Mengenal Manajemen Bisnis: Pengertian, Unsur dan Fungsi


Mengenal Manajemen Bisnis: Pengertian, Unsur dan Fungsi – Di dalam menjalankan suatu bisnis, seseorang membutuhkan ilmu manajemen. Manajemen bisnis inilah yang bisa membantu kita dalam melakukan pengelolaan dan menjalankan bisnis secara baik dan benar serta tepat supaya bisa mencapai target-target yang telah ditetapkan. Tanpa adanya hal tersebut, usaha atau bisnis anda dapat berantakan dan terbengkalai.

MAsalahnya, tak semua orang mempunyai latar belakang pada bidang manajemen, bahkan mungkin anda termasuk dari salah satunya. Lantas apa ini artinya anda mesti kuliah secara terlebih dahulu sekitar empat tahun untuk dapat mendalaminya?

Tentu saja tidak, akan tetapi, setidaknya usahakan untuk mempelajari hal-hal dasar yang berkaitan dengan manajemen bisnis yang didalamnya juga termasuk dari kategori manajemen keuangan dan pemasaran. Pada dasarnya bahwa manajemen berfungsi untuk dapat mengatur jalannya bisnis anda sehingga dapat membentuk keteraturan yang bisa memudahkan anda dalam mencapai suatu tujuan.

Supaya bisnis berjalan seara lancara dalam mencapai target, dibutuhkan manajemen yang tepat (Source: Pexels).



Manajemen Bisnis



Mengenal Manajemen Bisnis: Pengertian, Unsur dan Fungsi
Mengenal Manajemen Bisnis: Pengertian, Unsur dan Fungsi

Pengertian Manajemen

Jika ditinjau dari segi etimologis, manajemen itu pada dasarnya berasal dari bahasa Perancis kuno yakni “Management” yang mempunyai arti seni melaksanakan dan mengatur. Dari arti etimologis tersebut, terdapat beberapa ahli ilmu manajemen mengembangkannya menjadi pengertian yang lebih lengkap.



– Menurut Ricky W. Griffin, manajemen adalah suatu proses perencanaan, pengorganisasian, pengkoordinasian, dan pengendalian sumber daya untuk dapat mencapai sasaran secara efisien dan efektif. Hal ini sejalan dengan Henry Fayol yang mengatakan bahwa manajemen adalah suatu ilmu yang memiliki kandungan 5 gagasan atau fungsi utama yaitu merancang, memerintah, mengoorganisir, mengendalikan dan mengoordinasikan.

– Menurut George R. Terry bahwa manajemen adalah suatu proses khas yang terdiri atas beberapa tindakan seperti perencanaan, pengorganisasian, penggerakan dan pengawasan yang dilakukan untuk dapat menentukan dan mencapai sasaran-sasaran yang sudah ditetapkan lewat pemanfaatan sumber daya manusia dan sumber-sumber yang lainnya.

4 Jenis Manajemen yang Dibutuhkan Bisnis

Supaya bisnis bisa berjalan secara optimal dan sesuai dengan rencana yang sudah ditentukan, dibutuhkan beberapa jenis manajemen lain untuk dapat diterapkan yakni:

1. Manajemen Keuangan

Sesuai dengan namanya, manajemen keuangan berfungsi untuk dapat mengatur keuangan perusahaan supaya arus kas dapat berjalan stabil sehingga pengeluaran tidak lebih besar dibandingkan dengan pemasukan bisnis. Dengan adanya pengelolaan keuangan, maka seluruh komponen keuangan bisnis juga akan didata secara rapi, memudahkan anda untuk dapat melakukan analisis dan meningkatkan peluang untuk melakukan pengambilan keputusan yang lebih strategis dan akurat.

2. Manajemen SDM

Terdapat banyak unsur yang berperan pada kesuksesan bisnis. Adapun salah satu yang terpenting yaitu sumber daya manusia (SDM). Manusialah yang menjadi pemegang kendali terhadap unsur-unsur yang lainnya. Contohnya seperti material, mesin atau uang. Karena perannya yang sangat krusial, dibutuhkan penanganan khusus yang disebut juga dengan manajemen SDM. Dengan adanya pengelolaan yang tepat, SDM diharapkan bisa saling bekerjasama secara efektif, baik dan efisien sehingga tujuan bisa tercapai.

3. Manajemen Operasional

Di dalam bisnis, manajemen operasional bisa membantu anda untuk dapat memastikan bahwa kegiatan operasional sehari-hari berjalan sesuai dengan rencana dan kebijakan yang telah berlaku. Kegiatan operasional ini meliputi segala hal yang berkaitan dengan proses produksi yang mulai dari bahan baku, mesin, teknologi sampai metode yang diterapkan dalam mengubah bahan baku menjadi produk tertentu.

Dengan adanya suatu pengelolaan operasional maka anda dapat memastikan kualitas terbaik untuk bahan baku, mengetahui jumlah bahan baku yang harus disediakan maka waktu yang diperlukan dalam proses produksi, bagaimana cara melakukan suatu efisiensi waktu serta tenaga dan masih banyak lagi yang lainnya.

4. Manajemen Pemasaran

Supaya produk bisa sampai di tangan para pengguna, anda memerlukan pemasaran. Terlebih lagi, kalau produk anda masih tergolong baru, maka anda mesti menjadi pihak yang lebih aktif melakukan suatu promosi untuk dapat membuat target market dalam mengetahui kehadiran produk anda. Proses pemasaranlah yang dapat membantuk anda dalam hal ini yaitu melalui beberapa strategi pilihan yang mempunyai peluang paling tinggi untuk dapat membawa kesuksesan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *