Mengapa Indonesia Memiliki Banyak Gunung Api? Ini Jawabannya


Tidak habis-habisnya, negara Indonesia menjadi negara yang penuh dengan kekayaan yang luar biasa, selain dikenal dengna keindahan yang tiada tara dengan jumlah flora dan fauna yang begitu indah dan beranekaragam.

Indonesia juga dikenal dengan negeri seribu pulau, yang tersebar dari sabang sampai merauke. Hal itu membuat banyak wisatawan tertarik untuk mengeksplorasi wisata bahari yang terdapat di Indonesia.

Apalagi jika melihat beragam budaya yang dimiliki Indonesia dengan suku dan bahasa yang juga tak kalah banyaknya membuat kita orang Indonesia sendiri merasa takjub dan bertanya-tanya tentang keunikan negara kita sendiri apalagi bagaimana dengan mereka para wisatawan.

Selain dari keindahan alam dan budayanya, Indonesia juga menjadi negara yang kaya akan sumber energi yang melimpah dan berbagai hasil tambang yang luar biasa yang dari dulu hingga sekarang, hasil tambang tersebut masih ada.

Belum cukup sampai disitu saja, yang paling menarik adalah Indonesia terkenal dengan gunung apinya. Siapa yang akan menyangkal dan membantah keindahan Indonesia ini, dengan gunung api yang tersebar di sepanjang pulau Sumatera, Jawa, Bali, Sumbawa, Lombok, Flores, Sulawesi, hingga Maluku membuat Indonesia dipenuhi para wisatawan hanya untuk melihat dan mendaki gunung berapi secara langsung.

Dewasa ini Gunung Berapi telah menjadi obyek wisata yang sangat menarik untuk didatangi. Hal itu karena keindahan yang luar biasa dan juga ketersediaanya di bumi kita yang tercinta ini. Tidak semua negara di dunia memiliki gunung berapi.

Maka dari itulah, aktivitas mendaking gunung merapi menjadi objek wisata yang mempunyai nilai jual yang tinggi untuk menarik para wisatawan berkunjung ke Indonesia. Kegiatan ini pun dikenal dengan Volcano Tourism.

Walaupun demikian, hal itu juga yang membuat Indonesia menjadi daerah yang rawan dan berisiko tinggi terhadap bencana. Demikian ini karena gunung merapi adalah gunung aktif yang berselang beberapa periode akan mengalami erupsi kadang dalam siklus yang pendek sekitar 2-5 tahun atau siklus menengah 5-7 tahun.

Cara mengetahui apakah gunung tersebut aktif atau tidak sangatlah mudah, hanya dengan melihat ciri-ciri gunung merapi seperti mengeluarkan lava pijar dan awan panas, tanpa membentuk kaldera (kawah). Jika demikian terdapat pada suatu gunung, maka diperlukan kesiapsiagaan masyarakat yang berada di sekitar gunung merapi tersebut,

Apalagi pada saat gunung merapi itu mengalami erupsi. Tentu ini perlunya perhatian dari masyarakat dan pemerintah untuk saling bekerja sama dalam menguatkan kesadaran akan bahaya yang terjadi.

Betapa tidak, lihat saja jumlah gunung berapi yang ada di miliki Indonesia terdapat 147 gunung berapi, dan 76 diantaranya masih aktif dan dikatakan paling aktif didunia.

Penyebab indonesia mempunyai banyak sekali gunung berapi yang aktif karena kondisi geografis Indonesia yang berada di jalur cincin api dunia. Jalur ini dikenal sebagai jalur vulkanik dan seismik yang aktif dan dinamis sehingga gunung berapi dapat tumbuh dan berkembang dengan baik.

Sebab itu juga membuat gunung berapi di indonesia suatu saat dapat meletus dan menimbulkan letusan gunung berapi disertai dengan bencana susulan seperti tanah lonsor, banjir lahar dingin, tsunami, gempa dan kebakaran hutan.

Proses Terbentuknya Gunung Berapi

Sebagian besar gunung terbentuk oleh gerakan dan pertentangan lempengan tektonik. Ketika dua lempengan bertabrakan, runtuhnya tepi membentuk puncak dan lembah. Dalam, satu lempeng mengambil tempat di bawah lempeng lain, memaksa yang satunya ke atas dan membentuk gunung.

Bentuk pegunungan terbentuk oleh magma saat tekanan dari bawah memaksa kerak ke atas dan menciptakan puncak, namun magma pada umumnya tidak mencapai permukaan. Gunung berapi, di sisi lain, terbentuk dari pertambahan lava setelah letusan gunung berapi yang berulang kali.

Saat kawah memungkinkan magma untu naik dari perut bumi dan mencapai permukaan, pada akhirnya mendingin di sekitar kawah, membentuk batu vulkanik. Beberapa letusan menambah pertambahan batuan ini secara bertahap membangun kerucut yang berpusat di sekitar lubang vulkanik.

Jika lempengan bergerak menjauh dari sumber magma yang menciptakan gunung berapi, gunung berapi tersebut menjadi tidak aktif.

Mengapa Indonesia Memiliki Banyak Gunung Api?

Berdasarkan dari penjelasan diatas maka dapat disimpulkan bahwa mengapa alasan mengapa indonesia mempunyai banyak gunung berapi jawabannya adalah:

Indonesia ada di jalur vulkanik dan seismik atau istilahnya “jalur cincin api dunia” yang menjadi tempat tumbuh dan berkembangnya gunung api. Terletak di tiga lempeng tektonik yakni Eurasia, Indo ustralia dan pasifik yang setiap tahun bergeser beberapa sentimeter sehingga membuat magma naik dan membentuk kerucut gunung api.

Demikianlah informasi mengenai topik yang berjudul Mengapa Indonesia Memiliki Banyak Gunung Api? Ini Jawabannya. Semoga informasi ini dapat bermanfaat bagi kita semua. Sekian dan terima kasih. Salam berbagi teman-teman.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *