Minyak Bumi Berasal Dari? Ini Jawabannya


Minyak bumi sudah menjadi hal yang berharga untuk setiap negara. Minyak bumi ini sudah seperti emas dan terkadang minyak bumi disebut sebagai emas hitam bagi kehidupan manusia. Pasalnya minyak bumi adalah bahan bakar yang langka dan memiliki harga jual ekspor yang kebutuhan akan minyak bumi terus terjadi hingga saat ini.

Begitu berharganya minyak bumi sampai-sampai setiap negara rela berebutan untuk mendapatkan minyak bumi. Dimana-mana negara yang mempunyai minyak bumi pasti makmur dan pasti berjaya. Lihat saja negara-negara di timur tengah.

Tapi jika minyak bumi itu dikuasai negara, berbeda jika dikuasai oleh perusahaan dan apalagi ternyata dikuasai oleh perusahaan asing, pasti keuntungan yang didapatkan negara tidak lebih banyak dari pada yang didapatkan oleh perusahaan.

Melihat dari data yang ada, kawasan timur tengah menempati peringkat teratas sebagai penyumbangan cadangan minyak terbesar, disusul amerika selatan, amerika tengah, amerika utara, Eropa, Afrika dan Asia Pasifik.

Jika melihat dari istilah minyak bumi sebenarnya berasal dari bahasa Inggris yakni petroleum yang terdiri dari 2 kata yaitu petrus berarti karang dan oleum berarti minyak. Minyak bumi terdiri atas berbagai campuran yang kompleks seperti hidrokarbon, yang kebanyakan merupakan deret senyawa alkanan dan beragam dalam komposisi dan kemurniannya. Minyak bumi mengandung bahan seperti hidrogen sulfur, nitrogen, oksigen dan lain-lainnya.

Awalnya pemanfaatan minyak bumi hanya sebatas minyak tanah, namun seiring perkembangan teknologi, maka minyak bumi itu kemudian diolah menjadi bahan bakar seperti bensin, solar, kerosin, minya diesel dll yang keseluruhannya dikenal dengan BBM atau bahan bakar minyak.

Jelaskan Proses Terbentuknya Minyak Bumi

Sebelumnya penulis juga telah membahas mengenai proses terbentuknya minyak bumi yang diketahui terbentuk melalui serangkaian proses. Adapun penjelasan mengenai proses terbentuknya minyak bumi itu adalah:

Proses terbentuknya dari jasad yang berasal hewan/tumbuhan yang mati, terbawa air sungai dan tertutup lumpur dan mengendap di dasar laut dalam ribuan dan jutaan tahun dengan temperatur tinggi yang kemudian akan berbentuk batuan sedimen berpori bintik minyak dan gas melalui proses kimiawi hidrokarbon menjadi deposit untuk minyak bumi

Minyak bumi berasal dari (Foto: Artikelsiana.com)

Minyak Bumi Berasal Dari?

Berdasarkan dari penjelasan diatas dan informasi yang dihimpun, maka adapun jawaban dari pertanyaan tentang minyak bumi berasal dari adalah:

Minyak bumi berasal dari pelapukan sisa-sisa organisme sehingga disebut bahan bakar fosil bisa seperti jasad renik, tumbuhan dan hewan yang mati.

Sisa organisme itu mengendap di dasar bumi lalu ditutupi lumpur. Lumput itu lambat laun berubah menjadi batuan sedimen karena pegaruh tekanan lapisan diatasnya.

Sementara itu dengan meningkatnya tekanan dan suhu, bakteri anaerob menguraikan sisa-sisa jasad renik itu menjadi minyak dan gas. Proses pembentukan minyak dan gas memakan waktu jutaan tahun. Minyak dan gas yang terbentuk meresap dalam batuan yang berpori seperti air dalam batu karang.

Demikianlah informasi mengenai topik yang berjudul “Minyak Bumi Berasal Dari? Ini Jawabannya“. Semoga informasi ini dapat bermanfaat bagi kita semua. Sekian dan terima kasih. Salam berbagi teman-teman.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *