Apa Yang Dimaksud Dengan Pengertian Desain Grafis? Ini Arti & Penjelasannya


Pengertian Desain Grafis Adalah – Awal mula dari adanya desain grafis sebenarnya berasal dari adanya kegiatan seni rupa murni, khususnya mengenai seni cetak (grafis) yang pada saat itu, mereka sudah memakai teknik cetak batuk atau lithogfrafi.

Seiring berkembangnya peradaban manusia saat ditemukannya tentang tulisan dan mesin cetak, desain grafis terus berkembang pesat. Karena berasal dari tulisan atau huruf, itu terjadi pada gaya huruf latin mulai diterapkan saat awal kejayaan kerajaan Romawi.

Kejayaan kerajaan Romawi di abad pertama yang berhasil menaklukkan Yunani, membawa peradaban baru dalam sejarah Barat dengan diadaptasikannya kesusasteraan, kesenian, agama, serta alfabet Latin yang dibawa dari Yunani.

Namun untuk di Indonesia sendiri, konsep tentang desain grafis baru ada sejak abad ke-17 yang ada pada pemerintah Hindia Belanda memakai mesin.



Namun perlu diketahui bersama bahwa istilah desain grafis baru terkenal pada 1970-an saat terdapat 2 sekolah seni rupa tertua yang ada di Indonesia seperti ITB dan STSRI Asri membuat kebijakan dengan memisahkan jurusan desain grafis (graphic design) dari seni grafis (graphic art).



Sampai pada perkembangan selanjutnya, desain grafis terus mengalami kemajuan yang begitu pesat mulai dari keindahan, kreativitas dan dari hal teknologinya. Sebagaimana diketahui bahwa desain grafis terdiri atas desain grafis yang menggunakan alat tradisional dan alat modern.



Pada saat ini, desain grafis banyak berkembang terutama pada desain grafis modern dengan terdapat berbagai aplikasi atau media dalam mendesain tata letak, vektor, gambar bitmap, aplikasi film, dan pengolah multimedia.

Diantara berbagai pilihan tersebut terdapat sofware unggulan yang banyak dipakai oleh para ahli desain grafis seperti adobe photoshop, adobe primere, adobe ilustratorm, after effect dan corel draw.

Proses desain pada umumnya pemperhitungkan aspek fungsi, estetik dan berbagai macam aspek lainnya, yang biasanya datanya didapatkan dari riset, pemikiran, brainstorming, maupun dari desain yang sudah ada sebelumnya.

Seni desain grafis mencakup kemampuan kognitif seperti kinerja, motivasi, komitmen kerja dan keterampilan visual yang didalamnya terdapat fotografi, pengolahan gambar, tipografi, ilustrasi, dan tata letak.

Secara garis besar, desain grafis dibedakan menjadi beberapa Printing (Percetakan) yang memuat booklet, pamflet, periklanan, desain buku, leaflet, flyer, majalah, poster, dan publikasi lain yang sejenis dan Web Desain yang membuat desain untuk halaman web. Selain itu ada juga desain grafis yang memuat mengenai CD, DVD, CD multimedia untuk promosi.

Apa Yang Dimaksud Dengan Pengertian Desain Grafis? Ini Arti & Penjelasannya (Foto: Artikelsiana.com)
Apa Yang Dimaksud Dengan Pengertian Desain Grafis? Ini Arti & Penjelasannya (Foto: Artikelsiana.com)

 

Ada juga desain grafis yang lebih kepada identifikasi (Logo), EGD (Environmental Graphic Design) yang didalamnya mencakup mengenai desain grafis, desain arsitek, desain industri, dan arsitek taman. Dari berbagai jenis-jenis karya yang dibuat oleh desain grafis yang membuat setiap orang punya pilihan terkait apa yang menjadi kesukaannya.

Tapi sekalipun ada banyak, namun tidak memegang prinsip desain grafis yaitu prinsip kesimbangan, irama, proporsi, dan kesatuan. Berdasarkan dari penjelasan diatas, dapatkah anda menyimpulkan mengenai apa yang dimaksud dengan desain grafis itu?  Apabila kesulitan, penulis memberikan pertimbangan mengenai definisi atau pengertian desain grafis seperti yang ada dibawah ini:

Pengertian Desain Grafis Adalah?

Desain Grafis adalah gabungan dari kedua kata yaitu Desain dan Grafis. Arti Desain berarti proses atau perbuatan dengan mengatur segala sesuatu sebelum bertindak atau merancang. Sedangkan arti Grafis adalah Grafis adalah titik atau garis yang berhubungan dengan cetak mencetak.

Selain itu, kata Grafis berasal dari bahasa Yunani yakni “Graphein” yang artinya menulis atau menggambar. Sedangkan yang dimaksud dengan Pengertian Desain Grafis Secara Umum adalah kombinasi kompleks antara kata-kata, gambar, angka, grafik, foto dan ilustrasi yang membutuhkan pemikiran khusus dari seorang individu yang bisa menggabungkan elemen-elemen ini, sehingga mereka dapat menghasilkan sesuatu yang khusus atau sangat berguna dalam bidang gambar.

Apa Yang Dimaksud Dengan Pengertian Desain Grafis? Ini Arti & Penjelasannya (Foto: Artikelsiana.com)
Apa Yang Dimaksud Dengan Pengertian Desain Grafis? Ini Arti & Penjelasannya (Foto: Artikelsiana.com)

Keindahan adalah hal yang dekat dengan desain grafis, dan perlu diketahui bahwa keindahan merupakan kebutuhan setiap orang dimana nilainya bersifat subjektif.

Maka dari itu, kualitas rasa seni seseorang pasti berbeda juga. Dalam menghasilkan karya visual desain grafis yang menarik dan bernilai seni, pemahaman terhadap elemen-elemen atau unsur-unsur dasar desain grafis adalah wajib.

1. Pengertian Desain Grafis Menurut Suyanto

Yang dimaksud dengan Desain Grafis menurut Suyanto adalah aplikasi dari keterampilan seni dan komunikasi untuk kebutuhan bisnis dan industri. Aplikasi-aplikasi ini dapat meliputi periklanan danpenjualan produk, menciptakan identitas visual untuk institusi, produk dan perusahaan, dan lingkungan grafis; desain informasi; dan secara visual menyempurnakan pesan dalam publikasi.

2. Pengertian Desain Grafis Menurut Blanchard

Sedangkan menurut pendapat dari Blanchard bahwa arti dari desain grafis adalah seni komunikatif yang berhubungan dengan industri, seni dan proses dalam menghasilkan gambaran visual pada segala permukaan. Demikian halnya senada dengan definisi yang dipaparkan.

3. Pengertian Desain Grafis Menurut Jessica Helfand

Dan yang terakhir menurut Jessica bahwa yang dimaksud dengan pengertian desain grafis adalah kombinasi kompleks kata-kata dan gambar, angka-angka dan grafik, fotofoto dan ilustrasi yang membutuhkan pemikiran khusus dari seorang individu yang bisa menggabungkan elemen-elemen ini, sehingga mereka dapat menghasilkan sesuatu yang khusus, sangat berguna, mengejutkan atau subversif atau sesuatu yang mudah diingat.

Demikianlah informasi mengenai topik yang berjudul Apa Yang Dimaksud Dengan Pengertian Desain Grafis? Ini Arti & Penjelasannya. Semoga informasi ini dapat bermanfaat bagi kita semua. Sekian dan terima kasih. Salam berbagi teman-teman.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *