Mengapa Orang Tua Rentan Terkena Virus Corona? Ini Jawaban Ilmiahnya


Dari hari ke hari, jumlah yang terkena kasus covid-19 dan kasus kematian karena virus ini terus bertambah. Hal itu bisa dilihat dari data yang ada dimana untuk orang yang positif Covid-19 telah mematikan 3.469 orang warga Indonesia serta 559 rb orang meninggal dunia pada 11 Juli 2020. Jumlah terkena Virus Corona atau Covid-19 ini terus bertambah dari data-data grafik dan terbaru yang.

Sedangkan jika dilihat secara menyeluruh, jumlah orang yang terinfeksi virus corona di Indonesia sekitar 72.347 orang dan 12,4 jt didunia. Berkat kerja keras seluruh tenaga kesehatan dan para ilmuwan medis akhirnya dapat menekan jumlah kematian dimana diketahui dari data yang ada tercatat 33.529 orang sembuh di Indonesia dan 6,83 jt orang sembuh di dunia.

Dari data yang ada ternyata diketahui bahwa kebanyakan yang terkena virus corona ini menyebabkan infeksi berat dan kematian bagi orang lanjut usia (lansia) dibandingkan dengan orang dewasa atau anak-anak. Hal ini menjadi pertanyaan besar masyarakat seperti mengapa orang tua rentan terkena virus corona? yang menjadi tanda tanya besar untuk setiap orang ketahui jawabannya.

Dari data yang ada dimana diketahui bahwa dari 100.000 penduduk dunia dan sekitar 4.000 orang yang meninggal dunia tersebut ternyata kematian itu diisi kebanyakan oleh orang yang berusia diatas 80 tahun dengan persentase mencapai 21,9%.



Tidak hanya data ini, tapi masih banyak lagi bukti-bukti ilmiah yang menjelaskan mengapa dan alasan apa yang membuat lansia lebih rentan terhadap virus corona. Untuk menjawab keresahan masyarakat terkait mengapa lansia lebih rentan terhadap virus corona, penulis mencoba untuk mengumpulkan sejumlah informasi terpercaya dengan merangkumnya dalam artikel ini. Adapun alasan mengapa lansia lebih rentan terhadap virus corona adalah:



Mengapa Lansia Lebih Rentan terhadap Virus Corona?

Sudah menjadi cerita umum bahwa semakin bertambahnya usia seseorang maka tubuh mereka akan mengalami penurunan akibat proses penuaan, seperti produksi warna rambut, hormon, kekenyalan kulit, massa otot, kekuatan gigi, kepadatan tulang dan organ-organ yang semuanya tersebut akan menurun. Begitu juga bagi sistem imun yang menjadi pelindung pun tidak sekuat pada saat masih muda. Inilah jawaban mengapa orang lanjut usia atau lansia lebih mudah terkena atau terinfeksi penyakit covid-19.



Tidak hanya itu, tidak sedikit lansia yang memiliki penyakit kronis seperti kanker, jantung, asma dan diabetes. Hal itu membuat peningkatan berbahaya terinfeksi virus corona. Sebab bisa menyebabkan komblikasi yang timbul akibat COVID-19 juga akan lebih parah.

Tingkat kerentanan lansia terkena penyakit Covid-19 tidak menyebabkan gangguan paru-paru tapi bisa saja akan semakin memudahkan seluruh fungsi organnya menurun. Hal itulah mengapa lansia yang terkena covid-19 mengisi jumlah kematian terbanyak dan tercepat saat terkena covid-19.

Olehnyai itu, diperlukan pengetahuan dalam mengidentifikasi orang disekitar dan diri anda agar tidak menjadi penyebab menyebarnya virus covid-19 serta mampu untuk mengetahui bagaimana sih orang yang terkena virus covid-19. Untuk mengetahui orang yang terkena virus covid-19 dapat dengan mencek ciri-ciri yang bisa dilihat dibawah ini:

Ciri-Ciri Orang Terkena Virus Corona Adalah? Ini Jawabannya

Berdasarkan dari informasi yang dihimpun dari lembaga terpercaya, adapun ciri-ciri atau gejala orang terkena virus corona adalah:

    1. Tanda-tanda terinfeksi positif covid-19 menurut WHO adalah batuk, sesak napas, pneumonia, sistem pernapasan akut dan gagal ginjal.
    2. Selain itu, menurut SNDV (Persatuan Dermatologi Nasional Perancis) tanda terbaru adalah gatal-gatal, kulit merah mirip radang dingin.
    3. Menurut Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit Amerika Serikat (CDC) mengatakan tanda-tanda terkena Covid-19 adalah bibir atau wajah kebiruan.
    4. Terdapat tekanan yang terus menerus di dada dan tidak mampu bergerak.
    5. Terdapat 40% dari 6000 orang positif Ccovid-19 yang mengaku mengalami kelelahan.
    6. Sakit kepala, tenggeorokan dan hidung tersumbat yang diderita oleh 14% dari 6.000 pasien Covid-19 di China.

Demikianlah informasi mengenai topik yang berjudul Mengapa Orang Tua Rentan Terkena Virus Corona? Ini Jawaban Ilmiahnya . Semoga informasi ini dapat bermanfaat bagi kita semua. Sekian dan terima kasih. Salam berbagi teman-teman.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *