Mengapa Balon Bisa Menggelembung? Ini Jawabannya


Mengapa Balon Bisa Menggelembung? – Balon dapat ditiup sebab pada umumnya terbuat dari bahan karet sintetis.

Sebelum menjawab mengenai alasan atau penyebab karet dapat menggelembung, ialah ketahui dulu bahwa Karet ialah kelompok polimer dengan elastisitas sampai lebih 500%.

Selain untuk balon, bahan karet ternyata juga untuk ban kendaraan bermotor, tali sampai kebutuhan teknik.

Yang dimaksud dengan Polimer yaitu senyawa molekul besar berbentuk rantai panjang atau jaringan tersusun dari gabungan ribuan sampai jutaan unit pembangun (monomer) yang berulang.



Contohnya adalah styrofoam, botol plastik, nilon, Plastik pembungkus, dan pipa paralon termasuk material yang disebut dengan polimer.



Menurut sifat-sifatnya ternyata polimer dikelompokkan ke dalam 3 jenis antara lain:



  1. Termoplastik. Yang dimaksud dengan sifat polimer ini adalah polimer yang akan melunak saat dipanaskan, dan dapat dicetak kembali menjadi bentuk lain lantaran struktur termoplastik terdiri dari rantai panjang dengan gaya interaksi antar molekul yang lemah. Olehnya itu maka sifat termoplas ialah transparan, kuat dan ringan.
  2. Termoset. Yang dimaksud dengan Termoset adalah polimer berbentuk permanen dan tidak menjadi lunak saat dipanaskan. Hal ini terjadi lantaran ada banyaknya ikatan kovalen yang kuat antara rantai-rantai molekul. Olehnya itu, apabila dipanaskan terlalu tinggi, maka dapat memutuskan ikatan-ikatan tersebut dan bahkan membuat termoset menjadi terbakar. Contohnya ialah bakelit dan melamin.
  3. Elastomer. Yang dimaksud dengan jenis polimer yang elastis ini adalah bentuknya dapat diregangkan, namun dapat kembali ke bentuk semula setelah gaya tariknya dihilangkan.

Mengapa Balon Bisa Menggelembung?

Menjawab pertanyaan secara sederhana mengenai “mengapa balon bisa menggelembung adalah terbuat dari karet dan mempunyai ruang saat di isi oksigen akan menggelembung”

Penjelasan secara lengkapnya adalah benda Gas atau udara yang ditiupkan pada balon akan menekan ke segala arah sehingga membuat seluruh bagian balon mengembang. Hal ini menampilkan bahwa udara menekan ke segala arah.

Balon dapat mengembang diisi dengan udara, yang dapat dilakukan dengan cara memompa atau meniup balon, atau dengan mengisinya dengan gas helium (gas sehingga balon bisa terbang).

Udara yang diisikan ke dalam balon dapat membuat balon mengembang sebab bahan pembuat balon ialah karet adalah bahan yang elastis.

Saat udara masuk ke dalam balon, maka udara akan mengisi ruang kosong dalam balon dan udara memberi tekanan pada balon sehingga balon mengembang.

Mengapa Balon Bisa Menggelembung? Ini Jawabannya (Foto: Artikelsiana.com)
Mengapa Balon Bisa Menggelembung? Ini Jawabannya (Foto: Artikelsiana.com)

Demikianlah informasi mengenai Mengapa Balon Bisa Menggelembung. Semoga informasi ini dapat bermanfaat bagi kita semua. Sekian dan terima kasih. Salam berbagi teman-teman

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *