Negeri bahwa hubungan internasional (hubungan luar negeri) adalah kegiatan regional atau pun internasional yang dilakukan pemerintah pada tingkat pusat dan daerah atau pun lembaga lembaga Negara, badan usaha, lembaga swadaya, organisasi masyarakat atau pun warga negara indonesia.

Tujuan Hubungan Luar Negeri Adalah?

Pada dasarnya kerja sama atau hubungan internasional yang terjadi atas dasar kebutuhan serupa dengan mengapa manusia bersosial. Hal ini tidak menutup juga dilakukan oleh setiap negara. Berdasarkan akan hal itu, maka pertanyaan kemudian apasih tujuan indonesia menjalin hubungan luar negeri. Menjawab hal ini sangatlah sederhana antara lain

  1. Memposisikan bangsa secara strategis ditengah pergaulan dengan bangsa lain.
  2. Menjamin kelangsungan hidup bangsa ditengah kehadiran bangsa-bangsa lain.
  3. Membangun solidaritas dan sikap menghargai antarbangsa.
  4. Memberi peluang untuk berpartisipasi dalam rangka mewujudkan dan menjaga perdamaian dunia.
  5. Membuka peluang untuk membantu bangsa-bangsa lain yang tertindas.
  6. Membuka hubungan dengan bangsa-bangsa lain yang mau membantu ketika negara kita ditindas.
  7. Menyelesaikan konflik antarnegara.

Demikianlah informasi mengenai Pengertian Hubungan Luar Negeri dan Tujuanya. Semoga informasi ini dapat bermanfaat bagi kita semua. Sekian dan terima kasih. Salam berbagi teman-teman.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *