Jelaskan Pengertian Asteroid? Ini Arti dan Ciri-Ciri Asteroid


Pengertian Asteroid Adalah – Dalam tata surya dan di luar angkasa, terdapat benda-benda langit yang begitu unik dan menarik untuk diketahui banyak orang. Bahkan dari bumi saja memandang angkasa pada malam hari, terasa benda-benda langit tersebut begitu indah.

Dari situ juga kita mengetahui bahwa bumi sebagai benda langit tidaklah sendiri, melainkan terdapat planet-planet lainnya yang ada di dalam tata surya di galaksi bima sakti. Selain itu diketahui terdapat bintang-bintang dan benda-benda langi yang tak terhitung jumlahnya.

Dengan berkembangnya ilmu pengetahuan saat ini, semakin banyak benda langit yang diketahui. Selain daripada planet, terdapat benda di luar angkasa yang dikenal dengan asteroid, komet, meteoroid, dll.

Berbicara soal Asteroid, benda langit ini bukanlah sesuatu hal yang baru dalam khasanah pengetahuan yang ada di bumi. Dari dulu hingga saat ini yang dapat ditemukan di berbagai buku, terdapat definisi dan seperti apakah itu asteroid.



Asteroid, adalah planet kecil yang benda langit ini sering kali disebut dengan planetoida. Namun perlu diketahui bahwa asteroid memiliki ukuran yang jauh lebih kecil dibandingkan dari planet.



Beruntung dengan perkembangan teknologi saat ini, ada banyak orang yang bisa melihat asteroid walaupun membutuhkan usaha yang banyak, dan lembaga yang biasa memperlihatkan tentang gambaran luar angkasa termasuk asteroid adalah NASA. Cara yang paling mudah melihat asteroid ketika melintasi Bumi.



Namun ini juga pertanda berbahaya, sebab walaupun ukurannya yang kecil dari pada planet, namun apabila menghantam Bumi dapat mengakibatkan kerugian yang besar.

Namun, itu kadang terjadi, karena kebanyakan asteoriud berada dalam sabuk antara Mars dan Yupiter yang disebut dengan sabuk asteroid atau Sabuk Utama (Main Belt).

Selain itu, ada juga asteroid dengan orbit yang berbeda, seperti kelompok Trojan dan kelompok asteroid AAA (Triple A Asteroids-Amor, Apollo, Aten).

Jelaskan Pengertian Asteroid? Ini Arti dan Ciri-Ciri Asteroid (Foto: Artikelsiana.com)
Jelaskan Pengertian Asteroid? Ini Arti dan Ciri-Ciri Asteroid (Foto: Artikelsiana.com)

Diketahui pada 27 Agustus 2006, dari total 339.376 planet kecil yang terdaftar, 136.563 di antaranya mempunyai orbit yang dikenal dan telah dipatenkan. Selain itu, dalam tata surya terdapat 1.1 atau 1.9 juta asteroid yang berdiameter lebih dari 1 km.

Dari jumlah dan diameter yang begitu fantastis untuk diketahui umat manusia, bukan tidak mungkin bahwa suatu saat nanti manusia akan menjelajah antariksa seperti saat ini ke Mars.

Dari hal itu, maka ada banyak lagi asteroid-asteroid yang diketahui. Berdasarkan dari penjelasan diatas, penulis berkesimpulan bahwa yang dimaksud denganĀ  pengertian asteroid adalah:

Pengertian Asteroid Adalah

Secara umum, apa yang dimaksud dengan pengertian Asteroid adalah benda langit yang ukurannya dibawah planet yang mengorbit terhadap matahari dengan bentuk dan ukuran yang tidak beraturan dan berbeda-beda dan bersifat dingin.

Jelaskan Pengertian Asteroid? Ini Arti dan Ciri-Ciri Asteroid (Foto: Artikelsiana.com)
Jelaskan Pengertian Asteroid? Ini Arti dan Ciri-Ciri Asteroid (Foto: Artikelsiana.com)

Asteroid yang tersisa dari pembentukan tata surya kita yang diprediksi terjadi sekitar 4,6 miliar tahun yang lalu dimana pada saat itu awan besar gas dan debu runtuh dan membentuk matahari dll. Dari sisa tersebut terbentuklah asteroid.

Beberapa debu kondensasi di awan menjadi planet. Benda-benda di sabuk asteroid tidak pernah mempunyai kesempatan untuk dimasukkan ke dalam planet sebab membutuhkan waktu yang lama.

Ciri-Ciri Asteroid

Jelaskan Pengertian Asteroid? Ini Arti dan Ciri-Ciri Asteroid (Foto: Artikelsiana.com)
Jelaskan Pengertian Asteroid? Ini Arti dan Ciri-Ciri Asteroid (Foto: Artikelsiana.com)

Adapun ciri-ciri yang dimiliki oleh benda luar angkasa seperti asteroid, adalah

  • Tidak dapat menghasilkan cahaya sendiri. Asteroid hanya mampu memantulkan cahaya yang berasal dari matahari.
  • Bentuk dan ukuran asteroid berbeda-beda. Tapi, ukurannya tidak lebih besar dari seluruh planet di tata surya.
  • Jumlah asteroid sangatlah banyak. Sebagian besar berada di antara orbit planet Mars dan Jupiter.
  • Asteroid berasal dari debu yang membeku oleh es sehingga membatu.
  • Bahan penyusun asteorid sebagian besar terdiri dari berbagai mineral, logam, karbon, dan batuan silikat.
  • Permukaan asteroid umumnya berbatu, tidak beraturan, dan seringkali berlubang seperti kawah.
  • Suhu rata-rata permukaan asteroid sekitar minus 100 derajat Fahrenheit (minus 73 derajat Celcius).

Demikianlah informasi mengenai topik yang berjudul Jelaskan Pengertian Asteroid? Ini Arti, Ciri & Jenis Asteroid. Semoga informasi ini dapat bermanfaat bagi kita semua. Sekian dan terima kasih. Salam berbagi teman-teman.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *