Mengapa Letak Indonesia Dikatakan Strategis? Karena Astronomis & Geografisnya, Apa itu?


Letak Indonesia Dikatakan Strategis – Indonesia merupakan negara kepulauan yang menurut posisi garis lintang dan garis bujur, Indonesia terletak diantara 6 derajat Lintang Utara – 11 derajat Lintang Selatan dan 95 derajat bujur timur – 141 derajat Bujur Timur.

Letak astronomis ini sangat strategis bagi Indonesia sebab Pulau paling utara adalah pulau Weh yang dilalui 6 derajat Lintang Utara, Pulau paling selatan yaitu Pulau Roti dengan garis lintang 11 derajat lintang selatan.

Selain itu garis lintang 6 derajat Lintang Utara Pulau Weh dilalui oleh garis Bujur 95 derajat Bujur Timur. Untuk garis bujur 141 derajat bujur timur dengan batas Irian Jaya dengan negara Papua.

Pada dasarnya, terdapat 4 sifat iklim Indonesia yang menjadi alasan mengapa Indonesia dikatakan strategis sebab ditentukan oleh faktor-faktor letak dan sifat kepulauan. Adapun sifat kepulauan dari Indonesia ialah memiliki suhu rata-rata tahunan tinggi akibat daripada letak dekat khatulistiwa.



Selain itu, terdapat hembusan angin yang membawa musim hujan dan musim kemarau sebagi akibat daripada perbedaan tekanan udara yang ada di daratan dan yang ada dilautan.



Bebas dari hembusan angin udara taufan sebab Kepualaun Indonesia kebanyakan terletak tidak lebih dari 10 derajat Lintang Utara atau 10 derajat Lintang Selatan.



Letak Geografis, Astronomis & Geologis Indonesia

Untuk kadar kelembaban udara senantiasa tinggi akibat dari sifat kepualauan. Begitu pula pada luasnya lautan dan selat-selata serta suhu yang tinggi hingga berakibat pada jumlah penguapan yang tinggi juga.

Berdasarkan dari letak astronomis ini menjadikan Indonesia diuntungkan dalam segi iklim dan alam yang memberi banyak manfaat bagi rakyat Indonesia.

Sebab dengan Negara Indonesia terletak di daerah tropis atau lintang rendah, sehingga penyinaran matahari berlangsung sepanjang tahun, dengan jumlah penyinaran yang hampir sama untuk setiap harinya.

Selain itu dalam letak Indonesia secara astronomi yang membuatnya dikatakan sebagai negara yang strategisk karena Indonesia yang di apit oleh 2 benua yaitu Benua Asia dan Benua Austrlia, sehinggga menyebabkan Indonesia mempunyai iklim musim atau muson.

Selain terletak di antara Benua Asia dan Australia, Indonesia dikatakan strategis sebab diapit oleh 2 Samudra yaitu ada Samudra Pasifik dan ada juga dari Samudra Hindia.

Dampak Keuntungan & Kekurangan Letak Geografis Indonesia

Dapat dikatakan bahwa dengan letak Indonesia secara astronomis dan geografis ini membuat Indonesia dikatakan sebagai negara strategis dengan banyak keuntungan dan kelebihan yang dimilikinya.

Posisi ini menguntungkan bagi Indonesia dalam melakukan perdagangan internasional dengan negara lain di dunia. Selain itu, dari letak Astronomis itu membuat berbagai tanah Indonesia mempunyai kondisi tanah yang subur.

Kondisi geografis ini di atas tentu berpengaruh terhadap kegiatan ekonomi (produksi, distribusi, dan konsumsi), transportasi dan komunikasi.

Proses Masuknya Pengaruh Hindu-Buddha di Indonesia

Wilayah Indonesia yang sangat luas menyebabkan perbedaan keunggulan lokasi suatu daerah. Kondisi tersebut menyababkan terjadinya saling ketergantungan, saling membutuhkan atau terjadi konektivitas ruang dan waktu.

Karena luas wilayah Indonesia, perbedaan keunggulan lokasi suatu daerah akan menyebabkan terjadinya saling kebergantungan, saling membutuhkan atau terjadi konektivitas ruang dan waktu. Berbagai keunggulan lokasi juga menjadi slah satu penyabab terjadinya kolonialisme di Indonesia.

Pengertian & Pengaruh Letak Astronomi Indonesia

Kondisi saling ketergantungan antar wilayah di Indonesia sebenarnya terjadi sejak masa lalu hingga saat ini, dan akan terus berlangsung untuk waktu-waktu mendatang.

Ekonomi Indonesia mengalami peningkatan karena disebabkan menjadi jalur yang dilewati perdagangan dunia. Indonesia memiliki laut yang sangat luas menyebabkan banyaknya Sumber daya alam yang melimpah diwilayah perairan.

Mengapa Letak Indonesia Dikatakan Strategis? Karena Astronomis & Geografisnya, Apa itu? (Foto: Artikelsiana.com)
Mengapa Letak Indonesia Dikatakan Strategis? Karena Astronomis & Geografisnya, Apa itu? (Foto: Artikelsiana.com)

Mengapa Letak Indonesia Dikatakan Strategis?

Berdasarkan dari penjelasan diatas mengenai mengapa letak Indonesia dikatakan strategis, sehingga dapat disimpulkan secara terperinci mengapa dikatakan strategis,

Karena Indonesia mempunyai keuntungan dan kelebihan dalam hal letak astronomis dan letak geografis Indonesia. Adapun keuntungan dari letak geografis dan astronomis Indonesia adalah:

  1. Peningkatan akomodasi angkutan massal.
  2. Keindahan Alam Indonesia, baik itu perairan atau daratan membuat Indonesia sebagai negara dengan potensi pariwisata yang baik.
  3. Indonesia tidak memiliki cuaca yang ekstrim.
  4. Peningkatan bandara yang bertaraf Internasional.
  5. Indonesia mempunyai waktu 12 jam pagi dan 12 jam malam yang meningkatkan keseimbangan bagi Indonesia dalam beraktifitas.
  6. Indonesia merupakan negara kepulauan yang memiliki keberagaman suku, ras, budaya, dan agama yang dapat menjadi daya tarik tersendiri oleh bangsa asing.
  7. Peningkatan transportasi laut yang secara maksimal.
  8. Luasnya juga wilayah daratan Indonesia membuat indonesia memiliki keberagaman flora dan Fauna.
  9. Indonesia memiliki tanah yang subur.

Pengertian dan Pengaruh Letak Geografis Indonesia terhadap Kondisi Alam dan Penduduk

Demikianlah informasi mengenai Mengapa Letak Indonesia Dikatakan Strategis. Semoga informasi ini dapat bermanfaat bagi kita semua. Sekian dan terima kasih. Salam berbagi teman-teman.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *