Apa Pengertian Artikel Secara Umum? Ini Arti & Penjelasannya

Pengertian Artikel Adalah –¬†Zaman saat ini ditengah berbagai kecanggihan teknologi dan trendnya para selegram dan juga youtuber, membuat profesi dan sekaligus sebagai hobi yang telah mengukir banyak sejarah menjadi ketinggalan.

hal itu adalah menjadi penulis. Kini, menjadi penulis sudah tidak seperti dulu lagi dimana kalangan tua hingga kalangan mudah telah mampu menciptakan tulisan yang baik dan mampu membangkitkan semangat pembaca.

Selain itu, kekhasan tulisan dari setiap penulisnya hanya bisa dihitung jari saat ini. Sebab menjadi penulis bisa dikatakan gampang ataupun susah, namun apasih yang membedakan penulis lainnya,

Tidak hanya dari ide, melainkan metode dari cara menulisnya. Terdapat jenis-jenis tulisan, ada yang berbau opini ataukah fakta dan ada juga yang keduanya.

Selain itu, ada yang berdasarkan dari penelitian, yang berisi humor dan dll. Diketahui terdapat jenis-jenis teks seperti makalah, opini, jurnal, skripsi, tesis, dan artikel.

Berbicara soal artikel adalah bukanlah sesuatu yang baru diketahui oleh kita semua. Namun bagi yang masih berstatus sekolah menengah pertama atau sekolah menengah atas, mungkin masih asing mendengar artikel.

Sebab kebanyakan artikel terdengar oleh mereka yang telah berstatus sebagai mahasiswa. Lantas demikian, apasih yang dimaksud dengan artikel?

Pengertian Artikel Adalah?

Secara umum, yang dimaksud dengan Pengertian Artikel Adalah suatu karya tulis yang berisi gagasan atau fakta yang dapat membujuk, meyakinkan, mendidik, dan menghibur pembacanya, serta dipublikasikan ke suatu media (buletin, majalah, koran, website, media sosial, dan lainnya).

Menurut KBBI, bahwa yang dimaksud dengan arti artikel adalah suatu bentuk karya tulis yang ditulis dengan lengkap layaknya suatu esai yang tercantum dalam majalah maupun surat kabar.

Apa Pengertian Artikel Secara Umum? Ini Arti & Penjelasannya (Foto: Artikelsiana.com)
Apa Pengertian Artikel Secara Umum? Ini Arti & Penjelasannya (Foto: Artikelsiana.com)

Menulis artikel tidak mengenal siapapun anda, sebab dalam menulis jenis teks ini setiap orang bisa melakukannya sebab artikel adalah esai yang lengkap dengan banyak halaman tertentu.

Walaupun siapapun dapat menulis artikel, akan tetapi perlu diketahui bahwa dalam artikel terdapat penggabungan kata menjadi kalimat yang menarik dan enak dibaca yang bisa berasal dari pengalaman, imajinasi, pengetahuan umum atau dalam penelitian ilmiah.

Itulah mengapa menjadi penulis artikel ada banyak kriterianya seperti penulis artikel buku, berita, online, narasi, naskah, marketing dll.

Biasanya artikel dipublikasikan di koran, majalah, buletin yang bertujuan untuk menyampaikan ide-ide dan fakta-fakta yang dapat meyakinkan, mendidik, dan menghibur dengan berbagai genre seperti sejarah, penelitian, petualangan, bimbingan atau informasi yang baru.

Selain itu, artikel mempunyai ciri tersendiri yang menjadi pembeda dengan teks lainnya dimana artikel dibuat secara ringkas, padat, jelas dan tuntas. Artikel juga berisi fakta, yang informatif dan aktual berdasarkan penelitian dan bisa dipertanggungjawabkan

Itulah mengapa dalam artikel terdapat analisis, dan juga opini yang didasarkan pada teori serta data yang valid dalam mendukung opini tersebut dengan penyajiannya menggunakan bahasa baku atau resmi, lugas, logis, denotatif, dan efektif.

Untuk format dalam penulisan artikel biasanya terdiri atas judul, abstrak, pendahuluan, studi literatur, metode penelitian, hasil, diskusi, dan kesimpulan serta daftar pustaka. Selain itu terdapat beberapa penambahan tergantung dari penyelenggara seminar atau pengelola jurnal.

Apa Pengertian Artikel Secara Umum? Ini Arti & Penjelasannya (Foto: Artikelsiana.com)
Apa Pengertian Artikel Secara Umum? Ini Arti & Penjelasannya (Foto: Artikelsiana.com)

Manfaat Menulis Artikel Adalah

Dalam membuat atau mempublikasikan artikel mempunyai beberapa manfaat tertentu baik itu bagi penulis maupun manfaat bagi pembacanya. Adapun beberap manfaat dalam menulis artikel adalah:

  • Untuk menyampaikan gagasan kepada masyarakat.
  • Membantu penulis untuk memahami tujuan menulis sehingga diharapkan mempunyai kompetensi dalam menulis artikel.
  • Memberikan dampak akademis kepada penulis artikel.
  • Mempublikasikan hasil pemikiran secara ilmiah melalui jurnal ilmiah.
  • Berguna untuk membantu dalam berpikir secara sistematis dan melatih penggunaan bahasa secara baik dan teratur.
  • Cara untuk menjelaskan atau membahas suatu masalah sesuai dengan bidang ilmu tertentu.

Demikianlah informasi mengenai topik yang berjudul Apa Pengertian Artikel Secara Umum? Ini Arti & Penjelasannya. Semoga informasi ini dapat bermanfaat bagi kita semua. Sekian dan terima kasih. Salam berbagi teman-teman.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *