Pengaruh Proses Infiltrasi Siklus Air Terhadap Lingkungan dan Kehidupan Manusia


Berbicara soal proses infiltrasi sikslus air pada siklus air terhadap lingkungan dan kehidupan manusia sebenarnya berada pada materi siklus hidrologi. Apasih itu Siklus hidrologi?

Apa itu Siklus Hidrologi?

Siklus hidrologi adalah sirkulasi air yang tidak pernah berhenti dari atmosfer ke bumi dan selanjutkan akan kembali lagi ke atmosfer melalui serangkaian proses yang memberikan pengaruh terhadap lingkungan dan lingkungan manusia.

Pengaruh yang dihasilkan dari siklus ini sangat besar. Manfaatnya menyentuh langsung kehidupan manusia di bumi. Dengan siklus ini, maka seluruh makhluk hidup termasuk manusia bisa menikmati manfaat dari air.

Siapasih makhluk hidup yang tidak membutuhkan air, mau itu hewan, tumbuhan dan manusia semuanya membutuhkan air. Bayangkan saja jika siklus hidrologi itu kemudian tidak ada, maka tentu bumi ini akan kekurangan air yang begitu signifikan dan bahkan setiap orang akan kesusahan mendapatkan air.

Ternyata proses adanya air itu terjadi atas beberapa tahap yakni evaporasi, transpirasi, sublimasi, kondensasi, presipitasi, limpasan dan yang terakhir adalah proses infiltrasi.

Melalui berbagai tahap tersebut memberikan pengaruh pada lingkungan dan lingkungan manusia sehingga ketersediaan air di Bumi bisa terjamin mulai dari air yang mengalir ke sungai, danau hingga laut dan air yang terserap di dalam tanah. Melalui ketersediaan air tersebut maka kebutuhan hewan, manusia dan tumbuhan bisa terjamin.

Namun walaupun demikian, setiap orang diwajibkan untuk memanfaatkan dengan sebaik-baiknya apalagi air bersih. Sebab jika dibiarkan begitu saja maka air bersih yang ada di sekitar kita akan berkurang dan tentunya untuk mendapatkan air membutuhkan proses yang begitu panjang. Kembali ke pembahasan utama yakni berbicara soal proses infiltrasi pada siklus air, maka yang kita bicarakan adalah tahap infiltrasi itu sendiri.

Apa itu Proses Infiltrasi Pada Siklus Air?

Secara umum yang dimaksud dengan proses infiltrasi dalam siklus air adalah proses masuknya air ke dalam tanah. Sebagian air hujan tidak mengalir tetapi langsung masuk ke dalam tanah dan menjadi air tanah. Secara sederhana memahami tahap ini bisa disebut dengan diserap. Jadi air diserap ke dalam tanah.

Adapun proses terjadinya infiltrasi adalah Kemampuan tanah untuk menyerap air dipengaruhi oleh kadar air dalam tanah itu sendiri. Tanah yang lebih kering mampu menyerap air dalam jumlah yang lebih banyak.

Molekul air yang ada di dalam tanah juga dapat bergerak menuju tanah yang lebih kering, diserap oleh tumbuhan, atau diambil oleh manusia lewat sumur. Selain dari perairan, tanah juga menyerap air yang turun dari langit melalui hujan. Kemampuan tanah menyerap air hujan juga dipengaruhi oleh kadar air dalam tanah itu sendiri.

Pengaruh Proses Infiltrasi Siklus Air Terhadap Lingkungan dan Lingkungan Manusia

Berdasarkan dari penjelasan diatas maka dapat disimpulkan bahwa adapun jawaban mengenai topik yang berjudul pengaruh proses infiltrasi siklus air terhadap lingkungan dan lingkungan manusia adalah?

Dengan adanya pengaruh proses infiltrasi sehingga ketersediaan air tanah melimpah yang membuat sumur yang notebenya dari air tanah yang bisa digunakan untuk mandi, mencuci pakaian dll serta bisa digunakan untuk minum atau memasak jika memenuhi ciri-ciri air tanah yang sehat dan aman. Selain itu dengan proses ini, maka terjadi proses fotosintensis sehingga tumbuhan bisa tumbuh dan berbuah serta memberikan udara segar.

Demikianlah informasi mengenai topik yang berjudul “Pengaruh Proses Infiltrasi Siklus Air Terhadap Lingkungan dan Lingkungan Manusia“. Semoga informasi ini dapat bermanfaat bagi kita semua. Sekian dan terima kasih. Salam berbagi teman-teman.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *