[Jawaban] Orang Yang Melayani Telekomunikasi di Kapal?


Siapakah orang yang melayani telekomunikasi di kapal? Jawabannya yaitu Markonis. Tahukah anda tentang Markonis? Mari kita kaji bersama-sama tentang Markonis yang melayani telekomunikasi di kapal

Markonis memiliki nama lain yaitu Radio Officer dan Spark, karena juga bertugas untuk menangani komunikasi radio dan memberikan informasi jika terdapat masalah yang ada di kapal.

Selain daripada itu, Markonis memiliki tanggungjawab untuk menjaga keselamatan kapal dari segala macam bahaya yang secara umum berasal dari alam seperti kapal tenggelam, badai dan lain sebagainya.

Markonis dapat dikategorikan sebagai pelaut karena pekerjaannya berada di atas kapal laut dan termasuk sebagai awak kapal di dalamnya.

Sebelum kita mendefenisikan arti markonis maka kita terlebih dahulu mendefenisikan pengertian pelaut.

[Jawaban] Orang Yang Melayani Telekomunikasi di Kapal?
[Jawaban] Orang Yang Melayani Telekomunikasi di Kapal?

Orang yang melayani telekomunikasi di kapal

Pengertian Pelaut

Pelaut adalah seseorang yang berprofesi atau bekerja di atas kapal laut dan merupakan suatu bagian dari awak kapal. Seorang pelaut bisa bekerja pada salah satu atau sejumlah bidang yang berbeda di kapal terkait dengan pemeliharaan operasi atau kapal dan hal ini meliputi seluruh awak yang sedang bekerja di atas kapal.

Selain daripada itu, beberapa pelaut juga disebut dengan ABK atau anak buah kapal. Untuk dapat menjadi seorang pelaut atau seseorang yang bekerja di atas kapal maka haruslah memiliki sertifikat khusus kepelautan yang bisa diperoleh dengan cara belajar pada Balai Pendidikan dan Pelatihan Ilmu Pelayaran, dan sertifikat tersebut buat oleh Badan Diklat Kepelautan.

Profesi sebagai pelaut itu sudah ada sejak dahulu dan menurut asal-usulnya, pada saat itu kapal laut telah menjadi moda transportasi utama sejak zaman dahulu sebagai kendaraan untuk perjalanan antar pulau.

Akan tetapi sekarang ini, istilah pelaut mengacu pada setiap pekerjaan yang ada di atas kapal sebagai alat transportasi, baik itu meliputi nahkoda ABK dan angkatan laut militer atau armada kapal dagang.

 [Jawaban] Orang Yang Melayani Telekomunikasi di Kapal?
[Jawaban] Orang Yang Melayani Telekomunikasi di Kapal?

Tugas Markonis sebagai orang yang melayani telekomunikasi di kapal

Selain mempunyai tugas dalam melaporkan apa saja yang terjadi di kapal, seorang Markonis mempunyai tugas utama untuk melaporkan apa saja yang sudah terjadi selama di kapal, beserta kegiatan di kapal seperti kapal oleng, kapal bocor dan lain sebagainya. Sehingga kejadian yang tak diinginkan dapat diatasi secara mudah.

Kalau terjadi permasalahan di kapal selama berlayar, seorang Markonis bertugas untuk melaporkan hal tersebut kepada Nahkoda yang kemudian akan ditindaklanjuti oleh nahkoda supaya dapat meminimalisir kejadian yang tak diinginkan selama proses berlayar. Sehingga berlayar akan terasa lebih nyaman dan aman bagi para awak atau anggota kapal selama ada di atas kapal.

Pengganti Markonis

Meskipun markonis memiliki tugas yang terbilang sangat penting, akan tetapi sekarang ini Markonis digantikan tugasnya dengan alat komunikasi modern yang dinamakan GMDSS (Global Maritime Distress Safety System) dan INMARSAT (International Maritime Satelit).

Komunikasi memakai kedua alat ini, terutama untuk INMARSAT yang lebih tepat, cepat dan akurat untuk pengirman berita, karena memakai sistem satelit dan juga dapat melalui email dan telepon.

Oleh karena itulah, sekarang ini banyak perusahaan yang tak mempekerjakan seorang markonis karena para Kapten diperbolehkan untuk mengoperasikan GMDSS dan juga INMARSAT, akan tetapi dengan syarat mesti mempunyai sertifikat yang layak untuk dapat menggantikan posisi seorang markonis.

Karena pekerjaan markonis sudah banyak digantikan oleh alat yang lebih canggih. Hal inilah yang membuat pemerntah memberikan kesempatan kepada mantan markonis untuk mengambil ijazah Muallim III/ANT III (Deck Department) dan mesti melakukan pendidikan ulang untuk bisa mengambil ijazah tersebut.

Demikianlah informasi tentang orang yang melayani telekomunikasi di kapal. Semoga saja informasi ini dapat memberikan manfaat kepada anda yang sedang membutuhkan informasi tentang Markonis.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *