Penemu Algoritma, Istilah Dari Seorang Ilmuwan Arab Yakni Al-Khawarizmi


Algoritma dan Al-Khawarizmi – Siapasih diantara kita yang tidak mengetahui Algoritma. Bagi yang mengetahui Algoritma, sudah pasti tidak pernah sekolah,

Atau bagi yang tidak mengetahui Algoritma bisa jadi tidak pernah masuk atau sering bolos saat mata pelajaran Matematika. Sebab mengapa Matematika?

Karena, Algoritma merupakan ilmu yang terdapat pada matematika. Biasanya materi Algoritma ini diajarkan ketika kita berada di kelas dua SMP dan diulangi lagi saat SMA.

Apabila ada yang bertanya-tanya mengenai seperti apa itu Algoritma, menjawabnya ilmu Algoritma ini sangat bermanfaat bagi kehidupan kita sehari-hari.



Karena dengan Algoritma, kita semua bisa hidup teratur, punya sistem yang jelas dan tidak saling bertubrukan atau punyai prosedur dengan kajian yang matematis.



Apalagi era saat ini dengan kemajuan dunia teknologi dan internet yang sangat canggih, dalam aktivitas kita tidak lepas dari yang namanya Facebook, Whatsapp, Twitter Instagram, Line, Pinterest, dan Youtube.



Semua apa yang kita gunakan diatas dll, adalah hasil dari penguasaan dan pengkajian Algoritma. Melalui Algoritma itu, kita bisa chatingan sama teman, dan cari gebetan di Instagram dan Facebook.

Namun sebelum itu, tahukah anda siapasih penemu Algoritma? atau pertanyaannya siapa yang memunculkan nama Algoritma?

Penemu dari Algoritma ini berasal dari ilmuwan arab bernama Abu Abdullah Muhammad Ibn Musa al-Khwarizmi.

Atau penemu Algoritma ini biasa disebut dan dipanggil dengan “Al khawarizmi”, seorang ilmuwan Matematika yang juga seorang Muslim.

Namun kenapa Algoritma ini harus disebut dengan Algoritma, kenapa tidak disebut dengan “Al Khawarismi”. Istilah Algoritma sendiri memang muncul karena ulah orang barat.

Untuk “algoritma” berasal dari latinisasi nama penemunya yaitu Al-Khawarizmi, seperti tercantum dalam karya buku dengan bahasa latin abad ke-12, yang berjudul algorithmi de numero Indorum.

Penemu Algoritma ini diketahui diperkirakan wafat pada tahun 847 M dengan usia 67 tahun. Ia meninggalkan kenangan abadi bagi para ilmuwan matematika di seluruh dunia.

Ia digelari Bapak Matematika karena keberhasilannya dalam memajukan cabang ilmu ini hingga mencapai puncaknya.

Penemu Algoritma, Istilah Dari Seorang Ilmuwan Arab Yakni Al-Khawarizmi (Foto: Artileksiana.com)
Penemu Algoritma, Istilah Dari Seorang Ilmuwan Arab Yakni Al-Khawarizmi (Foto: Artileksiana.com)

Sebab Abu Abdullah Muhammad bin Musa al-Khwarizmi tidak hanya menemukam Algoritma, juga berhasil dalam menemukan Aljabar, Angka Nol, dan serta masih banyak lagi penemuan Abu Abdullah Muhammad bin Musa al-Khwarizmi.

Demikianlah informasi yang berjudul Penemu Algoritma, Istilah Dari Seorang Ilmuwan Arab Yakni Al-Khawarizmi. Semoga informasi ini dapat bermanfaat bagi kita semua. Sekian dan terima kasih. Salam Berbagi Teman-teman. 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *