Pattimura Berasal Dari Daerah? Ini Alasan & Dampak Perjuangan Yang Dilakukannya


Thomas Matulessy atau yang lebih populer dengan Kapitan Pattimura ini adalah pahlawan nasional Indonesia yang berasal dari daerah Maluku. Pattimura mempunyai perjuangan yang berdampak besar dan alasan yang begitu heroik.

Sebagai seorang pemberani, ia lahir di pulau Seram pada 8 Juni 1783 dari keluarga keturunan bangsawan saat itu. Tercatat dalam sejarah bahwa Pattimura adalah sesosok yang paling getol dalam berjuang melawan penjajahan Belanda yang masuk ke tanah Maluku untuk menguasai perdagangan rempah-rempah.

Bahkan Pattimura ini pernah menjadi pemimpin dalam pertempuran besar yang saat itu rakyat Maluku bersatu dalam merebut Benteng Duurstede dari tangan penjajah Belanda. Namun perjuangan yang dilakukan Pattimura tidak berlangsung lama, sebab dirinya meninggal 34 tahun pada tanggal 16 Desember 1817 karena tertangkap Belanda dan dijatuhi hukuman mati di tiang gantungan.

Dalam beberapa catatan sejarah bahwa sosok dari Kapitan Pattimura ini mempunyai biografi yang baik sebab dirinya adalah seorang pemimpin yang berwibawa dan penuh kharisma. Selain itu, dirinya dikenal cerdik dan dapat menghimpur kekuatan besar dalam melawan pergerakan Belanda di daerah Maluku tempat asal dari Pattimura.



Berkat kepemimpinnya, dirinya begitu terkenal hingga para pemimpin VOC mengakui kecerdikan dan kekuatan dari Pattimura hingga membuatnya berpikir segala macam cara dalam mengalahkan Pattimura. Ada yang menyebutkan bahwa kemampuan perang yang dimiliki Pattimura berasal dari jejak dirinya yang dikatakan pernah menjadi Sersan di militer Inggris di tanah Ambon.



Perjuangan yang dilakukan Kapitan Pattimura sangat berdampak bagi kemerdekaan Indonesia yang saat ini kita semua rasakan. Walaupun sudah berlangsung lama, tapi tetap saja nama Kapitan Pattimura masih saja tak pudar ditelan zaman, bahkan sosoknya menjadi sebuah tanda tanya besar bagi kalangan pemuda dan para pelajar untuk mengetahui siapa itu Kapitan Pattimura.



Selain dinobatkan sebagai pahlawan nasional, juga terdapat taman di Ambon yang membuat sebuah taman dengan patung Pattimura berdiri serta beberapa jalan yang menggunakan namanya. Taman Pattimura, begitulah taman itu biasa dikenal oleh warga kota Ambon terdapat di samping lapangan merdeka yang menjadi pusat kegiatan kota Ambon.

Taman Pattimura sejenak menjadi sebuah perenungan ketika keberadaanya dapat dijadikan motivasi bagi anak-anak muda Ambon untuk berjuang membangun Bangsa Indonesia. Seharusnya kita semua semakin bangga dengan perjuangan Pattimura dan berusaha mewujudkan perjuangan serupa untuk masa depan Indonesia.

Pattimura Berasal Dari Daerah?

Berdasarkan penjelasan diatas maka dapat disimpulkan bahwa adapun jawaban mengenai topik utama yakni pattimura berasal dari daerah mana adalah:

Pattimura atau Thomas Matulessy adalah pahlawan nasional Indonesia berasal dari daerah Maluku, Pulau Seram tepatnya tinggal di Desa Haria, Pulau Saparua, Kabupaten Maluku Tengah, Maluku.

Apa Alasan dari Perjuangan Pattimura?

Selain itu untuk pertanyaan berupa apa alasan dari perjuangan pattimura ialah:

Pattimura memimpin rakyat Maluku melawan kekejaman Belanda. Pihak Belanda menguasai perdagangan rempah-rempah di seluruh kepulauan Maluku. Rakyat diharuskan menjual hasil pertaniannya dengan sangat murah dan bahkan harus menyerahkan beberapa bahan pangan kepada Belanda.

Apa Dampak dari Perjuangan Yang Dilakukan Pattimura?

Diketahui tidak ada perjuangan yang tidak sia-sia begitupula yang dilakukan oleh pahlawan nasional Indonesia yang berasal dari daerah Maluku dengan alasan perjuangan tersebut berdampak positif dan negatif. Adapun dampak dari perjuangan yang dilakukan pattimura ialah:

Untuk dampak positif dari perjuangan yang dilakukkan pattimura adalah berhasil merebut Benteng Duurstede di Saparua. Sedangkan untuk dampak negatifnya adalah setelah Belanda meminta bantuan dari Jakarta, akhirnya rakyat Maluku terdesak dan Pattimura tertangkap oleh Belanda.

Demikianlah informasi mengenai topik yang berjudul Pattimura Berasal Dari Daerah? Ini Alasan & Dampak Perjuangan Yang Dilakukannya. Semoga informasi ini dapa bermanfaat bagi kita semua. Sekian dan terima kasih. Salam berbagi teman-teman.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *