Pengertian Floppy Disk, Fungsi, Cara Kerja Floppy Disk & Sejarahnya


Floppy Disk merupakan perangkat penyimpanan komputer portable yang besar dengan ere keemasan pada tahun 1990-an. Pada tahun 1990-an hingga 2002 terdapat orang yang memakai penyimpanan ini.

Sebagai media penyimpanan data dan menjalankan sistem operasi dan aplikasi. Namun dengan perkembangan zaman Floppy Disk telah bergeser dan berkembang pesat ke teknologi yang lebih maju.

Pengertian Floppy Disk

Secara umum, pengertian Floppy Disk adalah perangkat keras atau hardware pada komputer yang berfungsi sebagai alat pembaca dan penyimpan data dari disket.

Umumnya, Hardware Floppy Disk dipakai untuk menulis dan menyimpan data serta menjalankan sistem operasi dan aplikasi. Terdapat banyak jenis-jenis dari Floppy Disk bergantung dari besaran penyimpanan dan ukurannya.



Diketahui ada yang berukuran 5.1/4 inci (ukuran besar) dengan kapasitas penyimpanan 360-720 kb dan ada juga yang berukuran 3.1/5 inci (ukuran kecil) dengan besaran penyimpanan floppy disk 1,4 Mb.



Fungsi Floppy Disk

Diketahui fungsi utama dari Floppy Disk adalah menyimpan data dengan memory terbatas yang cuma mencapai 1.44 Mb saja.



Data yang di simpan juga dapat di akses ke komputer lain bertujuan untuk mengangut data di dalam Floppy Disk untuk kemudian dapat di akses isinya.

Cara Kerja Floppy Disk

Cara kerja dengan memakai floppy disk dalam menyimpan data sangat mudah, hanya dengan memasukkan ke slot atau drive gate atau drive doo pada bagian depan floppy drive.

Diketahui arti dari Floppy Driver sendiri memiliki fungsi untuk menahan, memutar, membaca dan menulis data ke disket.

Floppy Drive inilah tempat dimana disket ditempatkan di atas kumparan mekanisme drive. Head baca atau tulis dipakai untuk mentransfer data antara komputer dengan disket.

Saat disket berputar di dalam plastik pembungkus, head baca atau tulis bergerak maju dan mundur melalui area akses data di disket.

Saat disket tidak berada di drive, penutupnya yang terbuat dari logam atau plastik berfungsi untuk menutup area akses data tersebut. Lampu akses akan menyala saat disket sedang bekerja.

Ketika pemakaian telah selasai dilakukan, disket dapat diambil kembali dengan cara menekan tombol yang tertera di CPU atau tepat berada di samping drive.

Untuk menarik atau mengambil disket sebaiknya dilakukan saat lampu drive sudah dalam keadaan mati atau pada saat file dari disket tidak dibuka sebab berdampak pada daya tahan disket yang menyebabkan cepat rusak. Simpan dan tutup file sebelum menarik disket dari drive.

Pengertian Floppy Disk, Fungsi, Cara Kerja Floppy Disk & Sejarahnya (Foto: Artikelsiana.com)
Pengertian Floppy Disk, Fungsi, Cara Kerja Floppy Disk & Sejarahnya (Foto: Artikelsiana.com)

Sejarah Floppy Disk

Floppy Disk pertama di ciptakan oleh IBM pada tahhun 1967 dan berukuran 8 inch. Kemudian di kembangkan menjadi 5.25 inch.

Sebab dengan sifat kemasan yang mudah digunakan atau fleksibel maka hadrware ini diberi nama dnegan disket.

Tidak sampai pertengahan era tahun 1980-an Floppy Disk berkembang lagi menjadi 3.5 inch yang kemudian mengontrol pasar sepanjang era 90-an.

Pada tahun 1971 IBM memperkenalkan ” memory disk ” pertama, yang kemudian terkenal dengan floppy disk atau disket.

Floppy pertama merupakan disk plastik yang di lapisi besi magnetik oksida; data di tulis dan di baca dari permukaan disk. Nama “floppy” di ambil karena sifatnya yang fleksibel.

Demikianlah informasi mengenai Pengertian Floppy Disk, Fungsi, Cara Kerja Floppy Disk & Sejarahnya. Semoga informasi ini dapat bermanfaat bagi kita semua. Sekian dan terima kasih. Salam berbagi teman-teman.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *