Mengapa Budaya Indonesia Sangat Beraneka Ragam? Ini Jawabannya


Indonesia adalah negara yang sangat beragam, hal itu sudah terbukti dan diakui oleh seluruh negara yang ada didunia. Keberagaman Indonesia sangatlah kental dan telah mengakar sejak zaman dahulu kala. Keberagaman Indonesia ini juga menjadi identitas nasional dan mempunyai partisipasi aktif dalam persatuan Indonesia.

Keberagaman yang dimiliki oleh Indonesia juga menjadi sistem perekat yang membangun interaksi antara masyarakat. Dengan keberagaman itu juga maka mampu meningkatkan toleransi antar sesama tanpa memandang suku, agama, ras dan antar golongan.

Selain itu, dengan keberagaman yang dimiliki Indonesia membuat setiap rakyat Indonesia bisa saling mengembangkan sikap menerima dalam artian tidak boleh untuk saling menjatuhkan melainkan saling mendukung untuk menciptakan kenyamanan dan keamananan.

Dengan keberagaman itu pula, maka manfaat yang bisa didapatkan oleh Indonesia adalah kaya akan budaya bangsa. Tidak sedikit negara asing mengetahui Indonesia dari budayanya, dan bahkan menjadikan Indonesia terkenal, inilah kekayaan terbesar yang tidak dimiliki negara lain.



Hal itu juga membuat banyaknya wisatawan mancanegara yang datang dan berkunjung melihat keberagaman budaya yang terdapat di Indonesia. Sebab apa menurutnya, keberagaman di Indonesia itu unik dan tidak terdapat di negaranya. Apalagi dengan berbagai benda-benda budaya dan juga festival yang justru membuatnya merasa berada di dunia yang baru.



Dengan kebudayaan yang begitu banyak, tidak sedikit di setiap daerah dijumpai beberapa monumen bersejarah dan juga cerita-cerita rakyat didalamnya. Contoh daerah yang sering menjadi objek wisata adalah bali, toraja dan Yogya. Ditengah kebudayaan yang begitu beragam dan yang menjadi ciri khas dari Indonesia tersebut, membuat beberapa diantaranya telah menjadi warisan budaya dunia seperti pencak silat, keris, perahu pinisi, gamelan dll.



Itulah manfaat yang didapatkan Indonesia sebagai negara yang sangat beraneka ragam. Keberagaman Indonesia ini juga bisa dilihat dari banyaknya suku bangsa yang dimilikinya yakni terdapat 656 suku bangsa dan bahasa lokal sekitar 300 macam. Apalagi posisi yang dimiliki Indonesia sangatlah strategis yakni berada pada jalur perdagangan dunia sehingga banyak terdapat interaksi antara budaya lain yang membuat mengapa Indonesia sangat beraneka ragam.

Indonesia mempunyai posisi yang strategis, yaitu terletak di antara Benua Asia dan Benua Australia, serta Samudera Hindia dan Samudera Pasifik. Akibatnya wilayah nusantara telah menjadi jalur pelayaran internasional sejak zaman dahulu. Alasan lain mengapa budaya Indonesia sangat beragam karena wilayah Indonesia yang sangat luas dan tersebar dari sabang sampe merauke.

Diketahui terdapat 16.056 pulau yang telah diakui PBB dengan lingkungan fisik berupa pegunungan, dataran rendah dan pantai yang berdampak pada mata pencaharian, adat kebiasaan dan kepercayaan masyarakat. Beberapa diantara pulau tersebut mempunyai peristiwa sejarah, budaya dan perilaku masyarakat yang berbeda-beda.

Sedangkan apabila menjawab alasan mengapa budaya Indonesia sangat beragam berdasarkan asal usul nenek moyang, maka Indonesia terdiri atas tiga ras yaitu Proto Melayu, Deutro Melayu, dan Melanesoid.

Proto Melayu pertama kali datang ke Indonesia pada 1500 SM. Suku Dayak dan Suku Toraja termasuk anak keturunan Proto Melayu. Sedangkan Suku Jawa, Melayu, dan Bugis menjadi anak keturunan Deutro Melayu yang datang sekitar tahun 300-400 SM. Selain itu, hadir pula bangsa Melanesoid yang datang ke Papua pada akhir zaman es sekitar 70.000 SM.

Jelaskan Mengapa Budaya Indonesia Sangat Beragam?

Berdasarkan dari penjelasan diatas, maka dapat disimpulkan bahwa adapun jawaban dari pada topik pada kali ini yakni jelaskan mengapa budaya Indonesia sangat beragam adalah:

Indonesia terdiri dari berbagai latar belakang etnis dan agama, serta lokasi yang strategis di Indonesia membuat banyak budaya asing untuk datang dan mempengaruhi budaya Indonesia. Serta asal usul nenek moyang yang terdiri atas 3 yaitu proto melayu, deutro melayu dan melanesoid. 

Demikianlah informasi mengenai topik yang berjudul Mengapa Budaya Indonesia Sangat Beraneka Ragam? Ini Jawabannya. Semoga informasi ini dapat bermanfaat bagi kita semua. Sekian dan terima kasih. Salam berbagi teman-teman.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *