Mengapa Kegiatan Administrasi Sangat Penting? Ini Pentingnya Administrasi


Peran Penting Kegiatan Administrasi – Tentunya, setiap orang memiliki tujuan dan berusaha untuk mencapainya. Namun ada banyak tujuan pula yang dimiliki setiap orang yang sangat penting bagi kebutuhan hidupnya. Itulah mengapa banyak orang yang bertahan dan memenuhi kebutuhannya dengan berbagai cara dan dengan pengalaman tertentu.

Dari hal itu, untuk mencapai tujuan itu terdapat hal-hal yang harus dilakukan dan untuk mengatur hal itu membutuhkan yang namanya administrasi. Sebab administrasi adalah proses kegiatan untuk mencapai tujuan seseorang. Bagi mereka yang bergerak dalam administrasi atau dinamakan administrator ini memiliki peran sangatlah penting.

Ketika terdapat suatu kegiatan yang kaca balau alias tidak teratur bisa jadi terjadi karena administrasi yang tidak berfungsi sebagaimana mestinya. Itulah mengapa kegiatan administrasi sangatlah penting yang tidak bisa dianggap enteng karena efektif dan efisiennya suatu kegiatan bisa berjalan lancar dan teratur karena peran dari para administrator.

Walaupun, tidak dipungkiri bahwa masih ada saja yang menganggap bahwa kegiatan administrasi tidaklah begitu penting sebab mengapa demikian, lantaran banyak yang mengetahui bahwa administrasi hanyalah pada persoalan cata mencatat dan surat menyurat.



Namun jauh dari pada itu, administrasi juga berfungsi untuk melakukan pembukuan secara efektif yang sangat penting dalam mengatur perencanaan selanjutnya sebagai bahan evaluasi kegiatan di masa depan dan juga administrasi bertugas dalam membuat agenda yang berperan penting untuk mengatur agenda mana saja yang utama dan tidak.



Betapa pentingnya administrasi dulu dan sekarang sangatlah berbeda, dulu hanyalah dianggap biasa saja. Namun saat ini, administrasi juga banyak menjadi kebutuhan penting bagi organisasi, instansi dan perusahaan. Hal itu untuk menunjang pengelolaan administrasi dengan baik.



Mengapa Kegiatan Administrasi Sangat Penting? Ini Pentingnya Administrasi (Foto: Artikelsiana.com)
Mengapa Kegiatan Administrasi Sangat Penting? Ini Pentingnya Administrasi (Foto: Artikelsiana.com)

Peran administrasi sangat besar sebab semua yang berkelompok dan memerlukan manajemen dan terdapat pemimpin didalamnya, maka administrasi sudah pasti ada didalamnya. Sebab itulah mengapa administrasi sangatlah penting bagi perusahaan, organisasi, instansi, dan bagi swasta.

Hal itu karena organisasi dan manajemen adalah sarana bagi administrasi. Sedangkan perlu diketahui bahwa inti manajemen adalah kepemimpinan dan kepemimpinan membutuhkan organisasi yang didalamnya keduanya adalah terdapat administrasi,

Sehingga untuk menciptakan kepemimpinan yang baik adalah menyebutkan proses administrasi yang efektif dan efisien. Lantas demikian, apasih yang dimaksud dengan pengertian administrasi itu?

Pengertian Administrasi Adalah?

Istilah administrasi pada dasarnya berasal dari bahasa latin yaitu “ad” dan “ministro”. Apabila diartikan dalam bahasa Inggris, “ad” adalah “to”, sedangkan ministro adalah “minister”. Jadi arti dari administrasi secara etimologi adalah melayani atau menyelenggarakan.

Sedangkan secara umum, yang dimaksud dengan Pengertian Administrasi adalah suatu proses kegiatan penyelenggaraan yang dilakukan oleh seorang administrator secara teratur dan diatur melalui perencanaan, pelaksanaan, dan pengawasan untuk mencapai tujuan akhir yang telah ditetapkan.

Apabila dibagi, arti administrasi bisa dibagi 2 yaitu dalam arti sempit dan luas. Maksud dari arti sempit adalah tata usaha/office work yang terdiri atas kegiatan catat-mencatat, tulis-menulis, mengetik, korespondensi, kearsipan, dll. Atau bisa juga terdiri atas komponen manajemen, organisasi dan kegiatan operasional.

Sedangkan apa yang dimaksud dengan administrasi dalam arti luas, dijelaskan oleh Sondang P. Siagian. Menurutnya bahwa pengertian administrasi adalah “keseluruhan proses kerjasama antara dua orang atau lebih yang didasarkan atas rasionalitas tertentu untuk mencapai tujuan yang telah ditentukan sebelumnya”.

Fungsi dan Peran Penting Administrasi Adalah

Menurut para ahli dalam hal ini William H. Newman (1963) bahwa fungsi administrasi dalam basic process of administration adlah

  1. Untuk menentukan apa yang ingin dilakukan yang disebut dengan planning
  2. Mengelompokkan kegiatan yang dilakukan namun saling berhubungan disebut dengan organizing
  3. Menyusun siapa yang dapat menjalankannya sesuai jenis kegiatan yang disebut dengan staffing
  4. Menggerakkan dan memberi instruksi agar kegiatan berlangsung yang disebut dengan directing
  5. Tindakan mengusahakan agar hasil pelaksanaan relatif sesuai dengan yang diharapkan (controlling).

Mengapa Administrasi Sangat Penting?

Berdasarkan dari penjelasan diatas, maka dapat disimpulkan bahwa jawaban mengenai pertanyaan “mengapa administrasi sangat penting” alasannya adalah:

Hal itu karena administrasi berperan penting dalam kehidupan sehari-hari seperti meningkatkan keteraturan baik dari segi pemikiran, perilaku dan juga masyarakat. Sehingga terdapat hal yang lebih dahulu dikerjakan dan dalam administrasi berusaha untuk membantu, melayani, mengarahkan dan mengatur untuk mencapai tujuan yang lebih efektif dan efisien. Sebab tanpa administrasi yang baik, maka kegiatan tersebut akan terhambat atau berjalan lambat.

Demikianlah informasi mengenai topik yang berjudul Mengapa Kegiatan Administrasi Sangat Penting? Ini Pentingnya Administrasi. Semoga informasi ini dapat bermanfaat bagi kita semua. Sekian dan terima kasih. Salam berbagi teman-teman.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *