Apa Pengertian Fotosintesis? Ini Arti & Prosesnya


Pengertian Fotosintesis Adalah – Fotosintesis kebanyakan hanya diidentikkan dengan proses memasak pada tumbuhan. Memang fungsi dan juga proses fotosintetis adalah agar tumbuhan mempunyai energi dan cadangan makanan. Akan tetapi, peran dari fotosintesis tidak hanya digunakan untuk lingkungan sekitar saja, melainkan terdapat berbagai hal seperti oksigen.

Melalui proses fotosintesis, tumbuhan tidak hanya menghasilkan energi saja. Melainkan dengan adanya tumbuhan yang berfotosintesis secara baik membuatnya akan menghasilkan oksigen. Tentu, fungsi oksigen ini sudah diketahui yakni bagi seluruh makhluk hidup membutuhkan oksigen untuk bisa bernapas. Itulah mengapa sosialisasi untuk menjaga lingkungan dan merawat pohon sangat gencar dilakukan. Apabila tumbuhan dan pohon banyak ditebang, maka sudah barang tentu bahwa proses fotosintesis akan kurang didaerah itu, maka oksigen pun yang dihasilkan juga kurang.

Melalui hasil fotosisntesis, maka tumbuhan dapat berkembang dan menghasilkan buah-buahan. Dimana buah-buahan ini juga bermanfaat bagi manusia dan hewan yang ada di muka bumi ini. Dalam sejarahnya, penelitian tentang fotosintesis diawali sejak Joseph Priestley (1972) mengemukakan gas keluar dari tumbuhan sehingga lilin dapat menyala walaupun dalam tabung gelas yang tertutup.

Berlanjut terus Jan Ingenhousz (1779), Jean Senebier, Nicholas de Saussure (1804), Sachs (1860) dan Van Niel serta yang paling berhasil adalah Ruben dan Kamen (1941) yang berhasil membuktikan bahwa “gas” yang dilepaskan itu adalah O2 yang bertanda. Melihat dari sejarah tersebut, terlihat jelas bahwa terdapat proses panjang menemukan fotosintesis. Itulah mengapa mempelajari tentang fotosintesis sangatlah penting. Sehubungan akan hal itu, penulis akan memaparkan mengenai pengertian fotosintesis dan penjelasannya dibawah ini?



Pengertian Fotosintesis Adalah?

Secara etimologi yang dimaksud dengan fotosintesis terdiri dari 2 kata yaitu foto yang berarti “cahaya” dan synthesis yang berarti “penggabungan”. Dengan kata lain secara umum, yang dimaksud dengan Pengertian Fotosintesis adalah suatu proses biokimia pembentukan zat makanan seperti karbohidrat yang dilakukan oleh tumbuhan, terutama tumbuhan yang mengandung zat hijau daun atau klorofil.



Menurut pengertian dari apa yang disampaikan oleh Encyclopaedia Britannica (2015) bahwa yang dimaksud dengan fotosintesis merupakan proses dimana tanaman hijau dan organisme tertentu lainnya mengubah energi cahaya menjadi energi kimia.



Namun ternyata tidak melulu untuk mempunyai berklorofil, seperti makluk hidup alga dan bakteri yang ternyata juga berfotsintesis. Namun tetap saja, dalam proses fotosintesis terdapat faktor-faktor yang berpengaruh didalamnya seperti menggunakan zat hara, karbon dioksida, dan air serta bantuan energi cahaya matahari.

Proses Fotosintesis Adalah?

Proses Fotosintesis pada tumbuhan berlangsung di daun karena daun merupakan bagian tumbuhan yang mengandung klorofil (zat hijau daun). Adapun bagian-bagian tumbuhan yang tidak berklorofil tidak dapat melakukan fotosintesis.

Bagian yang tidak berklorofil hanya mampu mendapatkan zat makanan dari daun melalui pembuluh floem. Zat makanan itu dialirkan itu ke seluruh tubuh dalam bentuk zat gula dan disimpan sebagai cadangan makanan dalam bentuk zat tepung.

Faktor-Faktor Fotosintesis Adalah?

Cepat atau lambatnya fotosintesis dipengaruhi dari faktor-faktor yang telah dijelaskan diatas. Namun secara lebih terperinci dapat dilihat dibawah ini point-point tentang faktor-faktor yang memengaruhi fotosintesis antara lain:

Faktor dari dalam tubuh tumbuhan:

  1. Kadar fotosintat (hasil fotosintesis)
  2. Umur daun dan kandungan klorofil
  3. Tahap pertumbuhan dan perkembangan
  4. Faktor genetik

Faktor lingkungan:

  1. Intensitas cahaya
  2. Konsentrasi karbondioksida
  3. Kadar air dan mineral Suhu

Demikianlah informasi mengenai topik yang berjudul Apa Pengertian Fotosintesis? Ini Arti & Prosesnya. Semoga informasi ini dapat bermanfaat bagi kita semua. Sekian dan terima kasih. Salam berbagi teman-teman.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *