Pengertian Garis Vertikal dan Garis Horizontal Serta Contohnya


Berbicara soal matematika, pasti setiap saat akan menemui dan menemukan mengenai garis. Dimana-mana dalam menyelesaikan soal yang terdapat dalam matematika pasti selalu saja membuat garis.

Tidak hanya dalam matematika, dalam kehidupan sehari-hari juga banyak benda-benda yang terlihat seperti garis seperti barisan tanaman yang ada dalam kebun yang membentuk garis sejajar, begitupula dengan barisan upacara dan juga lintasan kereta api seperti garis perpotongan.

Apalagi kedua garis yang terkenal yakni vertikal dan horizontal. Hal itu karena garis ini merupakan garis koordinat yang menjadi inti dari dasar materi geometri dasar dalam pelajaran matematika.

Tapi sebelum menjelaskan mengenai seperti apa yang dimaksud dengan pengertian garis vertikal dan apa yang dimaksud dengan pengertian garis horizontal, tahukah anda apasih itu garis?.



Apa itu Garis Dalam Matematika?

Secara umum, yang dimaksud dengan garis adalah kumpulan titik-titik yang beraturan dan berkesinambungan serta memanjang ke dua arah. Model ataupun representasi suatu garis misalnya seperti seutas benang atau juga tali lurus yang bisa diperpanjang pada kedua arah yang berlawanan hingga jauh tak terhingga.



Garis hanya memiliki satu dimensi yakni panjang. Walaupun demikian, dalam garis yang sesederhana itu ternyata mempunyai beberapa istilah seperti sinar, segmen garis, garis vertikal, dan garis horizontal.



Arti dari sinar yaitu garis yang berpangkal di suatu titik dan ujung lainnya dapat diperpanjang ke suatu arah tak hingga. Sedangkan yang dimaksud dengan segmen garis atau ruas garis merupakan bagian dari garis yang dibatasi oleh dua titik akhir. Lalu untuk pengertian horizontal dan vertikal penjelasannya bisa dilihat dibawah ini:

Pengertian Garis Horizontal Adalah?

Secara umum, yang dimaksud dengan Garis horizontal adalah garis dengan posisi mendatar terhadap permukaan bumi. Garis horizontal pada koordinat kartesius digambarkan dengan garis yang sejajar atau berimpit dengan sumbu x (absis).

Pengertian Garis Vertikal Adalah?

Sedangkan yang dimaksud dengan Garis vertikal adalah garis dengan posisi tegak lurus terhadap permukaan bumi. Garis vertikal pada koordinat kartesius digambarkan dengan garis yang sejajar atau berimpit dengan sumbu y (ordinat).

Demikianlah informasi mengenai topik yang berjudul Pengertian Garis Vertikal dan Garis Horizontal Serta Contohnya. Semoga informasi ini dapat bermanfaat bagi kita semua. Sekian dan terima kasih. Salam berbagi teman-teman.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *