Pengertian Difusi dan Osmosis Serta Perbedaan Keduanya

Pengertian Difusi dan Osmosis Serta Perbedaan Keduanya  РMembahas tentang dunia ini tidak bisa dilepaskan dengan pengetahuan tentang biologi. Hal itu karena di dalam biologi, membahas berbagai hal yang menyangkut tentang bagaimana sesuatu itu dapat hidup.

Tentu jawaban yang paling sederhana adalah karena mereka mengkonsumsi sesuatu sehingga dapat hidup. Walaupun benar, namun tidaklah sesederhana itu, Hal itu karena dibutuhkan transportasi atau jalur yang menghantarkan seluruh makanan ke berbagai bagian-bagian tubuh. Seperti pada sisten transport hewan ini menggunakan sistem sirkulasi yang dimana aliran materi terjadi karena terdapat daya dorong dari organ yang memompa.

Sedangkan untuk tumbuhan sendiri, sistem transportnya adalah sistem vaskuler yang dimana sistem ini berlangsung mengikuti atau melawan padatan konsentrasi. Zat yang ditransport tersebut berasal dari lingkungan. Untuk tumbuhan sendiri membutuhkan O2 dan CO2. Pengambilan zat tersebut dilakukan pada permukaan tumbuhan dengan menggunakan kemampuan yang dikenal difusi, osmosis dan transpor aktif.

Ketiga hal inilah yang menjadi cara bagi tumbuhan dalam mengambil zat-zat yang ada di lingkungannya. Hal itu juga yang menjadi pembahasan pada kali ini, berkenaan dengan apa pengertian osmosis dan pengertian difusi serta perbedaan dari keduanya. Adapun penjelasan sebagaimana topik pada kali ini adalah:

Pengertian Difusi dan Osmosis Serta Perbedaan Keduanya (Foto: Artikelsiana.com)
Pengertian Difusi dan Osmosis Serta Perbedaan Keduanya (Foto: Artikelsiana.com)

Daftar Isi

Pengertian Difusi Adalah

Secara umum yang dimaksud dengan pengertian difusi adalah proses bergeraknya molekul dari daerah dengan konsentrasi lebih tinggi ke daerah lebih rendah yang terjadi secara spontan. Proses kerja difusi melalui perpindahan energi kinetik dari molekul yang saling bertabrakan satu sama lain, karena pergerakannya yang secara ajak.

Melalui energi kinetik inilah sehingga terjadi gerakan konstan antar molekul-molekul sampai tercapainya keseimbangan. Contoh memahami secara mudah seperti apakah yang dimaksud dengan difusi misalnya saja Parfum.

Contoh Difusi

Parfum saat disemprotkan ke ruangan, secara perlahan akan memenuhi seluruh ruangan. Hal itu terjadi karena molekul gas parfum terdifusi dan menyebar ke seluruh ruangan.

Pengertian Osmosis Adalah

Secara umum, yang dimaksud dengan Pengertian Osmosis adalah perpindahan molekul pelarut/air dari wilayah berkonsentrasi rendah ke yang lebih tinggi dengan membran semi-permeable sampai kondisi kesetimbangan telah tercapai. Untuk larutan yang mempunyai konsentrasi molekul terlarut lebih tinggi dikenal hipertonik sedangkan yang lebih rendah disebut hipotonik serta yang konsentrasi molekul sama dikenal isotonik.

Dari penjelasan diatas, perlu diketahui bersama bahwa osmosis terjadi pada saat molekul pelarut berpindah dari larutan hipotonik ke larutan hipertonik. Dalam osmosis ada yang dikenal tekanan osmotik dan gradien osmotik.

Arti tekanan osmotik adalah tekanan yang dibutuhkan untuk suatu larutan agar mencegah masuknya air melalui membran semi-permeable. Sedangkan gradien osmotik adalah perbedaan konsentrasi antar dua larutan yang terpisah oleh membran semi-permeable.

Contoh Osmosis

Contoh sederhana dalam memahmi Osmosis adalah saat buah anggur direndam ke dalam air, maka air akan masuk ke anggur tersebut melewati membran sel semi permeable sehingga anggur menjadi menggembung.

Perbedaan Difusi dan Osmosis

Adapun perbedaan difusi dan osmosis adalah

  1. Osmosis melalui membran semi permeable, difusi tidak butuh membran.
  2. Osmosis yang berpindah adalah molekul pelarut, sedangkan difusi adalah molekul terlarut.
  3. Dalam proses, difusi bergeraknya molekul terlarut dari konsentrasi tinggi ke rendah, sedangkan osmosis adalah bergeraknya molekul pelarut dari rendah ke tinggi.
  4. Umumnya difusi terjadi pada molekul gas, walau bisa juga pada molekul padat-cair atau cair-gas.
  5. Osmosis hanya terjadi diantara dua larutan yang relatif lambat.
  6. Difusi dapat menyebar dengan jauh, osmosis terbatas hanya yang lebih dekat.

Persamaan Difusi dan Osmosis

Adapun persamaan antara difusi dan osmosis adalah

  1. Keduanya termasuk transpor pasif sehingga tidak membutuhkan energi eksternal agar kedua proses ini dapat terjadi.
  2. Keduanya dapat terjadi karena adanya perbedaan konsentrasi.

Demikianlah informasi mengenai topik yang berjudul Pengertian Difusi dan Osmosis Serta Perbedaan Keduanya. Semoga informasi ini dapat bermanfaat bagi kita semua. Sekian dan terima kasih. Salam berbagi teman-teman.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *