Pengaruh Negatif Majunya IPTEK Yang Berbahaya Bagi Indonesia


Pengaruh Negatif Majunya IPTEK – Saat gerakan revolusi industri menggema di negara Inggris, perkembangan teknologi informasi dan komunikasi atau IPTEK terus berlangsung dan bahkan semakin pesat.

Perlahan-lahan, dengan kemajuan IPTEK memberikan pengaruh bagi manusia salah satun peran manusia perlahan mulai digantikan oleh teknologi.

Kemajuan IPTEK tidak mengalami pasang surut, malah terus menanjak naik yang terus mengalami pembaharuan saat dimulainya peristiwa sejarah yang paling besar yakni Perang Dunia I.

Perang yang terjadi dimana saat itu, setiap negara ingin menjadi negara yang terhebat salah satu cara yang dilakukannya adalah dengan terus berinovasi dalam memajukan dan menciptakan teknologi.

Walaupun penggunaan kemajuan IPTEK saat itu, difungsikan atau dipakai untuk kebutuhan perang. Apalagi, kemajuan IPTEK semakin mengalami lompatan sejarah yang begitu cepat saat memasuki era dimana Perang Dunia II.

Memang, kebanyakan dari teknologi atau kemajuan IPTEK yang tercipta berhubungan dengan perang, hal itu memberikan pikiran bahwa kemajuan IPTEK membawa pengaruh negatif bagi manusia dan sangat berbahaya karena bisa menjadi bencana.

Hal itu karena setiap orang terus melakukan eksplorasi. Sehingga setiap orang perlu untuk melihat jauh kedepan dalam berinovasi agar mampu untuk menciptakan teknologi di masa yang akan datang.

Semangat kemajuan untuk berinovasi dalam teknologi pada dasarnya adalah untuk membantu pekerjaan manusia agar lebih mudah, namun karena ulah dan kepentingan manusia yang tidak mempertimbangkan aspek kedepannya membuat beberapa dari hasil ciptaan teknologi disalahgunakan.
.
Lihat saja saat jatuhnya bom atom hiroshima dan nagasaki yang membuat negara Jepang menjadi negara lumpuh hingga ada banyak korban yang berjatuhan.

Selain itu, rudal-rudal yang diciptakan yang kebanyakan difungsikan untuk menghancurkan kota dan wilayah negara lain seperti daerah Palestina yang kini telah direbut.

Selain itu, pesawat tempur yang awalnya pesawat ini diciptakan untuk membantu manusia melintasi pulau dan perairan melalui jalur udara dengan waktu yang cepat, malahan difungsikan kepada hal yang negatif yang membuat kemajuan IPTEK tidaklah maju sama sekali dalam artian membantu manusia, malahan merugikan manusia yang lainnya.

Apalagi untuk era sekarang, era digital atau era yang disebut dengan Revolusi Industri 4.0 tidak sedikit kemajuan IPTEK yang kita saksikan saat ini. Era yang memiliki inovasi dalam hal artificial intelegence atau kecerdasan buatan ini.

Membuat banyak orang terpukau dengan zaman ini, sebab pada zaman ini peradaban manusia akan meloncat pada era dimana manusia akan berjumpa dengan robot-robot yang biasa disaksikan dalam film-film layar lebar.

Walau kemajuan IPTEK ini memberikan kemudahan yang begitu pesat bagi manusia, apalagi saat era 4.0 berjalan lebih jauh, akan tetapi perlu diwaspadai dan diawasi.

Sebab bisa saja, berbagai kemajuan IPTEK saat ini sama dengan kemajuan IPTEK dulu yang disalahgunakan oleh orang-orang yang tidak bertanggung jawab membuat banyaknya korban jiwa dan membawa setiap negara kepada peperangan dan pertempuran.

Hal ini harus diwaspadai oleh banyak orang, dengan mendalami banyak informasi untuk menambah pengetahuan agar tidak termakan hoax yang kini banyak beredar di sosial media seperti instagram, facebook, youtube dan twitter.

10 Pengaruh Negatif Majunya IPTEK Yang Berbahaya Bagi Indonesia
10 Pengaruh Negatif Majunya IPTEK Yang Berbahaya Bagi Indonesia

Pengaruh Negatif Kemajuan IPTEKĀ 

Selain itu, ada faktor sosiologis dan faktor budaya yang bisa terpengaruh karena kemajuan IPTEK. Untuk mengetahui lebih lengkap dan terperinci mengenai pengaruh kemajuan iptek yang berbahaya bagi manusia pada kali ini penulis akan memaparkannya sebagaimana dibawah ini;

  1. Berkembangnya sikap konsumtif karena semua barang yang mau dibeli disediakan secara online
  2. Munculnya pengangguran karena kualifikasi syarat pencari kerja yang tinggi
  3. Hilangnya budaya yang membuat banyak orang menjadi menyukai budaya luar
  4. Kemerosotan moral khususnya bagi remaja karena lebih fokus dengan perangkat teknologinya seperti gadget
  5. Kurangnya rasa untuk bersosialisasi karena penggunaan teknologi yang membuat orang menjadi invidiual
  6. Terjadinya perang nuklir yang bisa membunuh banyak orang dan makhluk hidup lainnya.
  7. Banyaknya pengangguran karena banyak mesin yang mengambil ahli kerja-kerja manusia
  8. Tersebarnya hoax yang semakin sulit untuk diketahui.

Demikianlah informasi mengenai Pengaruh Negatif Majunya IPTEK Yang Berbahaya Bagi Indonesia. Semoga informasi ini dapat bermanfaat bagi kita semua.Sekian dan terima kasih. Salam berbagi teman-teman.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *