Patrilineal Adalah? Ini Pengertian & Bedanya Dengan Matrilineal


Berbicara soal pewarisan adat itu tidak lepas dari adanya sistem kekerabatan yang terjadi. Peran sistem kekerabatan ini sangat luar biasa besarnya, karena menjadi penentu dalam penarikan garis keturunan dalam keluarga dimana bagi pihak laki-laki atau pihak perempuan yang menjadi pelanjut keluarga itu. Sehingga dalam pembagian harta warisan yang menurut penarikan garis keturunan dalam keluarga.

Didalam sistem kekerabatan terdapat hukum adat kekerabatan yang mengatur kedudukan anggota keluarga seperti anak dihadapan orang tua, anak dihadapan kerabat, sanak famili dan sebaliknya. Untuk yang kekerabatan karena hubungan darah, keturunan dan petalian adat dikenal kekerabatan genealogis.

Bagi ada yang belum tahu apa itu kekerabatan, kekerabatan adalah unit-unit sosial yang didalamnya terdapat beberapa keluarga yang terdapat hubungan darah atau perkawinan. Sistem kekerabatan itu tetap dipertahankan sehingga prinsip kekerabatan berfungsi untuk perkawinan yaitu keadaan untuk dapat melanjutkan keturunan, mengeksistensikan silsilah dan kedudukan keluarga.

Pengertian Patrilineal Adalah?

Secara umum apa yang dimaksud dengan pengertian Patrilineal adalah suatu adat masyarakat yang mengatur alur keturunan berasal dari pihak ayah. Secara etimologi, Patrilineal tersebut terdiri dari 2 kata dalam hal ini adalah pater yang artinya ayah, dan linea yang artinya garis. Maka bila diartikan, patrilineal berarti mengikuti garis keturunan yang ditarik dari pihak ayah.

Selain pengertian diatas, juga dapat dikatakan bahwa secara sederhana yang dimaksud dengan Patrilineal adalah suatu adat masyarakat yang mengatur alur keturunan berasal dari pihak ayah. Apabila terdapat masalah maka wajib bagi pihak laki-laki untuk bertanggungjawab.

Jika mengutip pendapat Koentjaraningrat yang terdapat di dalam buku Hukum Adat Indonesia terbitan 2013 maka dijelaskan bahwa terdapat prinsip garis keturunan patrilineal. Prinsip itu adalah menghitung hubungan kekerabatan melalui orang laki-laki saja.

Maka dari itu sehingga setiap individu yang yang masuk dalam kaum kerabat ayahnya masuk dalam batas hubungan kekerabatannya, lalu untuk semua kaum kerabat ibuya jatuh di luar batas itu. Dalam kekerabatan patrilineal, hak dan kedudukan yang dimiliki suami akan lebih tinggi daripada hak dan kedudukan istri.

Tugas istri dalam keluarga ialah mendampingi dan membantu suami dalam berumah tangga, meneruskan keturunan dan memelihara baik hubungan kekerabatan antara keluarga suami dan keluarga istri.

Bentuk-Bentuk Patrilineal Adalah?

Diketahui patrilineal mempunyai dua bentuk yaitu bentuk patrilineal murni dan patrilineal beralih-alih. Adapun penjelasan singkat untuk kedua jenis patrilineal ini adalah:

a. Patrilineal Murni

Secara umum arti Patrilineal murni adalah bentuk sistem kekerabatan yang mengambil acuan utamanya dari keturunan pada laki-laki, tapi untuk sistem pewarisan tidak berpengaruh ada atau tidaknya anak laki-laki.

Sehingga tidak mengakibakan keturunan dalam keluarga itu putus walau punya anak perempuan. Olehnya itu patrilineal murni ini dimana penerusan harta warisan tetap dapat dilakukan.

b. Patrilineal Beralih-alih

Secara umum yang dimaksud dengan Patrilineal beralih-alih adalah bentuk sistem kekerabatan yang mengambil garis keturunan pada anak laki-laki tetapi jika tidak ada anak laki-laki, maka anak perempuan ditarik dalam keluarga orang tuanya sehingga memiliki kedudukan hukum sebagai anak laki-laki meskipun secara biologis tetap sebagai perempuan,

Selain itu juga dapat diupayakan terdapat anak laki-laki dengan cara pengangkatan anak, sehingga anak laki-laki tersebut terputus pada keluarga asalnya dan memiliki hubungan kekeluargaan dan keturunan pada keluarga istrinya.

Perbedaan Patrilineal dan Matrilineal Adalah?

Untuk dari Patrilineal, bisa dilihat dari pembahasan diatas, sedangkan untuk kekerabatan matrilineal adalah sistem kekerabatan garis keturunan dari pihak perempuan, sehingga keturunan perempuan berfungsi melanjutkan keturunan keluarganya, sedangkan keturunan laki-laki hanya berfungsi memberikan keturunan pada keluarga perempuannya. Serta laki-laki sebagai suami melepaskan warga adatnya dan memasuki warga adat istrinya.

Namun pelepasan warga adat matrilineal juga tergantung pada sistem perkawinan yang dilaksanakan, tidak selalu melepaskan adat tetapi juga dapat terikat pada adat masingmasing, contohnya adalah Minangkabau dan Semendo.

Demikianlah informasi mengenai topik yang menjadi topik yang berjudul Patrilineal Adalah? Ini Pengertian & Bedanya Dengan Matrilineal. Semoga informasi ini dapat bermanfaat bagi kita semua. Sekian dan terima kasih. Salam berbagi teman-teman.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *