Apa Pengertian Asas Kebangsaan? Ini Arti & Penjelasannya


Pengertian Asas Kebangsaan Adalah – Asas kebangsaan adalah asas yang didasarkan pada kekuasaan negara atas warganya. Asas kebangsaan ini merupakan salah satu asas dari hubungan internasional menurut apa yang disampaikan oleh Hugo De Groot. 

Melalui ketiga asas ini termasuk asas kebangsaan adalah seperangkat prinsip yurikdiksial. Dari ketiga asas ini menjadi acuan bahwa setiap negara adalah setara sehingga memiliki kemauan bebas untuk terlibat dan menyetujui sebuah hukum internasional.

Menurut Rencana Strategi (RENSTRA) Pelaksanaan Politik Luar Negeri RI bahwa yang dimaksud dengan Pengertian Hubungan Internasional (Hub. Int) adalah hubungan antar bangsa dalam segala aspek nya yang dilakukan suatu negara untuk mencapai kepentingan nasional negara tersebut.

Hubungan internasional merupakan suatu gejala (phenomenon) kehidupan sosial. Karenanya dapat dipahami bila sebagian besar umat manusia dengan berbagai pertimbangan dan kepentingannya,



Hubungan Internasional adalah mempelajari perilaku internasional, yaitu perilaku para aktor negara maupun non negara, di dalam arena transaksi internasional. Perilaku ini bisa berwujud kerjasama, pembentukan aliansi, perang, konflik serta interaksi dalam organisasi internasional (Mochtar Mas’oed, 1994:28).



Asas Hubungan Internasional 

Diawal pengantar dijelaskan bahwa dalam hubungan internasional terdapat 3 asas sebagaimana yang dijelaskan oleh Hugo de Groot yang tujuannya untuk kepentingan bersama dari mereka yang menyatukan diri di dalamnya. Ketiga asas itu adalah asas teritorial, asas kebangsaan dan juga asas kepentingan umum.



Asas teoritorial adalah asas yang didasarkan pada kekuasaan negara atas daerahnya. Menurut asas ini, negara melaksanakan hukum bagi semua orang dan semua barang yang ada di wilayahnya. Jadi, terhadap semua barang atau orang yang ada di luar wilayah tersebut, berlaku hukum asing (internasional) sepenuhnya.

Sedangkan yang dimaksud asas kepentingan umum adalah asas yang didasarkan pada wewenang negara untuk melindungi dan mengatur kepentingan dalam kehidupan bermasyarakat. Dalam hal ini, negara dapat menyesuaikan diri dengan semua keadaan dan peristiwa yang bersangkut paut dengan kepentingan umum, Jadi, hukum tidak terikat pada batas-batas wilayah suatu negara.

Sedangkan yang terakhir adalah asas kebangsaan sebagai topik atau judul pada informasi kali ini. Apasih yang dimaksud dengan asas kebangsaan dalam hubungan internasional?

Pengertian Asas Kebangsaan Adalah

Secara umum, Pengertian Asas kebangsaan adalah asas yang didasarkan pada kekuasaan negara untuk warga negaranya yang dimanapun ia berada tetap mendapat perlakuan hukum dari negaranya.

Asas ini mempunyai kekuatan exteritorial. Artinya hukum dari negara tersebut tetap berlaku juga bagi warga negaranya, walaupun berada di negara asing.

Prinsip yang diberikan oleh Asas Kebangsaan ini memiliki sifat yang terbuka namun harus memenuhi persyaratan yang sudah ditetapkan oleh suatu negara tersebut.

Maka setiap warga negara yang ingin menetap di negara lain harus bisa menjadi warga negara yang sebelumnya untuk bisa menjaga dan memberikan hukum yang dipergunakan.

Apabila ketiga asas tidak diperhatikan, akan timbul kekacauan hukum dalam hubungan antarbangsa (internasional). Oleh sebab itu, antara satu negara dengan negara lain perlu ada hubungan yang teratur dan tertip dalam bentuk hukum internasional.

Walaupun demikian, kerapkali masih terdapat masalah dan pertikaian-pertikaian yang perlu dipecahkan. Misalnya persoalan dwi kewarganegaraan, batas-batas negara, wajib militer dan wajib palak.

Demikianlah informasi mengenai topik yang berjudul Apa Pengertian Asas Kebangsaan? Ini Arti & Penjelasannya. Semoga informasi ini dapat bermanfaat bagi kita semua. Sekian dan terima kasih. Salam berbagi teman-teman.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *