Mengapa Bangsa Indonesia Perlu Melakukan Proklamasi Kemerdekaannya? Ini Jawabannya


Dalam sejarah Indonesia penuh dengan perjuangan yang begitu keras sebab terdapat banyak pengorbanan yang telah dilakukan hingga pada 17 Agustus 1945, proklamasi Indonesia yang menjadi pertanda kemerdekaan Indonesia di kumandangkan.

Pada saat itu, menjadi sebuah peristiwa bersejarah yang memiliki manfaat penting dalam kehidupan berbangsa saat ini. Peristiwa itu tentu saja menjadi peristiwa penting bahkan bagi seluruh negara yang ada didunia ini.

Sebab proklamasi yang berasal dari bahasa latin yakni “proclamare” yang artinya pemberitahuan kepada khalayak utama. Dengan adanya proklamasi menjadi pemberitahuan kepada masyarakat luas dan juga dunia internasional bahwa negara tersebut telah menjadi negara yang independen.

Mengutip dari para ahli dalam hal ini Endang Witanti dalam bukunya yang mengatakan bahwa hal itu bukan hanya sebagai sebuah pemberitahuan atau peristiwa sejarah melainkan juga sebagai sumber semangat yang dapat menjadi kekuatan bagi masyarakat Indonesia.



Berkaca dari Indonesia, dengan adanya peristiwa proklamasi kemerdekaan maka bangsa Indonesia telah terbebas dari penjajahan. Walaupun demikian, tetap saja tidak menutup kemungkinan bahwa serangan dari luar belum berhenti.



Pada saat itu, Indonesia masih berhadapan dengan tentara NICA (Allied Forces Netherland East Indies) datang ke Surabaya pada 25 Oktober 1945 di bawah pimpinan jenderal asal Inggris, A.W.S. Mallaby.



Selain itu pertempuran Ambarawa di Jawa Tengah antara TKR Indonesia dengan pasukan Inggris yang berlangsung sekitar tiga minggu, dimulai 20 November 1945 hingga Desember 1945. Setelah itu pertempuran Puputan Margarana di Bali pada 20 November 1946 dalam menghadapi agresi Belanda.

Namun dengan dibacakannya peristiwa proklamasi tersebut, Indonesia mampu berdiri secara resmi sebagai negara dan menjadi perjuangan panjang dari 20 Mei 1908 atau sebelumnya. Berkat dengan proklamasi tersebut, menjadi pertanda bahwa kemerdekaan yang diraih oleh Indonesia itu merupakan kemerdekaan dari kerja keras tangan para pejuang bukan dari kemerdekaan yang diberikan seperti janji PM Kekaisaran Jepang Kuniaki Koiso.

Peristiwa proklamasi kemerdekaan Indonesia juga menjadi pertanda penting bahwa Indonesia mempunya kedudukan yang setara denga negara lainnya sehingga tidak bisa dipandang sebelah mata begitu saja karena status Indonesia sudah merdeka dan siap menjadi sebuah Negara Kesatuan Republik Indonesia yang berasal dari beragam suku, agama, bahasa dan daerah.

Peristiwa proklamasi ini mengubah sistem nasional yang dulunya dari perbudakan yang begitu berat bagi rakyat Indonesia rasakan menjadi tata hukum nasional yang demokratis dan menjadi titik awal bagi pembangunan nasional di Indonesia dalam berbagai hal salah satu contohnya adalah pengeluaran mata uang dan membenahi sistem pendidikan dllnya.

Mengapa Bangsa Indonesia Perlu Melakukan Proklamasi Kemerdekaannya?

Berdasarkan dari penjelasan diatas maka dapat disimpulkan bahwa yang menjadi jawaban dari pada pertanyaan pada topik kali ini berjudul Mengapa Bangsa Indonesia Perlu Melakukan Proklamasi Kemerdekaan adalah:

Alasan dari bangsa Indonesia melakukan proklamasi kemerdekaan adalah guna untuk menyatakan bahwa Indonesia, sejak menyatakan pernyataan tersebut, menganggap bahwa tidak berada didalam pengaruh bangsa lain dan menjadi sebuah negara independen yang memiliki hak untuk mengatur wilayahnya sendiri tanpa ada campur tangan yang dilakukan oleh bangsa lain.

Demikianlah informasi mengenai topik yang berjudul “Mengapa Bangsa Indonesia Perlu Melakukan Proklamasi Kemerdekaannya?.” Semoga informasi ini dapat bermanfaat bagi kita semua. Sekian dan terima kasih. Salam berbagi teman-teman.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *