Mengapa Allah SWT Disebut Al-Alim? Ini Bukti-Buktinya


Sebagai umat Nabi Muhammad SAW, sudah bukan rahasia lagi atau sebuah hal yang baru jika kaum muslim di wajibkan untuk mengetahui asmaul husna. Apalagi soal arti dan definisi dari asmaul husna itu apa. Sebab asmaul husna sendiri adalah “sebutan baik”.

Asmaul Husna adalah menjelaskan nama-nama sifat-sifat baik Allah SWT yang bukt-buktinya banyak tercantum di kitab suci umat Islam, Al-Quran dan berbagai tanda-tanda yang ada di bumi dan di langit. Bagi para pelajar, tentu menghafal asmaul husna adalah tidak bisa dikatakan sebagai sebuah masalah, melainkan ini adalah suatu kesyukuran dan kebanggaan tersendiri bagi umat muslim untuk mengetahui seperti apakah asmaul husna itu.

Sebab sungguh sangat memalukan apabila mereka yang telah dewasa yang harusnya menjadi pendidik bagi adik-adiknya atau yang masih junior justru malah tidak menghafal dan mengetahui sekalipun nama-nama asmaul husna. Sungguh sangat memalukan bagi orang tersebut, apalagi mereka adalah orang-orang yang terpelajar dan prestasi akademiknya sangatlah tinggi namun justru hal yang mendasar dan melekat pada dirinya tidak diketahui yakni nama-nama baik dari sang pencipta itu sendiri.

Selain daripada mengetahui nama-namanya, juga harus mengetahui arti dari nama-nama asmaul husna itu sendiri serta maksud dan penjelasannya. Sebab terkadang ada orang yang mengetahuinya, namun tidak mengerti dan bahkan tidak mengetahui bukti-bukti dari nama-nama tersebut yang diketahui bersama terdiri dari sembilan puluh sembilan saja yang tertulis dalam Al-Qur’an yang sebenarnya sangatlah banyak dan bahkan tak terbatas sebagaimana hakikat daripada sang pencipta itu sendiri.



Nama-nama ini tidak hanya menunjukkan keindahan, namun juga mewakili keagungan serta kesempurnaan Allah SWT. Terkait asmaul husna, Allah SWT berfirman sebagai berikut,



“Tidak ada Tuhan Melainkan Allah. Dialah Allah yang memiliki asmaul husna (nama-nama yang terbaik).” (QS. Thaha ayat 8). Asmaul husna juga dijelaskan melalui hadis Rasulullah SAW. Berikut ini bunyinya.



“Sesunguhnya Allah mempunyai sembilan puluh sembilan nama, seratus kurang satu, siapa yang menjaganya maka dia akan masuk surga.” (HR. Bukhari dan Ahmad). Sejalan dengan hal itu, pada kali ini penulis akan menjelaskan salah satu nama asmaul husna yakni Al-Alim. Apasih yang dimaksud dengan Al-Alim dan apasih bukti-bukti dari Al-Alim itu sendiri?.

Mengapa Allah SWT Disebut Al-Alim? Ini Bukti-Buktinya

Secara etimologi, yang dimaksud dengan kata Al-Alim sebenarnya akar katanya dari kata ‘a-l-m yang dalam bahasa Arab Klasik adalah yang berpengetahuan, sadar, terjaga dan telili mencari informasi, mengumpulkan informasi demi pengetahuan intuitif, mempunyai pengetahuan dasar pada segala hal khususnya yang bertindak menurut ilmu yang diketahui.

Mengapa Allah SWT Disebut Al-Alim?

Bermakna bahwa Allah SWT merupakan satu-satunya dzat yang Maha mengetahui segala-galanya, baik yang tampak maupun yang gaib. Ilmu pengetahuan yang dimiliki oleh Allah SWT sama sekali tidak terbatas waktu, ruang, dan segala aktivitas yang dilakukan oleh hambanya. Bahkan segala peristiwa yang belum terjadipun dapat diketahui oleh Allah SWT dengan mudah.

Sebutkan Bukti Al-Alim Allah Adalah?

    1. Allah SWT dalam Al-Qur’an menjelaskan tentang terbentuknya bumi dan alam semesta yang buktinya Surat Ali Imran ayat 190-191, Al A’raaf ayat 54, At Taubat ayat 36 dan Al Anbiyaa ayat 30, dll.
    2. Allah SWT mengetahui tentang bagaimana hari akhir yang menjadi penanda luasnya ilmu pengetahuan Allah SWT terhadap apa yang akan terjadi di masa yang akan datang yang buktinya adalah Surah Al-Anbiya Ayat 104, Ibrahim Ayat 48 dan At-Takwir ayat 1-2, dll
    3. Allah SWT menjelaskan aturan-aturan agar selamat di muka bumi seperti dibuktikan pada surat al Baqarah ayat 177 dan Al Taubah ayat 8, dll.
    4. Allah SWT menjelaskan semuanya tanpa batas
    5. Allah mengetahui perkara ghaib, malah tidak ada sesuatu yang ghaib bagi Allah

Demikianlah informasi mengenai topik yang berjudul Mengapa Allah SWT Disebut Al-Alim? Ini Bukti-Buktinya. Semogai informasi ini dapat bermanfaat bagi kita semua. Sekian dan terima kasih. Salam berbagi teman-teman.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *