Apa Pengertian Bisnis Internasional? Ini Arti, Tujuan & Jenisnya


Pengertian Bisnis Internasional Adalah – Dari perkembangan zaman yang semakin maju dalam hal ini ilmu pengetahuan dan teknologi membuat setiap bidang kehidupan juga bergerak demikian. Perkembangan dan kemajuan itu memberikan dampak besar bagi bidang komunikasi, transportasi, dan informasi. Kondisi ini juga berdampak pada jumlah penduduk. Akan tetapi, hal itu berbeda jauh dengan sumber daya alam dan faktor produksi. Kedua faktor yang penting ini ternyata cenderung mengalami keterbatasan.

Namun karena perbedaan karakteristik daerah baik dari segi geografis dan astronomisnya, membuat suatu negara mempunyai kelebihan tersendiri dibandingkan dengan negara lain. Walaupun kelebihan dari suatu negara itu juga didampingi oleh keterbatasan yang ada, akan tetapi dari keterbatasan dan kelebihan tersebut maka suatu negara terdorong untuk melakukan aktivitas bisnis antar negara.

Selain untuk saling memenuhi diantara keterbatasan dan kelebihan yang dimilikinya, juga untuk melakukan ekspansi ke luar negeri. Proses ini tidak lain disebut dengan bisnis berskala internasional atau bisnis internasional. Bisnis internasional sangatlah berbeda jauh dengan bisnis domestik seperti yang dilakukan perusahaan-perusahaan nasional. Namun bisnis domestik semakin lama, semakin bergeser ke bisnis internasional dimana kegiatan bisnis internasional ini mempunyai keuntungan yang besar dalam mendapatkan laba dan keuntungan.

Dalam melakukan bisnis internasional juga tidak diharuskan untuk menjadi perusahaan multinasional (MNE) terlebih dahulu dan selain itu bisnis internasional juga mempunyai lingkungan dan aktivitas operasional khusus yang membedakannya dengan bisnis domestik. Hal itu bisa dilihat dari perbedaan budaya, kebiasaan sosial, hukum, peraturan pemerintah, dan stabilitas politik membuat bisnis internasional punya hal yang begitu luas dan dalam.



Apa Pengertian Bisnis Internasional? Ini Arti, Tujuan & Jenisnya (Foto: Artikelsiana.com)
Apa Pengertian Bisnis Internasional? Ini Arti, Tujuan & Jenisnya (Foto: Artikelsiana.com)

Maka dari itu, bisnis internasional biasanya lebih beresiko daripada bisnis domestik. Selain itu, dari segi ativitas operasional, bisnis operasional cenderung lebih sulit dilakukan dan membutuhkan biaya yang lebih besar untuk mengelola kegiatan tersebut karena terdapat di beberapa negara lain. Berdasarkan dari penjelasan lantas apasih yang dimaksud dengan pengertian bisnis internasional, tujuan diadakannya dan hal-hal apa saja yang dilakukannya?



Pengertian Bisnis Internasional Adalah?

Secara umum, yang dimaksud dengan Pengertian Bisnis Internasional adalah aktivitas transaksi di antara lebih dua negara yang melibatkan pihak-pihak individu perorangan, individu perusahaan, kelompok perusahaan, atau agen-agen internasional dan juga diartikan sebagai studi yang mempelajari aktivitas.



Dalam bisnis internasional tidak hanya seputar pemanufakturan, tetapi juga industri jasa seperti transportasi, pariwisata, perbankan, periklanan, konstruksi, perdagangan eceran, perdagangan besar, dan komunikasi massa. Selain dari pengertian diatas, juga terdapat pendapat yang disampaikan oleh para ahli tentang bisnis internasional seperti para ahli Rugman, Hodgetts, Griffin dan Pustay. Adapun pendapat dari para ahli ini tentang bisnis internasional adalah:

Menurut Rugman dan Hodgetts (1995) bahwa yang dimaksud dengan Bisinis internasional adalah “International business is the study of transactions taking place across national borders for the purpose of satisfying the needs of individuals and organizations”

Sedangkan menurut pendapat dari Griffin dan Pustay (1996) bahwa Bisnis Internasional adalah “International Business is any business transaction between parties from more than one country is part of international business”. Lalu dari Ball dan Wendell (2004) (alih bahasa Syahrizal Noor) bahwa Bisnis internasional ialah bisnis yang kegiatan-kegiatannya melewati batas-batas negara.

Pengertian Bisnis Internasional (Foto: Artikelsiana.com)
Pengertian Bisnis Internasional (Foto: Artikelsiana.com)

Tujuan Diadakannya Bisnis Internasional Adalah?

Adapun diadakannya bisnis internasional pada dasarnya terbagi atas 4 tujuan utama yaitu:

  1. Perluasan Penjualan (Sales Expansion) ialah kegiatan untuk barang-barang yang tidak mudah rusak butuh perluasan penjualan (market area). Contohnya barang-barang kerajinan tangan.
  2. Mendekati Sumber (Resource Acquisition) dalam hal ini Man, Money, Machine, Materials, dan Market, yang mencakup SDA, SDM dan Sumber daya kapital.
  3. Penanekaragaman (Diversifikasi) Penjualan produk sesuai dengan segmen pasar yang terdiri dari selera masyarakat, daya beli atau fungsi barang. seperti mobil Kijang dijual di Indonesia.
  4. Alih Tekhnologi dikhususkan untuk negara yang berkembang (developing country).

Jenis-Jenis Bisnis Internasional Adalah?

Diketahui jenis atau bentuk bisnis internasional terdiri atas 4 tipe yaitu foreign trade, trade in service, portofolio investment, dan direct investments. Adapun penjelasan dari keempat tipe dari bisnis internasional adalah:

  1. Foreign trade adalah kegiatan bisnis internasional yang aktivitas cenderung identik dengan aktivitas ekspor impor dengan objek barang yang sering dipakai adalah visible physical goods dan komoditas.
  2. Trade in services adalah kegiatan bisnis internasional yang objek barangnya berupa tangible goods yang berupa asuransi, perbankan, hotel, konsultan, biro perjalanan, dan transportasi.
  3. Portfolio Investments adalah kegiatan bisnis internasional dalam bentuk investasi keuangan di negara lain untuk memberikannya dalam bentuk hutang atau modal.
  4. Direct Investments adalah kegiatan bisnis internasional yang dibedakan dari tingkat pengawasan suatu proyek antara perusahaan dengan investor yang bisa mulai dari tingkat pengawasan penuh dan sebagian.

Demikianlah informasi mengenai topik yang berjudul Apa Pengertian Bisnis Internasional? Ini Arti, Tujuan & Jenisnya. Semoga informasi ini dapat bermanfaat bagi kita semua. Sekian dan terima kasih. Salam berbagi teman-teman.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *