[Jawaban] Mengapa Kita Harus Berhemat Energi? Ini Jawabannya


Mengapa Kita Harus Berhemat Energi –  Adanya energi dalam kehidupan manusia adalah hal yang berperan penting mengapa perkembangan dunia begitu pesat. Hal itu karena bisa dilihat dimana energi, ada di setiap aktivitas yang dilakukan oleh setiap hari membutuhkan energi.

Itulah mengapa energi adalah salah satu kebutuhan yang telah menjadi utama dalam kehidupan masyarakat misalnya saja dalam energi listrik yang menjadi sumber tenaga dari alat elektronik.

Tidak hanya itu, ada energi minyak bumi atau disingkat BBM yang berfungsi dan berperan sebagai bahan bakar alat transportasi, dan gas bumi yang biasa terdapat di dapur dan digunakan untuk memasak yang biasa disebut dengan gas elpiji.

Dengan banyaknya manfaat dan peran energi dalam kehidupan sehari-hari masyarakat, namun justru ternyata penggunaannya ternyata tidaklah efektif, sebab terkadang masyarakat dalam menggunakan energi justru melakukan pemborosan yang sangat besar.



Dari perilaku tidak hemat yang kita lakukan membuat gagasan, ide dan konsep tentang pentingnya hemat energi banyak disuarakan saat ini. Tujuannya adalah untuk meminimalisir atau untuk menghemat energi.



Dengan kampanye hemat energi yang begitu besar baik di TV dan di sosial media, ternyata budaya hemat energi masih jauh dari apa yang diharapkan. Sebab pada realitasnya, masyarakat masih tidak hemat energi tanpa merasakan dalam dirinya ada kerugian dan bahkan hal itu telah menyatu dalam pola hidup.



Masalah untuk berhemat energi ini lebih kompleks lagi, saat masalah nasional seperti pertumbuhan penduduk, pasokan energi yang semakin menipis dan daerah yang belum terjangkau energi.

Dari masalah-masalah tersebut, membuat alasan untuk berhemat energi semakin ruwet dan berat untuk mencari solusi yang tepat dan efektif. Apalagi kurangnya kepedulian pemerintah dan pengusaha untuk mengembangkan energi terbarukan yang berasal dari alam seperti panas matahari, air terjun, gelombang air laut, angin, dan sebagainya.

Walaupun demikian, kampanye untuk mengapa kita harus berhemat energi terus digalangkan sampai saat ini dan bahkan kampanye tersebut terus meningkat setiap tahunnya.

[Jawaban] Mengapa Kita Harus Berhemat Energi? Ini Jawabannya
[Jawaban] Mengapa Kita Harus Berhemat Energi? Ini Jawabannya

Sebab tidak ada alasan untuk berhenti menyuarakan kampanye hemat energi, sebab terdapat anak-anak kita yang akan merasakan dampaknya. Apakah kita ingin membuat mereka bahagia atau malah justru kesusahan karena kurangnya energi.

Olehnya itu, sosialisasi untuk hemat energi perlu dilakukan di setiap lini, mulai dari perilaku individu untuk menjadi kebiasaan hemat energi yang bisa dilakukan dari setiap tingkatan seperti orang dewasa, remaja dan dari anak-anak. Dengan begitu kesadaran berhemat energi pada mereka akan tumbuh sehingga perilaku tersebut akan diterapkan hingga dewasa nanti.

Mengapa Kita Harus Berhemat Energi Adalah?

Sebagaimana diketahui bahwa alasan manusia untuk berhemat energi karena menghemat energi dapat membuat polusi udara berkurang, karena penggunaan alat listrik dan bahan bakar fosil dari kendaraan bermotor.

Alasan Kita Harus Berhemat Energi Adalah (Foto: Artikelsiana.com)
Alasan Kita Harus Berhemat Energi Adalah (Foto: Artikelsiana.com)

Sehingga dengan berhemat maka udara akan menjadi segar dan membuat bumi subur karena cuaca yang seimbang, alhasil dengan berhemat maka kita bisa menjaga sumber daya alam yang merupakan kebutuhan manusia.

Sedangkan untuk kehidupan sehari-hari, alasan mengapa kita berhemat energi karena bisa menghemat uang dan juga mengurangi pengeluaran, sebab tidak sedikit orang melakukan pemborosan misalnya menyalakan lampu dipagi hari padahal bisa berhemat.

Selain itu, dengan menghemat energi maka seseorang bisa merawat adanya kerusakan alat elektronik. Berdasarkan dari penjelasan diatas, maka dapat disimpulkan bahwa mengapa kita harus berhemat energi diamana atau jawabannya sangatlah sederhana yaitu untuk:

Jawabannya Adalah: 

  • Alasan Kita harus menghemat energi agar ketersedian akan energi untuk massa depan tidak akan habis karena energi yang dipakai saat ini energi konvensional bukan energi terbarukan. Selain itu, alasan berhemat agar bisa menjaga bumi dari kerusakan lingkungan seperti pemanasan global.

Demikianlah informasi mengenai topik yang berjudul [Jawaban] Mengapa Kita Harus Berhemat Energi? Ini Jawabannya. Semoga informasi ini dapat bermanfaat bagi kita semua. Sekian dan terima kasih. Salam berbagi teman-teman.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *