Apa Pengertian Bahasa? Ini Arti & Penjelasannya Secara Umum


Pengertian Bahasa Adalah – Manusia adalah makhluk sosial dengan peradaban yang sangat tua. Manusia tidak bisa hidup sendiri, dirinya membutuhkan bantuan orang lain untuk dapat bertahan hidup. Setiap manusia saling bekerja sama satu sama lain. Hal itu juga mengapa manusia dikatakan sebagai makhluk sosial. Namun dalam prosesnya, terdapat berbagai aspek yang membantu manusia dari dulu hingga sekarang ini. Salah satunya adalah dengan penggunaan bahasa yaitu komunikasi dengan orang lain.

Bayangkan saja, apabila didunia ini tanpa ada bahasa yang menyertai manusia untuk bisa saling berinteraksi maka, manusia tersebut tidak akan dapat hidup satu sama lain. Setiap individu akan terasa asing satu sama lain, dan seperti dunia ini terasa hampa karena setiap individu sendiri dan tidak dapat membangun kelompok, komunitas atau keluarga.

Di dunia ini terdapat ribuan bahasa, dan setiap bahasa memilik sistemnya sendiri-sendiri yang disebut atau dikenal dengan “tata bahasa”. Terdapat tata bahasa untuk bahasa Indonesia, tata bahasa untuk bahasa Jepang, tata bahasa untuk bahasa rusia, tata bahasa untuk bahasa Inggris, tata bahasa cina dan sebagainya.

Walaupun, kegiatan berkomunikasi dapat dilakukan dengan alat lain selain bahasa, pada prinsipnya, manusia berkomunikasi dengan menggunakan bahasa. Dalam diskursus ini bahasa yang digunakan adalah bahasa manusia, bukan dengan bahasa binatang. Dalam hal tertentu, binatang dapat melakukan komunikasi dengan sesamanya dengan menggunakan bahasa binatang. Hal yang menjadi bahan pembicaraan di sini bukan bahasa binatang, melainkan bahasa manusia, dan semua kata “bahasa” pada buku ini mengacu pada “bahasa manusia”.



Pengertian Bahasa Adalah?

Secara umum, yang dimaksud dengan Pengertian Bahasa adalah alat komunikasi antara anggota masyarakat terdiri dari simbol bunyi yang dihasilkan oleh alat ucap manusia. Hal yang bisa ketika terdapat di kalangan masyarakat yang yang keberatan, jika mendefinisikan bahwa bahasa bukan satu-satunya alat untuk mengadakan komunikasi. Melainkan mengartikan bahwa ketika terdapat dua orang atau pihak yang melakukan komunikasi dengan cara-cara tertentu yang telah disepakati secara bersama.



Misalnya dengan asap api, bunyi gendang, Lukisan-lukisan, atau tong-tong dan sebagainya. Akan tetapi, patut diketahui dan diakui bahwa apabila dibandingkan dengan bahasa. Dimana dalam bahasa terdapat sebuah sistem, dalam artian bahwa bahasa dibentuk oleh komponen yang berpola secara tetap dan dapat dikaidahkan. Atau dalam artian bahwa Bahasa adalah alat komunikasi yang terorganisasi dalam bentuk satuan-satuan, contohnya kata, kelompok kata, klausa, dan kalimat yang diungkapkan baik secara lisan maupun tulis.



Pengertian Bahasa (Foto: Artikelsiana.com)
Pengertian Bahasa (Foto: Artikelsiana.com)

Terdapat banyak sekali definisi bahasa dan bahasa dari setiap suku, etnis, budaya, kelompok, negara dll dan definisi tersebut hanya merupakan salah satu di antaranya. Anda dapat membandingkan definisi tersebut dengan definisi sebagai berikut:

Misalnya saja menurut Richards, Platt & Weber (1985: 153) yang mendefinisikan bahwa yang dimaksud dengan pengertian bahasa sistem komunikasi manusia yang dinyatakan melalui susunan suara atau ungkapan tulis yang terstruktur untuk membentuk satuan yang lebih besar, seperti morfem, kata, dan kalimat, yang diterjemahkan dari bahasa Inggris diungkapkan sebagai “the system of human communication by means of a structured arrangement of sounds (or written representation) to form lager units, eg. morphemes, words, sentences”.

Selain itu menurut KBBI (Kamus Besar Bahasa Indonesia), bahwa yang dimaksud dengan pengertian bahasa adalah sebagai sistem lambang bunyi yang arbriter, dipergunakan oleh para anggota suatu masyarakat untuk bekerjasama, berinteraksi dan mengidentifikasi diri (Depdikbud, 1999).

Berdasarkan dari penjelasan diatas, maka sebenarnya fungsi utama bahasa sebagaimana yang disampaikan oleh Keraf (1997:3) bahwa bahasa adalah alat untuk mengekspresikan diri, sebagai alat untuk berkomunikasi, sebagai alat untuk mengadakan integrasi dan beradaptasi sosial dalam lingkungan atau situasi tertentu, dan sebagai alat untuk melakukan kontrol sosial.

Demikianlah informasi mengenai topik yang berjudul Apa Pengertian Bahasa? Ini Arti & Penjelasannya. Semoga informasi ini dapat bermanfaat bagi kita semua. Sekian dan terima kasih. Salam berbagi teman-teman.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *