Pengertian Atom, Struktur dan Model Teorinya


Pengertian Atom, Contoh, Struktur dan Modelnya – Konsep tentang atom pertama sekali dicetuskan oleh Demokritus pada abad ke 4 SM. Menurut Demokritus semua dapat dipecahkan menjadi partikel terkecil, dimana partikel-partikel tidak bisa lagi dibagi lebih lanjut disebut atom. Atom berasal dari kata atomos yang terdiri atas dua kata yaitu a dan tomos. Arti a adalah tidak, dan tomos adalah memotong. Jadi secara etimologi atom adalah tidak dapat dipotong atau tidak dapat dibagi.

Pada saat itu, menurut Demokritus mengatakan atom adalah atom adalah bersifat padat dan tidak mempunyai struktur, dan antar atom bergerak seperti gerak air dan udara. Tidak hanya itu, Demokritus juga telah mengetahui bahwa setiap benda itu dibentuk dari unit terkecil yakni Atom itu sendiri. Akan tetapi, teori yang disampaikan oleh Demokritus kurang mempunyai bukti eksperimen. Setelah beberapa abad lamanya tepat pada 1800an baru mendapat perhatian serius dan bermunculanlah berbagai teori tentang atom.

Pengertian Atom Adalah

Secara umum, yang dimaksud dengan Pengertian Atom adalah suatu satuan dasar materi, yang terdiri atas inti atom serta awan elektron bermuatan negatif yang mengelilinginya. Inti atom terdiri atas proton yang bermuatan positif, dan neutron yang bermuatan netral.

Selain itu, terdapat pendapat yang disampaikan oleh Leucipus dan Demokritus, John Dalton, Joseph John Thompson, dan Ernest Rutherford. Adapun yang dimaksud dengan pendapat dari nama-nama tersebut adalah:



  1. Menurut Leucipus dan Democritus bahwa atom atom adalah bagain terkecil pada suatu materi yang tidak bisa dibagi lagi menjadi sebuah bagian-bagian tertentu. atom yaitu penyusun segala materi yang ada pada dunia ini.
  2. Menurut John Dalton bahwa yang dimaksud dengan Atom adalah partikel terkecil yang ada pada suatu zat yang tidak bisa lagi diuraikan menjadi partikel yang lebih kecil melewati reaksi kimia biasa.
  3. Menurut Joseph John Thompson bahwa yang dimaksud Atom adalah suatu bola yang bermuatan positif dan dikelilingi dari electron seperti roti kismis
  4. Menurut Ernest Rutherford bahwa arti dari Atom adalah partikel yang berasal dari neutron dan proton serta dikelilingi dari electron.

Struktur Atom Adalah?

Lapisan atom terbagi atas 2 yaitu inti atom yang terdiri atas proton dan neutron. Selain itu atom juga bagian kulit atom yang pada bagian itu terdapat elektron. Jadi apabila dirangkum, dalam lapisan atom terdapat 3 hal yaitu proton, neutron, dan elektron. Apasih yang dimaksud dengan Proton, Neutron dan Elektron?.



  1. Proton adalah atom yang memiliki muatan listrik positif.
  2. Neutron adalah atom yang tidak memiliki muatan.
  3. Elektron adalah atom yang memiliki muatan listrik negatif dan bergerak mengelilingi inti atom. Pada elektron mudah untuk dipindahkan dari suatu atom.
Pengertian Atom, Struktur dan Model Teorinya (Foto: Artikelsiana.com)
Pengertian Atom, Struktur dan Model Teorinya (Foto: Artikelsiana.com)

Teori-Teori Atom

Selain itu, terdapat pendapat para ahli atau teorinya tentang model-model atom seperti teori dari John Dalton, menurut Rutherford, J.J. Thomson, dan Niels Bohr serta teori atom modern. Adapun penjelasan dari model-model atom menurut para ahli ini adalah:



1. Teori Atom Menurut John Dalton

Pada 1803, teori ini mengemukakan bahwa atom terdapat 2 hukum hukum kekekalan massa (hukum Lavoisier) dan hukum susunan tetap (hukum prouts). Menurut hukum kekekalan massa (hukum Lavoisier) bahwa “Massa total zat-zat sebelum reaksi akan selalu sama dengan massa total zat-zat hasil reaksi”.

Hukum susunan tetap yaitu: “Perbandingan massa unsur-unsur dalam suatu senyawa selalu tetap.“. Kelemahan teori ini adalah tidak bisa menerangkan larutan yang bisa menghantarkan arus listrik, namun kelebihannya adalah membangkitkan peneliti untuk mengenal model atom.

Dari kedua hukum tersebut Dalton mengemukakan pendapatnya tentang atom sebagai berikut:

  • Atom bagian terkecil dari materi yang sudah tidak dapat dibagi lagi.
  • Atom digambarkan sebagai bola pejal yang kecil, suatu unsur memiliki atom-atom yang identik dan berbeda untuk unsur yang berbeda.
  • Atom-atom bergabung membentuk senyawa dengan perbandingan bilangan bulat dan sederhana. Misalnya air terdiri atom-atom hidrogen dan atom-atom oksigen.
  • Reaksi kimia merupakan pemisahan atau penggabungan atau penyusunan kembali dari atom-atom, sehingga atom tidak dapat diciptakan atau dimusnahkan.

2. Teori Atom Menurut J.J. Thomson

Berasal dari Inggris, dirinya menemukan elektron bermuatan negatif pada 1897. Menurutnya “karena elektron bermuatan negatif, sedangkan atom bermuatan listrik netral maka haruslah ada muatan listrik positif yang mengimbangi muatan elektron dalam atom”.

Hal itu dimiripkan dengan roti kismis. Atom adalah rotinya, sedangkan elektronnya adalah kismisnya. Kelebihan teori ini terdapat partikel yang lebih kecil dari atom yang disebut dengan subatomik dan mampu menjelaskan sifat listrik atom.

Namun, kelemahannya tidak bisa menjelaskan fenomena penghamburan partikel alfa oleh selaput tipis emas dan tidak mampu menjelaskan mengenai adanya inti atom.

3. Teori Atom Menurut Rutherford

Rutherford menemukan bahwa partikel alfa (sinar alfa) ditembakkan pada lembaran lempeng (foil) emas yang tebalnya hanya 1/3000 inci lalu melacak jejak partikel tersebut. Dari penelitiannya, model atom Rutherford adalah

  • Sebagian besar dari atom memiliki permukaan kosong/hampa.
  • Inti atom bermuatan positif sebagai pusat massa atom.
  • Elektron bergerak mengelilingi inti dengan kecepatan yang sangat tinggi.
  • Sebagian besar partikel α lewat tanpa mengalami pembelokkan atau hambatan. Sebagian kecil dibelokkan, dan sedikit sekali yang dipantulkan.
  • Awan elektron tidak mempengaruhi penyebaran partikel alfa.

3. Teori Atom Menurut Niels Bohr

Memperbaiki kegagalan atom Rutherford, Bohr menggambarkan keadaan atau kedudukan orbit elektron dalam menempati daerah di sekitar inti atom. Menurutnya elektron mengelilingi inti atom pada orbit rendah dan tinggi bergantung dari tingkatan energi elektron itu. Sehingga elektron di orbit yang rendah akan memiliki energi yang lebih kecil daripada elektron di orbit yang lebih tinggi. Model atom Neils Bohr adalah:

Demikianlah informasi mengenai topik yang berjudul Pengertian Atom, Struktur dan Model Teorinya. Semoga informasi ini dapat bermanfaat bagi kita semua. Sekian dan terima kasih. Salam berbagi teman-teman.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *