Apa Pengertian Agama Secara Umum? Ini Arti & Penjelasannya


Pengertian Agama Adalah – Agama sudah menjadi pedoman hidup bagi kita semua dan juga menjadi tolak ukur tentang apa yang kita lakukan dalam kehidupan sehari-hari. Tanda ketaatan dan penghayatan kepada Agama, adalah pembuktian baru diri kamu baik atau tidak. Hal itulah mengapa peran agama sangat penting untuk mengatur kehidupan manusia dan mengarahkannya kepada kebaikan yang diharapkan bersama.

Peran itu karena Agama bisa mensuburkan hubungan yang baik dan harmonis antar manusia. Agama juga hadir dalam membangkitkan nilai luhur moralitas atau nilai-nilai kebaikan yang sejak dulu. Sebab menelisik sejarah, agama diturunkan salah satu tujuan dan fungsinya adalah menghidupkan moralitas manusia.

Demikian ini bisa disaksikan takkala agama menyerukan dukungan sebesar-besarnya terhadap prinsip kebaikan, seperti keadilan, kejujuran, toleransi, dan tolong-menolong. Pada prosesnya, agama juga sebagai fondasi keyakinan yang menjadi landasan bagi manusia untuk bergerak melakukan kebaikan.

Bisa dikatakan kalau, agama mensyaratkan moralitas sebagai bagian iman secara keseluruhan yang sifatnya mengikat bagi setiap penganutnya. Tanpa hal itu, maka nilai kebajikan itu hanya kehilangan makna dan hanyalah sebuah utopia yang tak berujung.



Sebab bisa dikatakan kalau, nilai-nilai tanpa ada makna dan hanya berupa nasihat belaka, maka hal itu tidaklah lebih dari sekedar anjuran atau hanya seruan belaka seperti yang tidak ubahnya diucapkan oleh saudara, teman yang lebih mudah untuk ditolak ketimbang menerimanya. Selain itu, tidak sedikit sejarah, gerakan dan perjuangan yang menjelaskan mengenai riwayat agama dalam memberikan spirit untuk menanggung penderitaan.



Dengan peran serta agamalah, sehingga mampu atau bisa menjadi power bagi manusia. Tujuannya adalah untuk menghadpai berbagai keluh kesah dan penderitaan hidup yang dialami manusia dalam kehidupan sehari-hari. Agama mampu menjadi obat yang tiada tara dari segala obat yang diproduksi manusia. Ibarat, agama adalah benteng kokoh yang menjulang kelangit untuk melindungi manusia dari berbagai keputusasaan dan hilangnya harapan.



Berbekal iman yang kuat dan keyakinan kepada Tuhan Yang Maha Esa memberi pertolongan, Sehingga apapun masalah yang muncul dan jalan buntu, maka selalu saja ada spirit, power dan solusi untuk menghadapi masalah itu. Itulah mengapa, dalam Agama terdapat doa-doa yang dipanjatkan setiap umatnya untuk menyampaikan keluh kesah, sebagai ruang-ruang privat antara individu dengan Tuhannya.

Jadi Agama sebagai peran iman menjadi pendorong dan pemberi motivasi, Agama adalah faktor utama bagi manusia untuk menghadapi dan menanggung cobaan hidup penuh ketegaran dan menyelematkan kepahitan. Sebab, agama selalu mendorong manusia untuk maju dalam ilmu pengetahuan sehingga langkah-langkah spritual yang dilakukan, hal itu melalui langkah intelektual. Sebab dalam agama, terdapat berbagai ayat yang menyebutkan kalau ilmu pengetahuan tidaklah terbatas, dan merupakan sumber yang teratur dalam jagat raya yang untuk kita capai.

Apa Pengertian Agama Secara Umum? Ini Arti & Penjelasannya (Foto: Artikelsiana.com)
Apa Pengertian Agama Secara Umum? Ini Arti & Penjelasannya (Foto: Artikelsiana.com)

Melalui hal ini maka agama tidak hanya seperti sebuah dongeng belaka yang tidak bisa dibuktikan kebenarannya, yang menyiratkan ketidakbenaran. Namun, agama adalah kebenaran itu sendiri untuk mencapai cahaya ilahi. Sehingga apabila Agama yang tidak memperbolehkan untuk dibuktikan, maka itu bukanlah Agama, melainkan hanyalah pedoman seperti sebuah aturan dll.

Berdasarkan penjelasan panjang diatas, dengan berbagai penjelasan agama, dapatkah anda mengambil kesimpulan tentang bagaimana sih pengertian agama itu? Hal ini penting sebab dalam penjelasan diatas, merupakan penjelasan dari pada apa yang dimaksud dengan agama. Namun apabila belum didapatkan pengertian agama, penulis akan memaparkannya dibawah ini sebagai pembanding untuk para pembaca. Adapun pengertian agama adalah?

Pengertian Agama Adalah?

Dalam menjelaskan mengenai apa yang dimaksud dengan agama, setidaknya bisa dibagi dalam 2 kategori yaitu agama yang dimaksud secara arti etimologi dan agama yang dimaksud dalam arti terminologi. Adapun yang dimaksud dengan kedua hal itu adalah?

Arti Agama Secara Etimologis Adalah

Menurut bahasa Sanskerta bahwa Agama terdiri atas 2 kata yaitu A berarti tidak, dan Gama berarti kacau atau kocar kacil. Sehingga arti etimologinya adalah tidak kacau, tidak kocar-kacir, tidak berantakan, atau keteraturan dan peraturan untuk mencapai arah atau tujuan tertentu.

Dalam bahasa latin, Agama berasal dari kata Religio yang asalnya Religere. Arti dari kata itu adalah mengembalikan ikatan, memperhatikan dengan saksama. Sehingga secara etimologi adalah tindakan manusia untuk mengembalikan ikatan atau memulihkan hubungannya dengan Ilahi.

Sedangkan dalam bahasa Arab, arti Agama adalah Din yang asal katanya adalah yadinu dinan yang artinya adalah berarti tatanan, sistem atau tatacara hidup. Sehingga din adalah tata cara hidup.

Arti Agama Secara Terminologis Adalah

Berdasarkan dari seluruh penjelasan diatas, maka dapat disimpulkan bahwa yang dimaksud dengan agama secara terminologis adalah aturan atau tata cara hidup manusia dalam hubungannya dengan Tuhan dan sesamanya. Selain itu, Agama juga bisa diartikan sebagai ajaran atau sistem yang mengatur tata keimanan (kepercayaan) dan peribadatan kepada Tuhan Yang Mahakuasa serta tata kaidah yang berhubungan dengan pergaulan manusia dan manusia serta lingkungannya (Kamus Besar Bahasa Indonesia).

Pengertian Agama Secara Umum Adalah (Foto: Artikelsiana.com)
Pengertian Agama Secara Umum Adalah (Foto: Artikelsiana.com)

Pengertian Agama Secara Umum Adalah?

Dari berbagai arti dan penjelasan diatas, maka dapat disimpulkan bahwa yang dimaksud dengan pengertian agama secara umum adalah sistem kepercayaan sebagai pedoman hidup dan mengatur tata cara peribadatan kepada Tuhan dan hubungan antar manusia dengan Alam agar saling hidup rukun dan selamat dunia dan juga diakhirat.

Demikianlah informasi dengan topik yang berjudul Apa Pengertian Agama Secara Umum? Ini Arti & Penjelasannya. Semoga informasi ini dapat bermanfaat bagi kita semua. Sekian dan terima kasih. Salam berbagi teman-teman.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *