[Jawaban] Mengapa Bangsa Barat Melakukan Penjelajahan Samudra?

Jawaban mengapa bangsa barat melakukan penjelajahan samudra adalah untuk mencari harta dan menaklukkan daerah baru. Adapun penjelasannya akan dibahas secara lengkap pada artikel ini untuk menjawab setiap pertanyaan dari para siswa terutama pertanyaan tentang mengapa barat melakukan penjelajahan samudera.

Sebagaimana yang telah kita ketahui bahwa bangsa barat merupakan pelopor ekspedisi penjelajahan samudra pada masa pertengahan abad ke-15. Dua negara yang sangat terkenal memiliki pelaut handal dalam mengarungi samudra adalah Spanyol dan Portugis.

Terdapat banyak rute perjalanan laut yang telah berhasil dibuat dari adanya ekspedisi yang dilakukan oleh dua bangsa tersebut. Bangsa yang secara pertama kali telah melakukan penjelajahan samudra adalah bangsa Portugis di tahun 1486 yang berada di bawah pimpinan Bartholomeus Diaz. Sementara itu, pada pelayaran bangsa Spanyol antara lain dilakukan oleh Christophorus Columbus dan Ferdinand Magellan.

Bangsa Portugis adalah bangsa yang pertama kali menjelajahi wilayah Pantai Afrika dan menemukan jalur laut baru untuk bisa sampai di Asia dan India. Spanyol telah mendanai Columbus untuk bisa berlayar ke barat menuju wilayah India. Akan tetapi yang dia temukan yaitu Amerika. Prancis dan Inggris menempuh rute barat laut menuju wilayah Asia dengan cara mengitari bagian utara Amerika Utara. Sedangkan Belanda mencari rute timur laut melewati Siberia. Menjelang tahun 1600, laut pun dikuasai oleh Bangsa Eropa.

Lantas pertanyaannya mengapa bangsa barat melakukan penjelajahan Samudera? APa yang menjadi alasan dibalik semua itu? Nah, dikesempatan kita kali ini maka kami akan menjelaskan alasan bangsa barat melaksanakan penjelajahan samudra. Semoga bisa meningkatkan pengetahuan pembaca.

[Jawaban] Mengapa Bangsa Barat Melakukan Penjelajahan Samudra?
[Jawaban] Mengapa Bangsa Barat Melakukan Penjelajahan Samudra?

Mengapa Bangsa Barat Melakukan Penjelajahan Samudra

Adapun alasan terbesar mengapa sehingga bangsa barat melakukan suatu penjelajahan samudra yaitu untuk melakukan perdagangan, menaklukkan daerah baru dan mencari harta. Bangsa Barat atau Eropa yang telah memelopori penjelajahan samudra yakni Spanyol dan Portugis. Diantara bangsa-bangsa lain, pada kedua bangsa ini telah menghadapi kesulitan ekonomi yang paling paruh sejak kejatuhan Konstantinopel.

Pada akhirnya, Spanyol dan Portugis memutuskan untuk dapat mencari jalan menuju daerah produsen barang-barang. Hasrat Spanyol dan Portugis untuk dapat mencari jalan ke dunia timur itu sangatlah besar. Usaha yang nyata yaitu dengan cara mendirikan lembaga pendidikan di bidang pelayaran. Putra Raja Portugis, Henrique el Navegator termasuk tokoh yang berupaya untuk dapat memajukan dunia pelayaran di negerinya. Dia banyak menyumbangkan dana untuk perkembangan pendidikan pada lembaga tersebut.

Selain daripada itu, terdapat beberapa faktor pendorong terjadinya suatu penjelajahan samudra yaitu :

1. Terdorong untuk mewujudkan semangat 3G yakni Gold, Glory dan Gospel (mencari kekayaan, mendapatkan kejayaan dan menyebarkan agama kristen).
2. Munculnya kemajuan ilmu pengetahuan dan teknologi seperti navigasi, mesiu, kompas, dan peralatan kapal yang memudahkan pelayaran.
3. Kisah perjalanan Marco polo ke dunia timur yang telah diceritakan pada buku Imago Mundi (Anggapan tentang Dunia)’
4. Ajaran Copernicus yang menyatakan bahwa bumi itu berbentuk bulat.

Demikianlah penjelasan mengenai mengapa bangsa barat melakukan penjelajahan samudra. Mudah-mudahan informasi ini dapat memberikan manfaat kepada anda yang sedang membutuhkan informasi tentang alasan bangsa barat melakukan penjelajahan samudra.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *