Mengapa Benua Australia Memiliki Banyak Keunikan Flora Dan Fauna?


Australia adalah negara dengan banyak keunikan didalamnya, mulai dari kebudayaan, sosial, ekonomi dan juga dari flora dan faunanya. Keunikannya seperti Australia adalah negara sekaligus benua yang bersebelahan dengan Indonesia. Selain itu, keunikan dari negara ini juga mempunyai banyak nama seperti New Holland, Aussieland, Land Down Under dan Terra Australis.

Selain itu Australia adalah negara yang banyak dihuni oleh penduduk asli suku aborigin, ras dari polinesia dengan luas wilayah sekitar 8,6 juta kilometer persegi atau benua terkecil didunia yang dihuni sekitar 36 juta jiwa. Perlu diketahui bahwa di Australia terdapat negara di dalam negara loh yakni sekitar 15 negara, namun ternyata persebaran penduduk di australia tidak merata sebab 90,1% penduduknya berada di kota besar seperti Sydney, Perth, dan Melbourne.

Untuk keunikan dalam alamnya, bukan main-main dimiliki negara ini sebab untuk di bagian barat mempunyai dataran tinggi plato, bagian timur gurun pasir, dan bagian tengah dataran rendah. Kekayaan alam berupa mineral melimpah ruah seperti minyak bumi, emas, batubara, pasir, bijih besi dan bauksit. Jadi tidak hanya di Indonesia aja yang kaya dan memiliki keunikan dalam hal sumber daya alam.

Di negara ini pun mempunyai beberapa iklim, hal itulah yang membuat mengapa australia memiliki keunikan flora dan faunanya karena cocok bagi untuk ditinggali seperti bersifat tropis, subtropis dan iklim lainnya berupa iklim gurun, muson dan laut. Bukan cuma persoalan iklimnya sehingga australia memiliki keunikan flora dan faunya, tetapi juga karena pada persoalan sejarahnya.



Dimana negara ini ternyata adalah negara yang sebelumnya menyatu dengan Antartika yang dingin. Namun setelah berpisah, Australia menjadi lebih hangat dan kering membuat hewan dan tumbuhan berevolusi hingga menjadi flora dan fauna yang unik. Itulah mengapa australia mempunyai banyak keunikan pada flora dan faunanya, salah satunya karena kondisi geografis.



Bahkan karena hal itu, membuat salah satu pohon zaman dinosaurus masih ada di Australia yang dikenal pinus Wollemi yang terdapat sekitar 100 pohon. Dengan persebaran dan karena kondisi geografis dan iklim membuat negara ini mempunyai banyak keunikan pada flora dan fauna. Untuk fauna sendiri, australia mempunyai keunikan karena mempunyai 140 spesies marsupial, 828 spesies burung, 140 spesies ular, 300 spesies kadal, 238 spesies mamalia. Contoh marsupial adalah kanguru, koala, walabi, wombat, dan Tasmania devil, dan harimau Tasmania yang telah punah.



Diantara contoh diatas, tentu kanguru adalah hal yang paling diketahui. Hewan ini sudah menjadi penanda bahwa kanguru ada di australia dan mengenal australia lewat kanguru. Keunikan fauna yang dimiliki Australia ini ternyata melebihi populasi manusia. Data tahun 2016 menyebutkan terdapat 44 juta kanguru atau dua kali lipat jumlah penduduk Australia.

Melihat populasi kanguru yang tak terkendali membuat para ahli menyarankan agar masyarakat lebih memanfaatkan daging kanguru sebagai upaya untuk mengontrol populasinya. Mereka khawatir jika populasi kanguru tidak terkontrol akan mengancam populasi spesies lain di alam yang berbagi makanan dengan kanguru.

Dari keunikan fauna yang dimiliki australia ternyata diantaranya banyak spesies hewan mematikan seperti hiu putih besar, taipan pedalaman, spesies ular berbisa yang bisa membunuh dalam satu gigitan, spesies gurita cincin biru dan masih banyak lagi spesies yang mematikan tinggal di Australia. Melihat dari banyaknya keunikan flora dan fauna yang dimiliki Australia, pertanyaanya kemudian mengapa australia mempunyai keunikan flora dan fauna tersebut? Sejalan dengan topik kali ini penulis akan menjawabnya secara singkat sesuai dengan pengantar diatas yakni:

Mengapa Benua Australia Memiliki Banyak Keunikan Flora Dan Fauna?

Alasan yang membuat benua Australia memiliki banyak keunikan flora dan fauna karena sedikitnya terbagi atas 3 hal yaitu:

    1. Benua australia merupakan negara yang memiliki iklim yang baik bagi flora dan fauna untuk tinggal yakni tropis dan subtropis.
    2. Kondisi tanah yang sangat baik karena merupakan pisahan antara benua antartika yang dingin yang setelah berpisah australia menjadi tanah yang subur dan hangat.
    3. 90,1% menetap di kota sehingga kekayaan alam fauna dan flora di wilayah pedalaman terjaga dan tidak terganggu.

Demikianlah informasi mengenai topik yang berjudul Mengapa Benua Australia Memiliki Banyak Keunikan Flora Dan Fauna?. Semoga informasi ini dapat bermanfaat bagi kita semua. Sekian dan terima kasih. Salam berbagi teman-teman.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *