Apa Pengertian Antropologi Secara Umum? Ini 8 Arti & Penjelasannya


Pengertian Antropologi Adalah – Berbicara soal antropologi, memang cabang ilmu ini hanya beberapa orang saja yang mengetahuinya, bahkan mahasiswa sekalipun apabila tidak sering membaca dan bukan dari jurusun bahasa, maka akan kesulitan untuk mengetahui antropologi.

Wajar saja sebab bahkan ilmu pengetahuan alam, dan ilmu pengetahuan sosial tidak terdapat pelajaran tentang antropologi. Selain itu adalah tergolong ilmu yang baru sebab baru dikenal banyak orang saat diselenggarakan simposium pada tahun 1951 yang dihadiri oleh lebih dari 60 tokoh antropologi dari negara-negara di kawasan Ero-Amerika (hadir pula beberapa tokoh dari Uni Soviet).

Selain itu, pendidikan tentang antropologi baru diketahui pada saat perguruan tinggi dalam program studi ilmu sosial dan humoniora. Perlu diketahui bahwa antropologi keberadaannya sama dengan ilmu sosial, apalagi saat ini antropologi telah mengambil peran praktis untuk memecahkan problem hidup sosial kemasyarakatan.

Contohnya sebagai indikator kemajuan suatu masyarakat, dalam menghitungkan terdapat pembangunan sarana fisik dan pendapatan perkapita, nah didalam itu semua terdapat sumber daya sosio-kultural yang diabaikan.



Itulah mengapa dalam pembangunan sering terjadi ketimpangan dalam pembangunan yang kebanyakan menyisahkan masalah dalam persoalan sosial budaya. Dalam problem diatas, kini antropologi hadir dalam setiap aspek perencanaan pembangunan karena perannya yang strategis.



Riset-riset antropologi ini berguna mendiagnosa sosial budaya yang sering terjadi dalam kehidupan sehari-hari seperti kemiskinan, agama lokal, masyarakat marjinal, pengangguran, anak jalanan, komonitas keagamaan, eksisitensi hakhak adat, masyarakat nelayan, buruh, buruh tani, trafiking, kepemilikan tanah, komonitas adat, masyarakat urban, sampai pada persoalan seks komersial dan kesetaraan jender.



Dengan fungsi dan peran antropologi, disiplin ilmu ini terus berkembang. Perkembangan itu tidak hanya terjadi pada aspek teoritis melainkan juga pada ilmu terapannya atau peraktisnya. Tidak sedikit masukan dan gagasan yang disalurkan dalam disiplin ilmu antropologi terhadap kebijakan pembangunan di Indonesia.

Walaupun tidak dipungkiri bahwa dengan peran penting dari mempelajari antropologi yang begitu besar, namun di perguruan tinggi saja disiplin ilmu ini masih tergolong baru. Beruntung dengan hadirnya Koentjaraningrat sebagai tokoh sekaligus bapak antropologi di Indonesia yang meletakkan dasar-dasar antropologi Indonesia.

Apa Pengertian Antropologi Secara Umum? Ini 8 Arti & Penjelasannya
Apa Pengertian Antropologi Secara Umum? Ini 8 Arti & Penjelasannya

Diketahui displin antropologi ini adalah multidisipliner yang mengkaji tentang manusia secara menyeluruh. Proses kerja dari antropologi ini adalah mengkaji dekskripsi (etnografi) hasil-hasil laporan perjalanan para penjelajah dan penjelajah tentang kehidupan manusia, suku dan bangsa yang tinggal.

Hingga dalam perkembangannya dikenal luas dengan terbentuk beberapa cabang seperti antropologi fisik atau biologi, antropologi sosial, dan antropologi budaya.

Di sisi yang lain, antropologi juga merupakan bidang ilmu terapan sehingga hasil kajiannya dapat dimanfaatkan sebagai masukan dalam pengambilan keputusan untuk kebutuhan pembangunan, seperti antropologi pembangunan, antropologi kesehatan, antropologi ekonomi, dan sebagainya.

Melihat luasnya kajian seputar ilmu antropologi, tentu bukanlah perkara sulit untuk mengetahui ilmu ini baik secara teoritis maupun praktis apabila dilakukan secara bertahap mulai dari hal dasar seperti apa yang dimaksud atau definisi mengenai apa itu antropologi dan dari gagasan para ahli tentang antropologis seperti yang dapat dilihat dibawah ini:

Pengertian Antropologi Adalah?

Secara etimologi, yang dimaksud dengan antropologi sebenarnya berasal dari bahasa Yunani yang terdiri atas 2 kata yaitu anthropos dan logos. Arti anthropos yang berarti manusia dan logos atau logi adalah ilmu.

Sedangkan dalam bahasa Inggris, di eja dengan Anthroplogy dan di Indonesia dengan ejaan Antroplogi. Maka sepintas dari arti kata secara etimologi dapat dikatakan bahwa antroplogi adalah ilmu yang mempelajari tentang manusia.

Sedangkan secara terminologi, yang dimaksud dengan pengertian antropologi adalah ilmu yang berusaha mencapai pengertian atau pemahaman tentang manusia dengan mempelajari aneka warna, bentuk fisik, masyarakat dan kebudayaannya.

Pengertian Antropologi Menurut Para Ahli

Selain pengertian dan penjelasan diatas, terdapat beberapa definisi dari para ahli antropologis. Adapun definisi tentang antropologis itu adalah:

1. Pengertian Antropologi Menurut Haviland

Menurut Haviland (199: 29) bahwa Antropologi adalah studi untuk menyusun sejumlah generalisasi yang bermakna tentang mahluk manusia dan tindakanya serta pengertian yang lengkap tentang keragaman munusia baik kebudayaan maupun ciri fisiknya.

2. Pengertian Antropologi Menurut Harsojo

Dalam buku berjudul “Pengantar Antropologi” (1984), Harsojo menyampaikan bahwa definisi antropologi adalah ilmu pengetahuan yang mempelajari umat manusia sebagai makhluk masyarakat.

Selain itu, harsojo mengatakan bahwa perhatian antropologi tertuju pada sifat khusus badani dan cara produksi, tradisi serta nilai-nilai yang akan membedakan cara pergaulan hidup yang satu dengan pergaulan hidup yang lainnya.

3. Pengertian Antropologi Menurut Koentjaraningrat

Dalam bukunya yang berjudul “Pengantar Antropologi I” (1996), Koentjaraningrat mendefinisikan bahwa pengertian antropologi adalah sebuah ilmu tentang manusia pada umumnya dengan titik fokus kajian pada bentuk fisik, masyarakat dan kebudayaan manusia.

4. Pengertian Antropologi Menurut Conrad Philip Kottak

Dalam bukunya berjudul “Anthropology, the Exploration of Human Diversity” (1991), Conrad Philip Kottak menjelaskan bahwa yang dimaksud dengan antropologi mempunyai perspektif yang luas, tidak seperti cara pandang orang pada umumnya, yang menganggap antropologi sebagai ilmu yang mengkaji masyarakat nonindustri.

Menurut Kottak, antropologi merupakan studi terhadap semua masyarakat, dari masyarakat yang primitif (ancient) hingga masyarakat modern, dari masyarakat sederhana hingga masyarakat yang kompleks. Bahkan antropologi merupakan studi lintas budaya (komparatif) yang membandingkan kebudayaan satu masyarakat dengan kebudayaan masyarakat lainnya.

5. Pengertian Antropologi Menurut Kamus Oxford

Menurut Kamus Oxford, antropologi adalah studi tentang masyarakat dan budaya manusia dan perkembangannya. Dapat diartikan studi tentang karakteristik biologis dan fisiologis manusia dan evolusinya.

6. Pengertian Antropologi Menurut Cambridge

Sedangkan menurut dari Cambridge bahwa definisi dari antropologi adalah studi tentang ras manusia, budaya dan masyarakatnya dan perkembangan fisiknya.

7. Pengertian Antropologi Menurut David E. Hunter

Dalam The Study of Anthropology (1976), David E. Hunter menjelaskan bahwa definisi antropologi adalah suatu ilmu pengetahuan yang lahir dari adanya keingintahuan yang tidak terbatas tentang umat manusia.

8. Pengertian Antropologi Menurut Encylopedia Britannica

Dalam Encyclopaedia Britannica, djelaskan bahwa yang dimaksud dengan antropologi adalah ilmu kemanusiaan, yang mempelajari manusia dalam berbagai aspek mulai dari biologi dan sejarah evolusi homo sapiens hingga ciri-ciri masyarakat dan budaya yang secara tegas membedakan manusia dari spesies hewan lain.

Demikianlah informasi mengenai Apa Pengertian Antropologi? Ini Pengertian & Penjelasannya. Semoga informasi ini dapat bermanfaat bagi kita semua. Sekian dan terima kasih. Salam berbagi teman-teman.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *