Pendahuluan Dalam Proposal Berisi? Ini Penjelasannya Lengkapnya


Pendahuluan Dalam Proposal Berisi – Dalam penulisan terdapat berbagai jenis atau bentuk yang bisa digunakan dengan fungsi dan tujuan tertentu seperti proposal. Proposal adalah rancangan yang buat berbentuk tulisan secara sistematis dan terperinci untuk kegiatan acara yang akan diselenggarakan. Tujuan proposal adalah untuk mendapatkan bantuan dana, memperoleh dukungan atau sponsor, dan memperoleh perizinan.

Dalam proposal sendiri juga mempunyai berbagai kegunaan dan struktur tersendiri seperti proposal penelitian untuk mahasiswa, proposal kegiatan dan proposal proyek dll. Ada banyak jenis-jenis proposal yang memang bagi sebagian orang sangatlah menyulitkan untuk membuatnya.

Bayangkan saja dengan membuat proposal dalam hal ini proposal penelitian yang dilakukan oleh mahasiswa ada yang bahkan dilakukan sampai berbulan-bulan. Walaupun hal ini tidak semua dilakukan oleh para mahasiswa, sebab yang membuat proposal terasa sulit karena memikirkannya, karena hanya berputar pada judul dan karena tidak memiliki konsep yang matang.

Ketiga hal ini adalah yang penulis sendiri rasakan mengapa proposal itu begitu menyulitkan bagi sebagian orang. Tapi bagi orang yang pertama kali membuat proposal berbeda lagi, terkadang mereka belum mengetahui bagian-bagian atau struktur proposal yang secara umum terbagi atas pendahuluan, masalah atau perumusan masalah, tujuan, sasaran, pelaksanaan atau Teknik Pelaksanaan, jadwal pelaksanaan, anggaran dan 8.penutup.



Itulah struktur umum dari proposal, sedangkan untuk proposal penelitian biasanya hanya terdiri atas 3 bab yaitu pendahuluan, tinjauan pustaka dan yang ketiga adalah metode penelitian. Dalam melengkapi bagian-bagian ini terkadang banyak para mahasiswa kesulitan karena tidak mengetahui apa yang harus dituliskan dalam pendahuluan, tinjauan pustaka dan metode penelitian. Sejalan dengan hal itu, pada kali ini penulis akan menerangkan salah satu bagian dari proposal itu yakni:



Pendahuluan Dalam Proposal Adalah?

Dalam pendahuluan proposal adalah suatu bagian proposal yang memuat tentang apa alasan atau maksud dan tujuan seseorang untuk mengajukan permohonan kegiatan. Sehingga karena merujuk tentang apa alasan dalam hal ini juga bisa disebutkan latar belakang sehingga ingin melakukan kegiatan baik itu penelitian ataupun proposal kegiatan organisasi atau apapun itu.



Di dalam pendahuluan memuat dasar pemikiran murni dari seorang penulis atau bisa dikatakan tempat menyampaikan seluruh opini penulis melihat situasi dan kondisi sehingga ingin melakukan sesuatu yang secara keseluruhan tersebut dimuat dalam proposal. Dari pendahuluan itu, menjadi rujukan atau dasar dari jalannya proposal itu dibuat. Di dalam pendahuluan juga terdiri atas berbagai bagian atau isi yaitu:

    1. Latar Belakang Dilakukannya kegiatan.
    2. Informasi sekilas tentang kegiatan.
    3. Maksud penyelenggaraan kegiatan.
    4. Tujuan penyelenggaraan kegiatan.
    5. Urgensi penyelenggaraan.
    6. Manfaat yang didapatkan apabila kegiatan ini diselenggarakan.

Demikianlah informasi mengenai topik yang berjudul Pendahuluan Dalam Proposal Berisi? Ini Penjelasannya Lengkapnya. Semoga informasi ini dapat bermanfaat bagi kita semua. Sekian dan terima kasih. Salam berbagi teman-teman.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *