Apa Pengertian Definisi itu? Ini Arti & Aturan Membuat Definisi

Pengertian Definisi Adalah – Tentu tidak sedikit orang yang mencari-cari tentang pengertian akan sesuatu hal, baik itu tentang makhluk hidup ataupun benda mati. Namun pernahkah anda mencari tentang apa pengertian dari definisi itu?. Tentu beberapa kalangan, apabila diperhadapkan akan pertanyaan demikian akan berhenti sejenak untuk berpikir mencari-cari jawaban yang tepat atau mencari-cari asalan tentang seperti apakah itu pengertian dari definisi itu sendiri.

Sebab mengetahui pengertian dari definisi sangatlah penting, karena pengertian-pengertian yang ditemukan dari berbagai buku, jurnal, makalah, artikel dan dari internet itu berasal dari pengertian definisi itu sendiri. Pembahasan ini yakni pengertian definisi bisa dikatakan sebagai teori atau konsep dalam memberikan pengertian tentang suatu hal.

Tentu saja, karena banyak pengertian-pengertian yang kita temukan itu melalui teori, syarat atau aturan dalam mendefinisikan sesuatu itu. Maka dari itu, untuk menjawab keluh kesah dari para pembaca tentang apasih yang dimaksud dengan pengertian definisi itu? Untuk informasi demikian akan dimuat dalam judul Apa Pengertian Definisi itu? Ini Arti & Aturan Membuat Definisi  yang informasinya dapat dilihat dibawah ini:

Pengertian Definisi: Apa itu?

Secara etimologi, arti kata definisi berasal dari bahasa latin yakni ‘definitio’. Arti kata ini adalah ‘pembatasan’. Definisi sangatlah penting dalam kehidupan sehari-hari, sebab dengan definisi maka setiap orang dapat menentukan pengertian yang tepat, jelas dan singkat. Sehingga saat memberikan pengertian tentang sesuatu hal, maka tidak keluar dari apa yang telah didefinisikan.

Sehingga pengertian tentang sesuatu hal dapat lebih mudah dimengerti dan sebagai pembeda dengan pengertian lainnya. Berdasarkan dari penjelasan secara keseluruhan yang dimaksud dengan pengertian definisi secara umum adalah sesuatu simbol atau kata yang memberikan batasan tentang sesuatu itu agar sesuatu itu tetap pada koridornya.

Apa Pengertian Definisi itu? Ini Arti & Aturan Membuat Definisi (Foto: Artikelsiana.com)
Apa Pengertian Definisi itu? Ini Arti & Aturan Membuat Definisi (Foto: Artikelsiana.com)

Terdapat 2 macam definisi yaitu ada yang disebut dengan definisi nominal dan definisi dan definisi real. Adapun penjelasan dari kedua definisi ini adalah:

1. Definisi Nominal

Arti dari definisi nominal adalah definisi yang terkadang dikenali dengan menurut ‘kata’nya. Definisi nominal ini dipakai untuk menjelaskan tentang arti kata. Hal ini bukanlah definisi yang sebenarnya. Adapun penjelasan yang mudah diketahui mengenai seperti apakah definisi nominal ini yang sebenarnya adalah:

  1. Dengan menguraikan asal-usul (etimologi) kata atau istilah tertentu. Misalnya kata ‘filsafat’ berasal dari bahasa Yunani, dari kata ‘philein’ (mencintai) dan ‘sophia’ (kebijaksanaan). Atas dasar itu, kata ‘filsafat’ diartikan ‘mencintai (pencinta) kebijaksanaan’.
  2. Dengan memperhatikan apa yang tertulis atau diuraikan dalam kamus. Misalnya kata ‘lokomotif’ dalam Kamus Umum Bahasa Indonesia berate ‘induk atau kepala kereta api’, padahal menurut asal-usulnya berarti sesuatu yang dapat bergerak dari tempat yang satu ke tempat yang lain.
  3. Dengan menggunakan sinonimnya, yaitu dengan mengunakan kata yang sama artinya, yang lazim dipakai dan dimengerti oleh umum. Misalnya kata ‘budak’ dapat dijelaskan dengan menggunakan kata ‘hamba’ atau ‘sahaya’.

2. Definisi Real

Yang dimaksud dengan definisi real adalah definisi yang memperlihatkan tentang hal-hal (benda) yang dibatasinya yang biasanya menyajikan tentang unsur atau ciri-ciri penyusun dari suatu benda yang didefinisikan tersebut. Definisi ini selalu majemuk, artinya terjadi atas 2 bagian. Bagian pertama, menyatakan unsur yang menyerupakan hal (benda) yang tertentu dengan hal (benda) lainnya.

Definisi real terbagi atas 4 yaitu definisi hakiki (esensial), definisi gambaran (lukisan), definisi yang menunjukkan maksud dan tujuan dan yang terakhir definisi yang ada karena hubungan sebab-akibat. Adapun penjelasan dari jenis-jenis definisi real adalah:

  1. Defisi hakiki adalah definisi yang sungguh menyatakan hakekat sesuatu dengan memahami golongan tertentu dan membedakannya dengan golongan lainnya dengan cara menyusun jenis yang terdekat (genus proximum) dan perbedaan spesifik (differentia specifica). Contohnya ‘manusia adalah hewan berakal budi’.
  2. Definisi gambaran (lukisan) adalah definisi memakai ciri khas sesuatu itu yang selalu ada dan tetap. Contohnya semua burung gagak itu hitam.
  3. Definisi yang menunjukkan maksud-tujuannya sesuatu contohnya arloji yang menampilkan waktu yang dapat dimaksukkan dalam saku atau diikat di tangan.
  4. Definisi yang diadakan hanya dengan menunjukkan sebab-musabab sesuatu. Misalnya, ‘gerhana bulan terjadi karena bumi berada di antara bulan dan matahari’.

Syarat-Syarat Definisi

Terdapat beberapa syarat yang harus diketahui dalam mendefinisikan sesuatu agar apa yang didefinisikan (dibatasi) adalah suatu pembatasan yang tepat pada sesuatu hal. Adapun syarat atau aturan membuat definisi adalah:

  1. Definisi menyatakan genus dan diferensia. Contohnya kuda adalah equus caballus. Kata equus ialah himpunan umum (genus) yang meliputi kuda, dan caballus adalah ciri pembeda (deferensia) yang membedakan kuda dari keledai, zebra, dan lain-lain anggota golongan yang sama.
  2. Definisi tidak terlalu luas dan sempit. Artinya tidak melebar dan tidak pula sangat singkat.
  3. Tidak mengulang kata yang sama, artinya tidak bolah berputar-putar namun memuat secara langsung.
  4. Dinyatakan dalam rumusan positif yang menjelaskan tentang benda/sesuatu itu. Tdak dalam rumusan negatif seperti menjelaskan sesuatu dari yang lainnya/kebalikannya. Contohnya orang dinyatakan kaya jika tidak miskin, orang itu lapar karena tidak makan, dan orang pintar adalah orang yang tidak bodoh.
  5. Definisi harus singkat dan jelas artinya tanpa kiasan atau bahasa metaforis yang bisa bermakna ganda.

Demikianlah informasi mengenai topik yang berjudul Apa Pengertian Definisi itu? Ini Arti & Aturan Membuat Definisi. Semoga informasi ini dapat bermanfaat bagi kita semua .Sekian dan terima kasih. Salam berbagi teman-teman. 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *