Apa Pengertian Budaya Secara Umum? Ini Arti & Penjelasannya


Pengertian Budaya Adalah – Manusia dalam aktivitas sehari-harinya tidak bisa lepas dari kebudayaan. Hal itu karena kebudayaan dibentuk dan diciptakan oleh manusia sendiri. Selain itu, dari kebudayaan itu manusia bisa hidup, dan dapat berkembang ketika manusia mau melestarikan kebudayaan dan bukan merusaknya.

Sehingga bisa dikatakan bahwa manusia dan kebudayaan itu tidak dapat dipisahkan satu sama lain. Bayangkan saja, apasih yang ada di sekitar kita tanpa berurusan atau tanpa ada keterlibatan dari kebudayaan atau hasil-hasil kebudayaan. Tentu tidak ada, maka dari itulah setiap hari manusia melihat dan menggunakan kebudayaan, bahkan kadangkala disadari atau tidak manusia merusak kebudayaan.

Sebab kebudayaan itu sendiri adalah untuk disampaikan banyak orang, kepada kelompok dan diwariskan setiap generasi. Hal itu juga mengapa kebudayaan bersifat dinamis dan selektif. Kebudayaan bersifat dinamis sebab suatu sistem akan berubah sepanjang waktu. Sedangkan disebut dengan selektif karena mencerminkan pola perilaku pengalaman manusia secara terbatas.

Pantaslah pentingnya kebudayaan bagi manusia membuat para ahli tidak segan-segan terlibat dalam mencari peninggalan kebudayaan hingga kepelosok-pelosok daerah dan bahkan ada yang mencari dilaut dan bahkan tinggal bertahun-tahun untuk memahami karakteristik dari orang yang menganut kebudayaan tersebut. Dari hal itu, tidak sedikit pula para ahli juga menyampaikan tentang definisinya mengenai apa yang dimaksud dengan kebudayaan itu.



Seperti pendapat yang disampaikan oleh E. B Taylor dalam Soekanto (1996:55). E. B Taylor bahwa “kebudayaan adalah kompleks yang mencakup pengetahuan kepercayaan, kesenian, moral, hukum, adat istiadat dan lain kemampuan-kemampuan yang didapatkan oleh manusia sebagai anggota masyarakat”. Selain itu, menurut antropolog Indonesia yakni Koentjaraningrat. Menurut Koentjaraningrat bahwa pengertian kebudayaan adalah sebagai segala daya dan kegiatan manusia untuk mengolah dan mengubah alam (Koentjaraningrat dalam Soekanto, 1969: 55).



Dan yang terakhir adalah pendapat dari Selo soemardjan dan Soelaeman Somardi dalam Soekanto (1996:55). Menurut kedua tokoh ini bahwa arti kebudayaan adalah “kebudayaan sebagai semua hasil karya, rasa dan cipta masyarakat”.



Baca Juga: 

Pengertian Budaya, Unsur, Ciri & Budaya Menurut Para Ahli 

Apabila ditinjau dari etimologisnya, maka istilah kebudayaan sebenarnya berasal dari kata budaya. Apabila demikian, lantas apasih yang dimaksud dengan pengertian budaya tersebut?

Pengertian Budaya: Apa itu?

Secara etimologi, yang dimaksud dengan pengertian budaya sebenarnya berasal dari istilah kata ‘Culture’ (Bahasa Inggris). Artinya adalah kebudayaan. Sedangkan apabila mengacu pada bahasa latin, maka istilah budaya berasal dari kata ‘colere’ yang berarti mengolah atau mengerjakan, yaitu mengolah tanah atau petani.

Lantas demikian, apasih pengertian budaya itu? Berdasarkan dari penjelasan dan dari pendapat ketiga para ahli diatas, maka penulis menyimpulkan bahwa yang dimaksud dengan Pengertian Budaya Secara Umum Adalah mengatur agar manusia dapat mengerti bagaimana seharusnya bertindak, berbuat, menentukan sikapnya kalau mereka berhubungan dengan orang lain.

Apa Pengertian Budaya Secara Umum? Ini Arti & Penjelasannya (Foto: Artikelsiana.com)
Apa Pengertian Budaya Secara Umum? Ini Arti & Penjelasannya (Foto: Artikelsiana.com)

Karya masyarakat menghasilkan teknologi dan kebudayaan kebendaan atau kebudayaan jasmaniah (material culture) yang diperlukan oleh manusia untuk menguasai alam sekitarnya, agar kekuatan serta hasilnya dapat diabdikan pada keperluan masyarakat.

Cipta merupakan kemampuan mental, kemampuan berpikir dari orang-orang yang hidup bermasyarakat dan antara lain menghasilkan filsafat serta ilmu pengetahuan, baik yang berwujud murni, maupun yang telah disusun untuk langsung diamalkan dalam kehidupan sehari-hari. Rasa dan Karsa dinamakan kebudayaan rohaniah (spritual dan immaterial culture).

Baca Juga: 

Pengertian Kebudayaan, Unsur. Sifat. & Arti Menurut Para Ahli 

Dalam konteks ini, hasil rasa masyarakat mewujudkan norma-norma dan nilai-nilai kemasyarakatan yang sangat perlu untuk mengadakan tata tertip dalam pergaulan kemasyarakatan. Hal ini dimaksudkan untuk melindungi dari kekuatan-kekuatan yang buruk yang tersembunyi dalam masyarakat. Dengan demikian, hakikatnya penciptaan norma-norma dan kaidah-kaidah adalah merupakan petunjuk-petunjuk tentang bagaimana manusia harus bertindak dan berlaku di dalam pergaulan hidup.

Oleh karena itu, setiap masyarakat terdapat apa dinamakan pola-pola perilakuan (pattern of behavior). Pola-pola perilakuan tersebut adalah cara-cara bertindak atau berkelakuan yang sama daripada orang-orang yang hidup bersama dalam masyarakat yang harus diikuti oleh semua anggota masyarakat tersebut. Pola perilakuan masyarakat sangat dipengaruhi oleh kebudayaannya.

Demikianlah informasi mengenai topik yang berjudul Apa Pengertian Budaya Secara Umum? Ini Arti & Penjelasannya. Semoga informasi ini dapat bermanfaat bagi kita semua. Sekian dan terima kasih. Salam berbagi teman-teman.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *