Penerapan Nilai Ketuhanan dalam Kehidupan Sehari-Hari


Pancasila adalah philosopische grondslag atau pandangan hidup bangsa yang wajib untuk diterapkan dalam kehidupan sehari-hari. Hal itu karena didalamnya termuat nilai-nilai luhur yang sangat fundamental yang telah dianut oleh banyak masyarakat Indonesia sejak dahulu kala.

Tanpa pancasila tidak mungkin negara ini menjadi negara yang utuh karena dengan dasar negara, Indonesia mempunyai arah dan tujuan yang jelas. Dengan kehadiran Pancasila ini juga menjadi perekat dari keberagaman yang terdapat di Indonesia.

Pancasila merupakan dasar serta landasan ideologi Bangsa Indonesia, maka pentingnya bagi setiap orang untuk menerapkan Pancasila dalam kehidupan sehari-hari.

Secara historis, Indonesia mempunyai dua hari yang sangat bersejarah dalam hal ini adalah lahirnya Pancasila pada 1 Juni 1945 yang ditetapkan pada hari lahir Pancasila dan hari kesaktian Pancasila pada tanggal 1 Oktober 1945 sebagai peringatan terhadap kejadian pemberontakan di Tanah Air yang melibatkan banyak pihak menjadi pemicu lahirnya hari Kesaktian Pancasila.



Nilai-nilai yang terkandung dalam Pancasila yang mempunyai serangkaian nilai, yaitu ketuhanan, kemanusiaan, persatuan, kerakyatan, dan keadilan. Dari ke lima nilai itu menjadi dasar yang membedakan hukum di Indonesia dengan hukum yang ada di negara lain. Sehingga Pancasila merupakan asas kerohanian tertib hukum Indonesia yang dalam pembukaan UUD 1945 dijelmakan lebih lanjut ke dalam empat pokok pikiran.



Berbicara soal satu sila yang terdapat di Pancasila dalam hal ini Ketuhanan Yang Maha Esa, mempunyai beberapa hal yang mesti bisa diterapkan oleh warga Indonesia sebagai upaya penerapan nilai-nilai ketuhanan yang maha esa dalam kehidupan sehari-hari.



Sebab sila pertama (I) Ketuhanan Yang Maha Esa ini merupakan pengakuan atas keberadaan Tuhan sebagai pencipta alam semesta beserta isinya. Manusia Indonesia beriman dengan meyakini adanya Tuhan yang diwujudkan dalam ketaatan kepada Tuhan yang Maha Esa. Melalui hal ini, seluruh masyarakat Indonesia menjalankan segala perintah dan juga menjauhi segala larangan Tuhan.

Penerapan Nilai Ketuhanan Dalam Kehidupan Sehari-Hari

Secara garis besarnya nilai ketuhanan yang terdapat dalam pancasila ini sudah menerangkan bahwa sejak dahulu bangsa Indonesia adalah bangsa yang religius, dengan percaya adanya zat yang maha kuasa dan menyakini bahwa semua yang ada di bumi adalah ciptaan tuhan.

Sikap nilai ketuhanan dalam kehidupan sehari-hari, dapat dilakukan dengan beberapa cara dalam hal ini adalah:

    • Bekerja sama antarpemeluk agama dan penganut kepercayaan yang berbeda-berbeda.
    • Saling menghormati antarumat beragama.
    • Menghormati orang lain dalam kebebasan menjalankan ibadah sesuai agama dan kepercayaan masing-masing.
    • Tidak memaksakan satu agama dan kepercayaan terhadap Tuhan Yang Maha Esa kepada orang lain.
    • Percaya dan takwa kepada Tuhan Yang Maha Esa sesuai ajaran agama yang dianut.
    • Menjalankan perintah agama sesuai ajaran yang dianut.

Demikianlah informasi mengenai topik yang berjudul Penerapan Nilai Ketuhanan dalam Kehidupan Sehari-Hari. Semoga informasi ini dapat bermanfaat bagi kita semua. Sekian dan terima kasih. Salam berbagi teman-teman.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *