Mengapa Kemasan Memiliki Peran Penting Dalam Pemasaran Suatu Produk? Ini Jawabannya


Peran Penting Kemasan Dalam Pemasaran Suatu Produk – Pada dasarnya, yang dimaksud dengan kemasan adalah kata yang terdiri dari kata “kemas”. Arti dari kata ini adalah teratur atau terbungkus rapih dan bersih. Tidak hanya itu, kemasan juga biasa didefinisikan sebagai hasil mengemas atau bungkus pelindung dagang (niaga) atau juga sebagai wadah atau pembungkus, bagi produk pangan. Saat ini, tidak sedikit berbagai produk termasuk makanan memakai kemasan. Hal itu karena peran penting kemasan yang bisa mempertahankan kualitas dari produk.

Selain itu, dengan kemasan maka dapat menjaga keamanan dari produk apalagi makanan yang terdapat dalam kemasan tersebut diantar dari jarak yang sangat jauh. Itulah mengapa kemasan sangat berperan penting dalam mencegah kerusakan produk. Perlu diketahui bersama bahwa maksud dari kerusakan ini bisa berdasarkan fisik, kimia dan mekanis.

Istilah kemasan ada banyak, seperti pewadahan, pembungkusan, pengepakan tapi walaupun punya istilah yang berbeda-beda tetapi tujuan utama dari penamaan tersebut tetaplah sama. Dengan menjaga keamanan dan kualitas mutu. Maka produk yang dimiliki bisa memperpanjang umur produk dan juga membuat kemasan agar terlihat menarik. Dengan hal itulah sehingga, tujuan pengemasan itu adalah agar produk makanan laku di pasaran.

Sebenarnya, tidak hanya manusia yang melakukan pengemasan sebab alam pun juga demikian. Alam menyediakan kemasan untuk bahan makanan seperti kulit buah-buahan, buah kepala dengan sabut dan tempurungnya, jagung dengan kelopotnya, dan polong-polongan yang dikemas dengan kulit polong serta masih banyak lagi yang harus diketahui bersama. Bahkan manusia juga memiliki kemasan yakni kulit yang tujuannya melindungi tubuh dari cuaca, bakteri, virus dll.



Pada era modern saat ini, ada banyak varian kemasan yang bisa disaksikan di supermarket atau di minimarket. Peran penting kemasan di era saat ini sangatlah berpengaruh besar terhadap tingkat pertumbuhan dan perkembangan suatu perusahaan menuju kesuksesan. Karena dengan kemasan, tingkat penjualan yang bisa didapatkan sangatlah besar.



Dengan kemasan yang baik, maka dalam media promosi juga sangat mendukung untuk mencari konsep-konsep apa yang akan di iklankan atau narasi apa yang akan di paketkan dengan kemasan tersebut. Ditengah variasi kemasan, pada umumnya sejumlah variasi itu berbahan dasar dari kertas, plastik, logam, gelas, fiber sampai dengan bahan dilaminasi.



Akan tetapi, pemakaian bahan contohnya papan kayu, kulit kayu, karung goni, kain, daun-daunan dan pelepah sampai kepada barang-barang bekas seperti koran dan plastik bekas yang tidak etis dan hiegenis juga digunakan sebagai bahan pengemas produk pangan.

Bentuk dan teknologi kemasan juga bervariasi dari kemasan botol, kaleng, tetrapak, corrugated box, kemasan vakum, kemasan aseptik, kaleng bertekanan, kemasan tabung hingga kemasan aktif dan pintar (active and intelligent packaging) yang dapat menyesuaikan kondisi lingkungan di dalam kemasan dengan kebutuhan produk yang dikemas.

Mengapa Kemasan Memiliki peran Penting Dalam Pemasaran Suatu Produk? 

Berdasarkan dari penjelasan diatas, maka dapat disimpulkan bahwa peran penting kemasan dalam pemasaran suatu produk karena kemasan mempengaruhi minat konsumen agar tertarik dan menjadi faktor penting bahwa produk tersebut hiegenis dan berkualitas baik dari segi bahan, proses dan legalitas dari pembuat produk tersebut. Itulah mengapa kemasan mempunyai peran penting dalam pemasaran suatu produk.

Demikianlah informasi mengenai topik yang berjudul Mengapa Kemasan Memiliki peran Penting Dalam Pemasaran Suatu Produk? Ini Penjelasannya. Semoga informasi ini dapat bermanfaat bagi kita semua. Sekian dan terima kasih. Salam berbagi teman-teman.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *