Niat Puasa Ramadhan Sebulan Penuh Beserta Hukum dan Caranya


Terdapat bulan yang penuh berkah diantara umat Islam yakni bulan ramadhan. Sebab pada bulan ini, segala perbuatan baik manusia akan dilipat gandakan. Pada bulan ini, setiap umat muslim diwajibkan untuk berpuasa atau menahan makan dan minum serta berbagai godaan yang dapat mengurangi keberkahan pada bulan ini.

Berbicara soal puasa merupakan kegiatan utama yang dilakukan pada bulan ini. Puasa adalah identik pada bulan ramadhan ini. Hal itu juga mengharuskan untuk setiap orang untuk berniat ketika menjalankan puasa pada saat terbangun sebelum imsak untuk memakan sesuatu agar pada pagi hari hingga kumandan azam berbunyi setiap umat Islam harus tahan menahan lapar dan godaan apapun.

Namun sebelum menjalankan hal itu, setiap muslim harus membaca niat puasa ramadhan yang tentunya berisi doa dengan arti yang tepat. Dalam membaca niat puasa tidak boleh sembarangan, sebab terdapat dasar hukum dan ketentuannya. Olehnya itu, pada pembahasan kali ini penulis akan membahas mengenai niat puasa ramadhan yang dapat dilihat dibawah ini:

Niat Puasa Ramadhan Adalah?

Bagi setiap orang tentu niat berpuasa pada bulan ramadhan dilakukan setiap hari atau dibacakan setiap hari sebelum imsak atau tanda waktu untuk segera berpuasa.



Namun ada juga, niat puasa ramadhan sebulan penuh yang memang ini masih terdengar asing bagi sebagian orang. Namun di Indonesia, hal ini sudah biasa dilakukan oleh banyak orang.



Maksud dari niat puasa ramadhan sebulah penuh adalah niat yang dibaca hanya pada malam pertama bulan ramadhan dengan cara mengumpulkan niat puasa ramadhan sebulan penuh. Dengan demikian, maka untuk hari esok dan seterusnya tidak lagi membaca niat puasa ramadhan.



Ada juga yang mengatakan bahwa mengapa memilih niat puasa ramadhan karena bisa antisipasi ketika lupa membaca niat buka puasa ramadhan. Jadi hal itu tertutupi dengan niat puasa ramadhan sebulan penuh.

Niat puasa ramadhan sebulan penuh (foto: istimewa)
Niat puasa ramadhan sebulan penuh (foto: istimewa)

Niat Puasa Ramadhan Sebulan Penuh Adalah?

Adapun lafal bacaan doa niat puasa ramadhan sebulan penuh adalah?

Nawaitu shauma syahri ramadhaana kullihi lillaahi ta’aalaa”.

Artinya adalah: “aku niat berpuasa selama satu bulan penuh di bulan Ramadhan tahun ini karena Allah Ta’ala”.

Tata Cara Membaca Niat Puasa Ramadhan Sebulan Penuh Adalah?

Sebagaimana diketahui bahwa niat adalah bersumber dari hati, maka diucapkan dalam hati. Banyak para ulama bersepakat bahwa tidak sah puasa apabila tidak membaca dan disertai niat sebelumnya. Apalagi Imam Syafi’i, Ahmad, Ibnu Mahdi, Ibnu al-Madini, Abu Dawud dan al-Daruquthini mengatakan bahwa niat adalah seperti ilmu.

Hukum Niat Puasa Ramadhan Sebulan Penuh Adalah?

Penguatan dalam niat puasa ramadhan sebulan penuh adalah pada kelompok Imam Malik dan para pengikutnya yang tidak mensyaratkan untuk melakukan pengulangan niat setiap harinya. Menurutnya, niat puasa Ramadhan bisa dilakukan pada malam hari pertama bulan Ramadhan.

Sebagaimana pula disebutkan dalam kitab Hasyiyata Qalyubi Wa Umairah, juz 2, halaman 52 bahwa:

Dan pda malam pertama, disunnahkan bagi seseorang untuk niat puasa bulan Ramadhan atau puasa Ramadhan seluruhnya, agar dapat mengambil manfaat dari bertaqlid pada Imam Malid terkait kekhawatiran lupa tidak melakukan niat pada suatu malam. Sebab menurutnya, niat itu sudah mencukupi selama sebulan. Sedangkan menurut pandangan mazhab kami, yang demikian itu hanya cukup untuk malam pertama saja”. (Syahb al din al Qalyubi, 1988:232).

Adapun Syekh Muhammad bin Yusuf al-Ghurnathi, salah seorang pakar fiqih mazhab Malikiyah menegaskan:

“Dan cukup niat sekali untuk puasa yang wajib dilakukan secara terus-menerus. Imam al-Lakhmi mengatakan, Adapun puasa yang wajib dilakukan terus-menerus seperti Ramadhan, dua bulan puasa dhihar, puasa denda pembunuhan, orang yang bernazar puasa pada hari tertentu, orang yang bernazar terus-menerus berpuasa yang tidak ditentukan harinya, maka niat di awal mencukupi untuk keseluruhannya.”

Demikianlah informasi mengenai topik yang berjudul Niat Puasa Ramadhan Sebulan Penuh Beserta Hukum dan Caranya. Semoga informasi ini dapat bermanfaat bagi kita semua. Sekian dan terima kasih. Salam berbagi teman-teman. 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *