Pengertian Flakes & Fungsi Flakes (Alat Serpih) Sebagai Hasil Peninggalan Prasejarah


Flakes (Alat Serpih) – Peninggalan sejarah adalah hasil kebudayaan berupa benda atau alat pada masa yang telah lampau yang bisa terdiri dari peralatan, perhiasan, dll. Salah satu zaman yang banyak memiliki hasil kebudayaan ialah pada zaman kepala batu.

Pada zaman ini terdapat masa Paleolitikum (Zaman Batu Tua) yang kebanyakan alat-alat batu itu masih kasar, tanpa diasah dan hiasan yang apabila ditinjau dari masa pencahariannya, alat ini dipakai untuk masa berburu dan meramu makanan secara sederhana.

Penemuan alat-alat batu ini bisa ditemukan di Indonesia seperti di Jawa ada kapak perimbas, di Sumatera ada Lahat, di Sulsel ada Cabenge, di Lambung ada Kalianda, di Timor Kupang ada Kafanmanu, di Kalsel ada Awang Bangka, di Flores ada Wangka Maumere, dan di Bali ada Sembiran Trunyan serta masih banyak lagi.

Walaupun demikian, masih sedikit bukti peninggalan yang bisa ditemukan. Padahal, melalui hasil peninggalan alat-alat itu, maka dapat dengan mudah untuk meneliti pembagian zaman.

Selain itu, kebanyakan peninggalan tersebut sulit untuk diketahui karena strukturnya yang mudah hancur apalagi yang terbuat dari batu dan logam.

Akan tetapi, melalui hasil peninggalan benda-benda kebudayaan zaman prasejarah tidak sedikit menyumbangkan khasanah pengetahuan dengan ditemukannya peninggalan yang populernya disebut sebagai artefak dari kebudayaan batu yang diketahui terbagi atas palaeolithikum, mesolithikum, neolithikum, dan megalithikum.

Salah satu peninggalan yang terkenal dalam masa kebudayaan batu adalah flakes atau alat serpih yang merupakan zaman palaeolithikum. Adapun penjelasan apa yang dimaksud dengan flakes dan fungsi dari flakes sebagai hasil peninggalan kebudayaan palaeothikum adalah:

Alat Serpih dan Flakes
Alat Serpih dan Flakes

Apa itu Flakes Adalah?

Yang dimaksud dengan Flakes atau Alat Serpih adalah alat yang terbuat dari batu Chalcedon yang berbentuk kecil. Sebagai hasil peninggalan kebudayaan Palaeolithikum pada zaman batu, Flakes atau alat serpih telah menjadi artefak yang langka pada zaman prasejarah.

Dimana diketahui bahwa kebanyakan Artefak dari zaman prasejarah berbahan dasar dari batu (Zaman batu atau teknologi zaman batu) tanah liat dan perunggu, melalui ini flakes atau alat serpih adalah salah satu hasil peninggalan manusia purba saat itu.

Sebagai hasil peninggalan manusia purba yang mata pencahariannya dengan berburu, maka flakes atau alat serpih fungsinya adalah untuk mengupas makanan.

Diketahui flakes atau alat serpih ini telah menjadi tradisi sebagaimana dibuktikan dari kehidupan gowa di Sulawesi Tenggara dan pulau-pulau yang terdapat di Nusa Tenggara Timur.

Fungsi Flakes Adalah?

Berdasarkan dari bentuk dan mata pencaharian manusia purba pada zaman itu, fungsi dan kegunaan flakes atau alat serpih dipakai sebagai pisau, alat serut, penghalus, gurdi, penyayat, pemotong, pengikis, pengeruk, pengerik, penggores dan sebagainya.

Demikianlah informasi mengenai Pengertian Flakes & Fungsi Flakes (Alat Serpih) Sebagai Hasil Peninggalan Prasejarah. Semoga informasi ini dapat bermanfaat bagi kita semua. Sekian dan terima kasih. Salam berbagi teman-teman.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *